MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES PASSING BAWAH BOLAVOLI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF

  • Sahabuddin Sahabuddin Universitas Negeri Makassar
  • Hikmad Hakim Universitas Negeri Makassar
  • Syahruddin Syahruddin Universitas Negeri Makassar
Keywords: Process Skills, Under-Passing the Volleyball, Cooperative Learning NHT Type

Abstract

This study aims to determine the increase in learning outcomes under volleyball passing through cooperative learning NHT type. This research uses action research method with two cycles of planning, observation, action, and reflection activities. The target in this study were 24 students of SMK Negeri 7 Makassar in Office Administration class. Sources of data obtained through the process of passing under volleyball skills. The data analysis technique used in this study is descriptive. The results showed the results of the process skills test in cycle one, fulfilled the action criteria of 15 students (62.50%) and did not meet 9 students (37%), continued the second cycle were found to meet the action criteria of 20 students (83.33%) and had not met 4 students (16.67%). The results of the study concluded that cooperative learning NHT type had a positive effect in increasing the skills of the under-passing process in volleyball games.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bolavoli melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini menggunakan metode action research dengan rancangan kegiatan perencanaan, observasi, tindakan, dan refleksi sebanyak dua siklus. Sasaran dalam penelitian adalah siswa SMK Negeri 7 Makassar kelas Administrasi Perkantoran, sebanyak 24 siswa. Sumber data diperoleh melalui keterampilan proses passing bawah bolavoli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan hasil tes keterampilan proses pada siklus satu, memenuhi kriteria tindakan 15 siswa (62,50%) dan belum memenuhi 9 siswa (37%), dilanjutkan siklus kedua ditemukan memenuhi kriteria tindakan 20 siswa (83.33%) dan belum memenuhi 4 siswa (16.67%).  Hasil penelitian menyimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh positif dalam meningkatkan keterampilan proses passing bawah dalam permainan bolavoli.

Kata Kunci: Keterampilan Proses, Passing Bawah Bolavoli, Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT

References

-, M., -, R., & -, J. (2016). The Development Of Fungi Concept Modul Using Based Problem Learning As A Guide For Teachers And Students. Researchers World : Journal of Arts, Science and Commerce. https://doi.org/10.18843/rwjasc/v7i3/04

A, P., & Octadinata, A. (2019). The Effect Of Inquiry Learning And Peer Teaching Toward Students’ Learning Outcome Of Forearm Pass Volley Ball For Seventh Grade Male Students Of SMPN 17 JAMBI. Journal Physical Education, Health and Recreation. https://doi.org/10.24114/pjkr.v4i1.14183

Ab. Halim Tamuri, & Siti Muhibah Haji Nor. (2015). Prinsip Pembelajaran Aktif Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Pendidikan Islam. Julnal Pendidikan Fakulti Pendidikan. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Abdullah, A. (2018). Pendekatan dan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa. Edureligia; jurnal pendidikan agama islam. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.45

Alfiani, D. A. (2012). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK USIA DINI. شرکت ملی پخش فرآرده‎های نفتی انرژی‎زا.

Baharun, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Active Larning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik.

Bahtiar, R. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Subtema Macam-Macam Peristiwa Dalam Kehidupan Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian. https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n3.p236-242

Chan, E. S. K. (2010). Hybrid learning: Teaching for quality learning at university. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics). https://doi.org/10.1007/978-3-642-14657-2_42

Gumanti, A., Yudiar, ., & Syahruddin, . (2016). Metode penelitian pendidikan. In Jakarta : mitra wacana merdeka.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Didi, Yudha Pranata, Soegiyanto, KS, Soekardi. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Eksplorasi Dan Kelincahan Siswa Terhadap Hasil Belajar Permainan Sepakbola Siswa Kelas Vii Di Mts Negeri 2 Kudus. Journal of Physical Education and Sports 4 (1) (2015.

