PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI MTS NURUL KAROMAH

  • Fawaid STKIP PGRI Bangkalan
  • Ria Faulina Universitas Terbuka
  • Dwi Ivayana Sari STKIP PGRI Bangkalan
Keywords: e-modul, etnomatematika, bangun ruang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa MTS Nurul Karomah. E-modul etnomatematika mampu membuat pembelajaran matematika lebih bermakna dan relevan dengan mengaitkan konsep matematika dengan budaya lokal di sekitar siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah Model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap validasi diperoleh bahwa hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata persentase 86% dengan kualifikasi “layak”, hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata persentase 91% dengan kualifikasi “sangat layak”, hasil uji coba perorangan diperoleh rata-rata persentase 89% dengan kualifikasi “tinggi”, uji coba kelompok kecil diperoleh rata- rata persentase 91,3% dengan kualifikasi “sangat tinggi”, uji coba kelompok besar diperoleh rata-rata persentase 91,04% dengan kualifikasi “sangat tinggi”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk e-modul berbasis etnomatematika layak digunakan sebagai media belajar di kelas.


Abstract
The purpose of this study is to develop ethnomathematics-based e-modules on flat-sided spatial geometry materials for MTS Nurul Karomah students. Ethnomathematics e-modules are able to make mathematics learning more meaningful and relevant by linking mathematical concepts to local culture around students. The development model used is the ADDIE Model, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. At the validation stage, it was obtained that the results of the media expert validation produced an average percentage of 86% with the qualification "feasible", the results of the material expert validation produced an average percentage of 91% with the qualification "very feasible", the results of individual trials produced an average percentage of 89% with the qualification "high", small group trials produced an average percentage of 91.3% with the qualification "very high", large group trials produced an average percentage of 91.04% with the qualification "very high". Thus, it can be concluded that ethnomathematics-based e-module products are feasible to use as learning media in the classroom.

References

Amin, S., Sari, D., & Liesdiani, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Menggunakan Pendekatan Problem-Solving pada Materi SPLTV Kelas X. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1962-1977. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1432

Deviana, T., & Sulistyani, N. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Matematika HOTS Beroerintasi Kearifan Lokal Daerah di Kelas IV Sekolah Dasar. JP2SD: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 9(2), 158–172. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i2.18147

Fatikhah, I., & Izzati, N. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Bermuatan Emotion Quotient Pada Pokok Bahasan Himpunan. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 4(2), 46-61. DOI: 10.24235/eduma.v4i2.29

Fauziyah, S., & Wahyuni, F. T. (2024). Etnomatematika : Konsep Matematika Pada Proses Pembuatan Keripik Tempe Khas Desa Kalirejo. Numeracy, 11(2), 184-198. https://doi.org/10.46244/numeracy.v11i2.2916

Finariyati, F., Rahman, A. A., & Amalia, Y. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Maju, 7(1), 89-97.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Kurniati, A. (2015). Mengenalkan Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak Dini. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 1-8. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1326

Ningsih, I. F., & Barriyah, I. Q. (2024). Peran Etnomatematika Dalam Pembelajaran Berbasis Alur Merdeka Berbantuan Media Kolase. Numeracy, 11(2), 218-230. https://doi.org/10.46244/numeracy.v11i2.2788

NN. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2023 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1, 1–42.

Nurhidayati, A., Putro, C. S., Widiyaningtyas, T. (2018). Penerapan Model PBL Berbantuan EModul Berbasis Flipbook Dibandingkan Berbantuan Bahan Ajar Cetak Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Pemrograman Siswa SMK. Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan dan Pengajarannya, 41(2), 130-138.

Arief.SA, K., Bella Saragih, R. M., & Harahap, Y. N. (2024). Pengaruh Penggunan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika (LKPD) Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi - Numerasi. Numeracy, 11(1), 30-42. https://doi.org/10.46244/numeracy.v11i1.2587.

Sari, D. I. (2024). Development of Mathematics E-Modules Based Open Ended Learning on Social Arithmetic Material. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 8(3), 417–429. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v8i3.3198

Syaiful, M. S. R., Masrukan, M., & Agoestanto, A. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Project Based Learning Berbantuan Etnomatematika Android. Numeracy, 10(2), 80-93. https://doi.org/10.46244/numeracy.v10i2.2289

Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268-283. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458

Wahyuni, A., & Pertiwi, S. (2017). Etnomatematika dalam ragam hias melayu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 113-118. https://doi.org/10.33654/math.v3i2.61

Article Metrics
Abstract views: 70
PDF downloads: 56
Published
2025-04-30
How to Cite
Fawaid, Faulina, R., & Sari, D. I. (2025). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI MTS NURUL KAROMAH. Numeracy, 12(1), 51-66. https://doi.org/10.46244/numeracy.v12i1.3092
Section
Articles