EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN KLUB BOLA VOLI DI DKI JAKARTA TAHUN 2017
Abstract
This study aims to evaluate the program of coaching clubs in DKI Jakarta in 2017. This study uses CIPP evaluation model (Context, Input, Process, Product). Data collection methods are triangulated using questionnaires, interviews, observation and documentation. The results of this study indicate that: a) Context Evaluation: The goals and strategies of the club are still not well planned, sometimes the strategies used are less accurate so the program has some problems. b) Input Evaluation: The recruitment process of the management, trainers and athletes is still not optimal, so that the existing human resources may have no dominant role in the program, c) Process Evaluation: The program process variables are seen since how the program was designed to the evaluation stage . In coaching the club, process variables are still a lot of attention, especially during implementation and evaluation, so that there is an improvement in the previous program. d) Product Evaluation: In this variable the product on the coaching is an achievement achieved by each individual or team or group, in this case each club has not seen its development in the group or group.
Abatrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program klub-klub pembinaan di DKI Jakarta pada tahun 2017.Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product).Metode pengumpulan data secara triangulasi menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) Evaluasi Context: Tujuan dan Strategi pada klub masih belum direncanakan dengan baik, terkadang strategi yang digunakan kurang akurat sehingga program sedikit banyak mengalami kendala. b) Evaluasi Input: Proses rekrutmen pengurus, pelatih dan atlet khsusnya masih belum maksimal, sehingga sumber daya manusia yang ada mungkin peran sertanya dalam program tidak terlihat dominan, c) Evaluasi Process: Pada variabel proses program dilihat sejak bagaimana program itu dirancang sampai tahapan evaluasi. Pada pembinaan klub variabel proses masih perku banyak diperhatikan lagi terutama pada saat pelaksanaan dan evaluasi, agar adanya perbaikan pada program terdahulu. d) Evaluasi Product: Pada variabel ini produk pada pembinaan merupakan prestasi yang diraih oleh masing-masing individu maupun tim atau kelompok, dalam hal ini setiap klub masih belum terlihat perkembangannya pad atim atau kelompok.
Kata Kunci : Evaluasi Program Pembinaan Klub Bola Voli, DKI Jakarta
References
Batemen S Thomas, dan Scott A Snell. 2008. Manajemen Kepemimpinan dan Kolaborasi dalam Dunia yang Kompetitif, Jakarta: Salemba Empat
Bompa, Tudor, O. Haff Gregory, G. 2009. Power Training For Sport, Plyometrics For Maximum Power Development. Canada: Coaching Association Of Canada
Divayana, D. G. H., & Sugiharni, G. A. D. 2016. Evaluasi Program Sertifikasi Komputer Pada Universitas Teknologi Indonesia Menggunakan Model CSE-UCLA. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia)
Djaali dan Pudji Mujiono. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan, Jakarta: Grassindo
Ernie Tisnawati S dan Kurniawan Saefullah. 2005. Pengantar Manajemen Jakarta: Kencana Prenada
Farida Yusuf Tayibnapis. 2006. Evaluasi Program, Jakarta: Rineka Cipta
Harsuki. 2012. Pengantar Manajemen Olahraga, Jakarta: Raja Grafindo Persada,
Hasibuan Malayu SP. 2014. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Jakarta: Bumi Akasara
http://repository.upi.edu/operator/upload/ssdt06081588chapter2.pdf, diakses tanggal 3 November 2016
Jono M Munandar et. al.2014. Pengantar Manajemen, Bogor: IPB Press
Lexy J. Moleong. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
M. Fransazeli. 2013. Evaluasi Program Pembinaan Tim Bolavoli Putri Sumatera (Tesis: Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang)
M. Sukardi. 2010 Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya, Jakarta: Bumi Aksara
Manullang M. 2012. Dasar-Dasar Manajemen, Yogjakarta: Gadjah Mada University Press,
Nusa Putra.2012. Penelitian Kualitatif Proses dan Aplikasi, Jakarta: PT. Indeks
PPS UNJ. 2014. Buku Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi, Jakarta: Pascasarjana
Presiden Republik Indonesia. 2005. Undang-undang Republik Indonesia, Jakarta
Ridhotullah Subeki dan Jauhar Moh. 2015. Pengantar Manajemen, Jakarta: Prestasi Pustakarya
Stufflebeam Shinkfield. 2007 Evaluation Theory, Models, & Applications, San Francisco: Jossey Bass
Sudaryono. 2014 Educational Research Methodology, Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia
Sudjana Djudju.2008 Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi, Bandung: Alfabeta
Suharsimi, Arikunto dan Safruddin Abdul Jabar Cepi.2010. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara
Tangkudung James dan Puspitorini Wahyuningtyas. 2012 Kepelatihan OlahragaJakarta: Cerdas Jaya
Widoyoko, Eko Putro. 2015 Evaluasi Program Pembelajaran, Yogjakarta:Pustaka Pelajar
Wilson Bangun. Intisari Manajemen, Bandung: PT. Refika Aditama, 2011
Wirawan. 2011. Evaluasi, Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi, Jakarta: Raja Grafindo Persada
![](/public/icon-graph.png)
![](/public/icon-pdf.png)