EVALUASI NILAI – NILAI GERAK DAN LAGU DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS SISWA SMA NEGERI 9 KOTA BANDA
Abstract
The problem so far is where there is still no increase in fine motor skills of SMA Negeri 9 Banda Aceh City students. Through the use of the method of motion and song, it is assumed that the fine motor skills of SMA Negeri 9 Banda Aceh City students, in the 2019/2020 school year, then at the end of the second cycle it is known that there has been an increase in class average of 34.66%, ie from the average test initial conditions 60 to 75. While the level of completeness of student learning at the end of the second cycle has reached 92% with a percent increase from cycle I of 34.61% compared to pre-cycle which only reached 34.13%. Non-test observations also showed that student activity increased more in cycle I and cycle II when compared to pre cycle. Thus most of the students of class XI-1 of SMA Negeri 9 Banda Aceh City have experienced an increase in learning outcomes in physical education material that is improving fine motor skills of SMA Negeri 9 Banda Aceh City, Academic Year 2019/2020.
Abstrak
Permasalahan selama ini adalah dimana masih belum meningkatnya kemampuan motorik halus siswa SMA Negeri 9 Kota Banda Aceh. Melalui penggunaan metode gerak dan lagu dianggap dapat kemampuan motorik halus siswa SMA Negeri 9 Kota Banda Aceh, tahun ajaran 2019/2020, kemudian pada tahap akhir siklus II diketahui telah terjadi peningkatan rata-rata kelas 34,66 %, yaitu dari rata- rata tes kondisi awal 60 menjadi 75. Sedangkan tingkat ketuntasan belajar siswa pada akhir siklus II telah mencapai 92% dengan persen peningkatan dari siklus I sebesar 34,61% dibandingkan dengan pra siklus yang hanya mencapai 34,13%. Hasil pengamatan non tes juga menunjukkan aktivitas siswa lebih meningkat pada siklus I dan siklus II jika dibandingkan dengan pra siklus. Dengan demikian sebagian besar siswa kelas XI-1 SMA Negeri 9 Kota Banda Aceh telah mengalami peningkatan hasil belajar pada materi pendidikan jasmani yaitu meningkatkan kemampuan motorik halus siswa SMA Negeri 9 Kota Banda Aceh, Tahun Ajaran 2019/ 2020.
Kata Kunci: Kemampuan Motorik Halus, Gerak Dan Lagu
References
Arikunto, Suharsimi. 2012. Evaluasi Pendidikan Jasmani. Jakarta. PT. Bina Aksara.
Bompa, Tudor O., Haff, Gregory. 2009. Periodization. Theory And Methodology of Training. Fifth Edition. Champaign: Human Kinetics.
Dewi Ganawati. 2018. Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Terpadu dan Konstektual Learning IX SMP/ MTs. Jakarta. Jurnal dimuat pada Pusat Perbukuan Depdiknas.
Journal of Sciences. 2015. The Sistem Classroom Action Research. di Publikasikan oleh Yale Univeristy, dimuat dalam Jurnal Nasional Pendidikan. Jakarta.
Martowijoyo, Soewardi. 2014. Studi tentang Pengaruh Pengajaran Tutorial Sebaya pada Pokok Ilmu Pengetahuan Alam di Klasifikasikan Tumbuhan. Malang: Jawa Timur.
Muntasir, M. Saleh. 2015. Pengajaran Terprogram. Jakarta. Jurnal Nasional. Rajawali Press.
Nana Sudjana. 2011. Hakikat dan Pengertian Hasil Belajar. Surakarta. PT. Nuansa Press.
Poerwadarminta, WJS. 2016. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta, PT. Gramedia.
Roetiyah, N.K. 2012. Masalah-Masalah Ilmu Keguruan. Jakarta. PT. Bina Aksara.
Sukis Wariyono. 2008. Mari Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar 3: Panduan Belajar IPA Terpadu untuk Kelas IX SMP/ MTs. Jakarta. Pusat Perbukuan Depdiknas.
Surakhmad, Winarno. 2012. Pengantar Penelitian Ilmiah Pendidikan. Bandung. PT. Hadinata.
Salbani Mousa. 2018. Penelitian Tindakan Kelas berbasis Pendidikan Jasmani. CV. Deepublish. Yogyakarta.
US. Departement of Educational. 2001. Pendekatan Metode Konstektual. New York. Hardvard Press.
pdf downloads: 247