Harden, R. M. (2002). Learning outcomes and instructional objectives: Is there a difference? Medical Teacher. https://doi.org/10.1080/0142159022020687

Herlina. (2013). Perkembangan Masa Remaja (usia 11/12 – 18 tahun). Mengatasi Masalah Anak Dan Remaja. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jvoice.2013.08.014

Juliani Noor, A., & Megawati, M. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Pemecahan Masalah Matematika di Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.600

I Komang Kartika, I Nyoman Kaca, I Ketut Semarayasa. (2014) . Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAI Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Bola Voli. E-Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( Vol 1 Tahun 2014 ) E- ISSN : 2599 - 2589 P - ISSN : 2599 - 2597

Imas Kurniasih dan Berlin Sani. ( 2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jogjakarta: Kata Pena

Kusumawati, H., & Mawardi, M. (2016). Perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe nht dan stad ditinjau dari hasil belajar siswa. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p251-263

Kutbiddinova, R. A., Eromasova, A. A., & Romanova, M. A. (2016). The use of interactive methods in the educational process of the higher education institution. International Journal of Environmental and Science Education.

Lachman, S. J. (1997). Learning is a process: Toward an improved definition of learning. Journal of Psychology: Interdisciplinary and Applied. https://doi.org/10.1080/00223989709603535

Nakada, A., Kobayashi, M., Okada, Y., Namiki, A., & Hiroi, N. (2018). Project-based learning. Journal of the Medical Society of Toho University. https://doi.org/10.14994/tohoigaku.2017-010

Nugraha, J., MS, Z., & Fuad, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Saintifik Dengan Metode Problem Based Learning Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.37

Nurlizawati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Di SMAN 1 Pasaman. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, Universitas Negeri Padang Vol 6 No 1 (2019) DOI: https://doi.org/10.24036/scs.v6i1.127

Permana, E. P. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS SD. Jurnal pendidikan dasar nusantara. https://doi.org/10.29407/jpdn.v1i2.210

Pietersz, F., & Saragih, H. (2010). Pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap pencapaian matematika siswa di SMP Negeri 1 Cisarua. Prosiding Seminar Nasional Fisika.

Prio baskoro, E. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Team Games Tournament Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Sub Materi Pokok Bilangan Bulat. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching. https://doi.org/10.24235/eduma.v4i1.22

Rosidin, M. (2015). Metode Tutor Sebaya Dalam Kerja Kelompok Dapat Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Pemahaman Statistika. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching. https://doi.org/10.24235/eduma.v4i1.14

Rosy, B., & Pahlevi, T. (2015). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Memecahkan Masalah. Prosiding Seminar Nasional.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. In International Encyclopedia of Education. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-044894-7.00494-2

Sugandi, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Pada Konsep Ekosistem Dengan Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Audio Visual Di Kelas VII SMP IT Hafifudin Arrohimah. Bio Educatio.

Sumarioko, A., & Andrianto, J. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Hasil Belajar Passing Bolavoli Siswa Kelas XI SMK Diponegoro Ploso Tahun Pelajaran 2017/2018. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran STKIP PGRI Jombang.

Suparno, S. (1995). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa. Dinamika Pendidikan.

Sofan, Amri. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakakarya.

Syahruddin, M., Sudirga, T., Saleh, M. S., & Saleh, M. S. (2017). Integration of Certification and Performance Management of Physical Education Teachers. https://doi.org/10.2991/icest-17.2017.63

Syahruddin, S., Saleh, M. S., & Saleh, M. S. (2019). The influence of kinesthetics, attitude and motivation on the learning results of sports education. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i2.12871

Taufiq, A.-. (2018). Penggunaan Model Number Head Together Dalam Pembelajaran Geografi Topik Dasar-Dasar Ilmu Geografi Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. EDUTECH. https://doi.org/10.17509/e.v1i1.12268

Tejo Nurseto. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan.

Utami, P. S. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Dan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran.

Wildan, W. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Di Sekolah atau Madrasah. Jurnal Tatsqif. https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.3

Yensy, N. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII SMP N 1 Argamakmur. EXACTA.

Article Metrics
Abstract views: 3122
pdf downloads: 2704
Published
2020-07-16
How to Cite
Sahabuddin, S., Hikmad Hakim, & Syahruddin, S. (2020). MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES PASSING BAWAH BOLAVOLI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF. Jurnal Penjaskesrek, 7(2), 204-217. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v7i2.1050
Section
Articles