ANALISIS KECEPATAN RENANG GAYA BEBAS PADA ATLET SEKOLAH OLAHRAGA NEGERI SRIWIJAYA (SONS)

  • Farizal Imansyah Universitas PGRI Palembang
  • Akbar Tanjung Universitas PGRI Palembang
Keywords: Kecepatan Renang Gaya Bebas Atlet (SONS)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah. Bagaimana kecepatan renang gaya bebas pada atlet Sekolah Olahrga Negeri Sriwijaya (SONS). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara. Sampel dari penelitian ini yaitu Pelatih dan 20 Atlet. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecepatang renang gaya bebas pada atlet Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) yaitu : 1) Kecepatan Renang Gaya Bebas Pada Atlet Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS),5 atlet yang mendapatkan (25%) yang di kategorikan baik sekali, 2)Kecepatan Renang Gaya Bebas Pada Atlet Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS), 10 atlet yang mendapatkan (50%) yang di kategorikan baik, 3)Kecepatan Renang Gaya Bebas Pada Atlet Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS), 2 atlet yang mendapatkan (10%) yang di kategorikan cukup, 4) Kecepatan Renang Gaya Bebas Pada Atlet Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya(SONS), 3 atlet yang mendapatkan (15%) yang di kategorikan kurang.     Kesimpulan hasil penelitian berdasarkan pada kesesuaian setiap gerakan sampel terdapat indikator yang terdapat pada lembar pengamatan mengenai Analisis kecepatan Renang Gaya Bebas Pada Atlet Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS).

 

References

Arikunto, Suharsini. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Imansyah, Farizal. 2016. Renang III. Banyuasin: Excellent Publishing

Imansyah, Farizal. 2017. Renang I. Palembang: CV. Amanah

Imansyah,F. 2018. Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai Dan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Hasil Kecepatan Renang 50 Meter Gaya Bebas Pada Atlet Putri Club Bangka Swimming. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 1(1).

Kresno, sudarti. 2016. Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Rahmani, Mikanda. 2014 .Buku Super Lengkap Olahraga.Jakarta: Dunia Cerdas

Roji.2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.Jakarta: Erlangga

Satori, Djam’an. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiono. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta

Sutanto, Teguh. 2016. Buku Pintar Olahraga. Yokyakarta: Pustaka Baru Press

Thomas, David G. 2007. Renang Tingkat Mahir. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Article Metrics
Abstract views: 101
pdf downloads: 82
Published
2020-04-30
How to Cite
Farizal Imansyah, & Akbar Tanjung. (2020). ANALISIS KECEPATAN RENANG GAYA BEBAS PADA ATLET SEKOLAH OLAHRAGA NEGERI SRIWIJAYA (SONS). Jurnal Penjaskesrek, 7(1), 188-203. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v7i1.1017
Section
Articles