ETHNOMATHEMATIC EXPLORATION ON THE DESIGN OF GODANG HOUSES OF THE PITOPANG BAGHUA TRIBE IN KOTO KARI VILLAGE KUANTAN SINGINGI DISTRICT
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari. Namun, matematika sering dianggap sulit dan menakutkan. Matematika seharusnya tidak dianggap demikian karena matematika sudah melekat pada diri manusia. Agar matematika terlihat menarik bagi siswa maka seorang guru harus kreatif menggunakan bahan pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan budaya yang ada di sekitar siswa yaitu rumah godang suku pitopang baghua di Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tentang etnomatematika pada desain rumah godang suku pitopang baghua di desa Koto Kari Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian etnografi yang termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat makna filosofi pada desain rumah godang suku pitopang baghua yaitu pada bagian ornamen dan tangga yang mana makna keduanya tidak lepas kaitannya dengan agama Islam. Kemudian terdapat etnomatematika pada desain rumah godang suku pitopang baghua meliputi aktivitas menghitung atau membilang, aktivitas mengukur, aktivitas merancang bangun, serta aktivitas menentukan arah dan lokasi. Dari aktivitas etnomatematika tersebut maka terdapat konsep matematika di dalamnya meliputi konsep membilang, denah dan arah mata angin, pengukuran tidak baku, konsep geometri seperti bangun ruang, bangun datar, garis dan sudut. Dengan adanya temuan etnomatematika pada desain rumah godang suku pitopang baghua maka berkaitan erat dengan pembelajaran matematika di sekolah dasar yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar siswa di sekolah dasar. Adapun dengan cara mengunjungi rumah godang suku pitopang baghua sehingga siswa dapat mengenal budaya yang ada di sekitar siswa dan belajar langsung dengan budayanya. Dengan harapan terciptanya pembelajaran menarik dan memacu minat siswa dalam belajar matematika.
Abstract
Mathematics is one of the compulsory subjects to be studied. However, mathematics is often considered difficult and scary. Mathematics should not be considered that way because mathematics is inherent in humans. In order for mathematics to look interesting to students, a teacher must be creative in using learning materials, one of which is by using the culture around the students, namely the Pitopang Baghua tribe's house in Kuantan Singingi Regency. This study aims to explore ethnomathematics in the design of the Pitopang Baghua tribe's house in Koto Kari Village, Kuantan Singingi Regency. This study uses an ethnographic research method which is included in the type of qualitative research. The results of this study indicate that there is a philosophical meaning in the design of the Pitopang Baghua tribe's house, namely in the ornaments and stairs, the meaning of both of which are inseparable from Islam. Then there is ethnomathematics in the design of the Pitopang Baghua tribe's house, including counting or counting activities, measuring activities, designing activities, and determining direction and location activities. From this ethnomathematics activity, there are mathematical concepts in it including the concept of numbering, plans and cardinal directions, non-standard measurements, geometric concepts such as geometric shapes, flat shapes, lines and angles. With the ethnomathematics findings in the design of the godang house of the Pitopang Baghua tribe, it is closely related to mathematics learning in elementary schools which can be used as a learning resource for students in elementary schools. Meanwhile, by visiting the godang house of the Pitopang Baghua tribe, students can get to know the culture around them and learn directly from their culture. With the hope of creating interesting learning and stimulating students' interest in learning mathematics.
References
Anfa, A. R., & Susanti, S. (2020). Analisis Semiotika Ornamen pada Masjid Raya An-Nur Riau. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 3(3). https://doi.org/10.32734/lwsa.v3i2.875
Anzelina, D. A., Susanti, R., & Meilinda. (2023). Telaah Nilai Kebhinnekatunggalikaan dan Nilai-Nilai Pancasila untuk Membangun Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(2), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4813/http
Fendrik, M. (2019). Pengembangan Kemampuan Koneksi Matematis dan Habits Of Mind Pada Siswa (N. Azizah (ed.)). Media Sahabat Cendekia.
Fendrik, M. (2021). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Matematis. Jurnal Numeracy, 8(2), 102–112. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i2.1611
Guslinda. (2017). Kerajinan Tenun Songket Melayu Riau Untuk Pelestarian Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Guru , 2(1), 124–130.
Guslinda, & Kurniaman, O. (2016). Perubahan Bentuk, Fungsi, dan Makna Tenun Songket Siak Pada Masyarakat Melayu Riau. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 5(1), 29–42. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i1.3676
Habbah, E. S. M., & Husna, E. N. (2023). Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Yang Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. HOLISTIKA : Jurnal Ilmiah PGSD, 7(1). https://doi.org/10.24853/holistika.7.1.18-26
Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory.
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (Sazali Hasan (ed.)).
Fajarini, U. (2014). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2), 123-130. https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225
Kholisa, F. N. . (2021). Eksplorasi Etnomatematika terhadap Konsep Geometri pada Rumah Joglo Pati. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 196–214. https://doi.org/10.28918/circle.v1i02.4225
Mar, A., Mamoh, O., & Amsikan, S. (2021, July 1). Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Manunis Ka’umnais Suku Uim Bibuika Kecamatan Botin Leobele Kabupaten Malaka. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 155-162. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2446
Ningsih, I. F., & Barriyah, I. Q. (2024). Peran Etnomatematika Dalam Pembelajaran Berbasis Alur Merdeka Berbantuan Media Kolase. Journal Numeracy, 11(2), 218–230. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/numeracy.v11i2.2788
Nining, S., Srigati, S., Mushofiah, S., & Maliki, I. (2016). Membangkitkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Sudut Siku-Siku. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 30–38. https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.4
Prihandoko, A. C. (n.d.). Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika Secara Benar dan Menarik. In Jakarta: Depdiknas.
Priyanto, A., Budi, H. S., & S, K. C. (2013). Penerapan Metode Stad Dalam Penigkatan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. FKIP PGSD Universitas Sebelas Maret, 1(1), 1–5.
Putri, A. A., & Sasomo, B. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM), 2(2), 64–68.
Putri, L. I., Sulistyowati, E., & Wijayama, B. (2022). Etnomatematika dan Pedagogi Guru SD/Mi.
Rangkuti, A. N. (2019). Pendidikan Matematika Realistik. In Cipustaka Media.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Sa’diyah, M. K., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Mengenai Keragaman Budaya Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7705. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2222
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Sunaryanto. (2021). Etnografi dalam Penelitian Kualitatif. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 42(8), 1–21.
Sutarto, S., Ahyansyah, A., Mawaddah, S., & Hastuti, I. D. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Kebudayaan Mbojo Sebagai Sumber Belajar Matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 7(1), 33–42. https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i1.2097
Unaenah, E., Hidyah, A., Aditya, A. M., Yolawati, N. N., Maghfiroh, N., Dewanti, R. R., Safitri, T., & Tangerang, U. M. (2020). Teori Brunner pada Konsep Bangun Datar Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 327–349. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Widyastuti, M. (2021). Peran Kebudayaan Dalam Dunia Pendidikan The Role Of Culture In The World Of Education. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan Dan Wawasan Kebangsaan, 1(1), 54–64. https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v1i1.810

