ANALISIS KETERAMPILAN MEMANAH BAGI MAHASISWA UIN, SERAMBI DAN UBUDIYAH DI STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA BANDA ACEH

  • Irfandi STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Zikrur Rahmat STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Skill, Archery, Student

Abstract

The purpose of this article is to increase strength, speed, accuracy, endurance, and coordination and balance are crucial in producing good and correct archery basic techniques, so as to produce good archery accuracy. In line with that, we think that in order to get the automation and effectiveness of arm muscle strength, arrow speed in order to reach the target in archery, in this case it is necessary to have regular and directed physical training, this is felt to be more effectively done through devotion activities carried out by the student . But in its application the field is actually different, isotonic training, which is a form of exercise with shortened and elongated muscle contractions, in this case the chosen form of exercise is bow pulling training, whereas isometric training is a form of training that contracts with no shortening or elongation, in this case the form of exercise used is to hold the arc pressure (balance). The system of implementing the two forms of training is adjusted to the training program that has been planned and established for the achievement of the peak achievements of UIN, Serambi and Ubudiyah students at the STKIP BBG Banda Aceh. The aim is to improve skills, accuracy, right on target when archery, so in this case the solution offered in this service is to conduct training activities based on daily, weekly and monthly training programs.

Abstrak

Tujuan artikel ini adalah untuk meningkatkan kekuatan, kecepatan, ketepatan, daya tahan, dan koordinasi serta keseimbangan sangat menentukan dalam menghasilkan teknik dasar memanah yang baik dan benar, sehingga menghasilkan ketepatan memanah yang baik. Sejalan dengan itu, kami berpikir bahwa untuk mendapatkan otomatisasi dan efektivitas kekuatan otot lengan, kecepatan anak panah demi mencapai target dalam memanah, maka dalam hal ini perlu latihan fisik secara rutin dan terarah, hal ini dirasa lebih efektif dilakukan melalui kegiatan pengabdian yang dilakukan mahasiswa tersebut. Namun dalam aplikasinya dilapangan justru berbeda, latihan isotonik yaitu suatu bentuk latihan dengan konstraksi otot memendek dan memanjang dalam hal ini bentuk latihan yang dipilih adalah latihan menarik busur, sedangkan latihan isometrik merupakan suatu bentuk latihan yang berkontraksi dengan tidak terjadi pemendekan atau pemanjangan, dalam hal ini bentuk latihan yang dipergunakan adalah menahan tekanan busur (keseimbangan). Sistem pelaksanaan kedua bentuk latihan disesuaikan dengan program latihan yang telah direncanakan dan ditetapkan untuk pencapaian prestasi puncak mahasiswa UIN, Serambi dan Ubudiyah di STKIP BBG Banda Aceh. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterampilan, ketepatan, tepat sasaran saat memanah, maka dalam hal ini solusi yang ditawarkan dalam pengabdian ini adalah dengan melakukan kegiatan pelatihan berpedoman pada program latihan harian, mingguan dan bulanan.

Kata Kunci: Keterampilan, Memanah, Mahasiswa.

References

Armansyah. 1988. Daya Tahan Otot dalam Olahraga Panahan. Jurnal Prestasi. Vol. 3 No. 1 Yogyakarta.

Bompa, Tudor, O. 1990. Analisis Teknik Ketepatan Memanah. Long Man.Inc. London.

Connat dalam Nugraha. 2015. Pengembangan Pembelajaran Olahraga di Perguruan Tinggi. Andi Offset. Yogyakarta.

. 2015. Pengembangan Pembelajaran Olahraga di Perguruan Tinggi. Andi Offset. Yogyakarta.

Harsono. 1988. Faktor Internal juga dapat Memengaruhi Ketepatan Memanah. Andi Offset. Yogyakarta.

Hadoyo. 1999. Olahraga Panahan dilakukan Ditempat Khusus. Jurnal Keolahragaan, Vol. 1 No. 2. Bandung.

Hadisasmita. 1996. Faktor yang dapat Memengaruhi Prestasi Memanah. CV. Alfabeta. Bandung.

Hidayatullah. 2005. Olahraga Panahan merupakan Suatu Jenis Kombinasi. PT. Inna Publikatama. Jakarta.

Fadillah. 2014. Pengembangan Olahraga Panahan di Indonesia. PT. Inna Publikatama. Jakarta.

Hudoyo. 1999. Perkembangan Olahraga Panahan di Indonesia. Deepublish. Yogyakarta.

Mella Murti Roza. 2015. Aspek Pengembangan Teknik Dasar Memanah. CV. Deepublish. Yogyakarta.

Rusli Lutan. 1988. Faktor yang Memengaruhi Prestasi Memanah. UM Press. Malang.

Sajoto. 1988. Teknik Ketepatan Memanah. UNS Press. Surakarta.

Singer. 1980. Teknik Ketepatan Memanah. UGM Press. Yogyakarta.

Suryabrata. S. 1989. Metode Penelitian. Yogyakarta: Jurnal Ilmu Keolahragaan

Yunus, M. 1992. Perkembangan Pengajaran Teknik dan Taktik. Semarang: IKIP. Semarang.

Wilson. 1993. Teknik Dasar Memanah. PT. Rosda Karya. Jakarta.
Article Metrics
Abstract views: 218
pdf downloads: 698
Published
2020-04-30
How to Cite
Irfandi, & Zikrur Rahmat. (2020). ANALISIS KETERAMPILAN MEMANAH BAGI MAHASISWA UIN, SERAMBI DAN UBUDIYAH DI STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA BANDA ACEH. Jurnal Penjaskesrek, 7(1), 105-118. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v7i1.1012
Section
Articles