PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU

  • Alan Alfiansyah Putra Karo-Karo Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
  • Liliana Puspa Sari Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
  • Dicky Hendrawan Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Keywords: Leadership, Motivation, Performance, Teacher

Abstract

The principal is expected to be able to increase the motivation of teachers to be able to become professional teachers and be able to compete in the world of education. The purpose of this study was to study the motivation of principals' leadership, and the motivation of vocational high school level teachers in Serdang Bedagai District. With a total sample of 30 physical education teachers from 30 schools in Serdang Bedagai Regency. Research uses quantitative with the method of Ex-Post Facto to find out and uncover data from past events and then study the factors that can cause these events. The results of the analytical research stated (1) the Relationship between Principals' Leadership to Teacher Performance by 0.539, (2) the effect of teacher's work motivation on Teacher Performance by 0.397, (3) there was a direct relationship between Principal's Leadership and Teacher's work motivation to Teacher Professionalism with total influence amounted to 0.753. The conclusion is the low performance of Physical Education at the Vocational School level in Serdang Bedagai Regency is supported by many factors including good Principal Leadership, and high Teacher Work Motivation.

Abstrak

Kepala sekolah yang baik diharapkan mampu meningkatkan motivasi kerja guru agar mampu menjadi guru profesioal dan mampu bersaing di dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, dan motivasi guru tingkat sekolah menengah kejuruan di Kabupaten Serdang Bedagai. Dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang guru pendidikan jasmani dari 30 sekolah di Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian menggunakan pendekatan Kuantitatif denganmetodeExt-Post Facto untuk mengetahui dan mengungkap data dari peristiwa-peristiwa yang telah lalu kemudian mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut. Hasil penelitian analisis jalur menyatakan bahwa (1) pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru sebesar 0,539, (2) terdapat pengaruh Motivasi Kerja guru terhadap Kinerja Guru sebesar 0,397, (3) terdapat hubungan langsung antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi kerja guru  terhadap Profesionalisme Guru dengan pengaruh total sebesar 0,753. Kesimpulannya bahwa tinggi rendahnya kinerja guru Penjas tingkat SMK di Kabupaten Serdang Bedagai didukung oleh banyak faktor antara lain Kepemimpinan Kepala Sekolah yang baik, dan Motivasi Kerja Guru yang tinggi.

Kata Kunci:  Kepemimpinan, Motivasi, Kinerja, Guru

References

Abast, M. Rio. (2011). HubunganMotivasidanIklimKerjadenganProduktivitas Guru SMK di Kota Manado. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 2(2), 71-82.

Arikunto, M. (2006). Metode Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.

Azhar, Awaluddin. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah dasar Negeri. Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan.

Bahar, Mustofa. (2015). Student Attitudes Towards Change From Ability Grouping To Heterogeneous Grouping At A University Class. Mevlana International Journal of Education (MIJE), 5, 103-114. http://dx.doi.org/10.13054/mije.14.19.5.1.

Dartija, D., & Pranata, D. Y. (2017). The Analysis Of Competence Of Physical Education, Health, And Sports Teachers. In Proceedings Of The 1st International Conference On Innovative Pedagogy (ICIP) 2017. STKIP Bina Bangsa Getsempena.

Daryanto. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, A. Tiara. (2015). Pengaruh Profesionalisme Guru dan Motivikasi Kerja Terhadap Kinerja uru Ekonomi SMA Se Kota Malang. Jurnal Promosi, 3(1), 24-35.

Guterres, A. Luis. &Supartha, G. Wayan. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 5(3), 429-454.

Juniantara, I., & Riana, I. (2016). Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Koperasi Di Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 4(9), 611-628. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/12082.

Karo Karo, A., Sinulingga, A., & Dewi, R. (2020). Hasil Pembentukan Karakter Atlet Pelajar Di Pplp Sumatera Utara Tahun 2018. Jurnal Pedagogik Olahraga, 5(2), 73-78. doi:https://doi.org/10.22245/jpor.v5i2.17891.

Kurniasi, I &Sani, B. 2015.Sukses UjiKompetensi Guru: Panduan Lengkap. Surabaya: Kata Pena.

Manik, Ester &Bustomi, Kamal. (2011). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap kinerja Guru pada SMP Negeri 3 Rancaekek. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Enterpreneurship, 5(2), 97-107.

Margono. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan: Komponen MKDK. Jakarta: RinekaCipta.

Mas, R. Sitti. (2008). Profesionalitas Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Inovasi. 5(2), 1-10.

Munzir, & Irfandi. (2020). Analisis Pelaksanaan Manajemen Pemusatan Pendidikan Dan Latihan Olahraga Bagi Pusat Pembinaan Latihan Mahasiswa (PPLM) Cabang Olahraga Tarung Derajat Kota Banda Aceh. Penjaskesrek Journal, 7(1), 74-89. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v7i1.1010.

Safwan dkk. (2014). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Pengelola Keuangan Daerah padaPemerintah Daerah Kabupaten Pidie Jaya. Jurnal Akutansi, 3(1), 133-139.

Semueil, W. I. (2011). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Motivasi Kerja Guru SMK Negeri Manado. Jurnal Pendidikan dan Kejuruan, 2(2), 83-97.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

T, Nuraeni. (2015). Profesionalisme Guru Indonesia di Era Globalisasi. Artikel E-Buletin.

Uno, Hamzah, B. (2016). Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: BumiAksara.

Zahroh, Aminatul. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: YramaWidya

Article Metrics
Abstract views: 35
pdf downloads: 6
Published
2020-07-24
How to Cite
Karo-Karo, A. A. P., Liliana Puspa Sari, & Dicky Hendrawan. (2020). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU. Jurnal Penjaskesrek, 7(2), 218-232. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v7i2.1099
Section
Articles