KONDISI KEBUGARAN JASMANI SISWA OVERWEIGHT SELAMA PANDEMI COVID-19

  • Yudi Dwi Nugroho Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Edy Mintarto Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Overweight Students, Strength Condition, Heart Fitness

Abstract

Physical fitness functions to develop individual work abilities, so that they can complete tasks properly without experiencing significant fatigue. Physical conditions in the aspects of heart strength and fitness are important things that every student has. The condition of overweight participants has the opportunity to increase during the COVID-19 pandemic and is prone to having conditions of poor heart strength and fitness. The research objective was to determine the impact of the COVID-19 pandemic on overweight students. This research is a type of descriptive quantitative research with a survey method. The data collected were in the form of data on the results of the body mass index test, fat percentage, strength condition, and heart fitness. The BMI test instrument used a test of body weight, height, percentage of fat using the OMRON scales, the strength condition used the push-up, sit-up, and back-up tests, while heart fitness used the multistage fitness test. The research sample consisted of 17 high school students with the category of male overweight, not athletes. Analysis of test results is based on the norms of each test instrument performed. The results showed that the mean characteristics of the sample were less than 17 years old with a body weight of less than 75 kg and a height less than 165 cm, so that the body mass index was in the normal category. The average heart condition in the resting phase is very high because it exceeds 100 beats / minute with a minimum value of 68 beats and a maximum of 142. It shows that the study sample has a condition of arm muscle strength with the majority being less to less than 53%. The condition of the strength of the abdominal muscles is inversely proportional to the back muscles, that is, the abdominal muscles have a less than 100% condition, while the back muscles are 100% very good. Nearly 88.3% of their heart's fitness was inadequate to very low. The classification results indicate that the condition of arm and abdominal muscle strength with heart fitness is in poor condition. Meanwhile, the condition of the back muscle strength shows excellent condition. The conclusion obtained in this study is that the condition of the muscle strength of the arms, abdomen, and heart fitness shows the classification is less to very insufficient. Meanwhile, the back muscles are in very good condition.

Abstrak

Kebugaran jasmani berfungsi mengembangkan kesanggupan kerja individu, sehingga dapat menyelesaikan tugas dengan baik tanpa mengalami kelelahan yang berarti.  Kondisi fisik pada aspek kekuatan dan kebugaran jantung merupakan hal yang penting dimiliki oleh setiap peserta didik. Kondisi peserta overweight berpeluang meningkat selama pandemi COVID-19 dan rentan memiliki kondisi kekuatan dan kebugaran jantung yang kurang. Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak pandemi COVID-19 pada peserta didik overweight. Penelitian merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif  dengan metode survei. Data yang dikumpulkan berupa data hasil tes indeks massa tubuh, persentase lemak, kondisi kekuatan, dan kebugaran jantung. Instrumen tes IMT menggunakan tes berat badan, tinggi badan, persentase lemak menggunakan timbangan OMRON, kondisi kekuatan menggunakan tes push up, sit up, dan back up, sedangkan kebugaran jantung menggunakan tes multistage fitness test. Sampel penelitian berjumlah 17 siswa SMA dengan kategori laki-laki overweight bukan atlet. Analisa hasil tes didasarkan pada norma pada setiap instrumen tes yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata karakteristik sampel berusia kurang dari 17 tahun dengan berat badan kurang dari 75 kg dan tinggi kurang dari 165 cm, sehingga didapat indeks massa tubuh dalam kategori normal. Rerata kondisi jantung pada fase istirahat tergolong sangat tinggi karena melebihi 100 denyut/ menit dengan nilai minimal 68 denyut dan maksimal mencapai 142. menunjukkan bahwa sampel penelitian memiliki kondisi kekuatan otot lengan dengan mayoritas kurang hingga kurang sekali mencapai 53%. Kondisi kekuatan otot perut berbanding terbalik dengan otot punggung, yakni pada otot perut memiliki kondisi yang kurang sekali mencapai 100%, sedangkan pada otot punggung 100% baik sekali. Kondisi kebugaran jantung hampir 88,3% menunjukkan kondisi kurang hingga kurang sekali. Hasil klasifikasi tersebut menunjukkan bahwa kondisi kekuatan otot lengan dan perut dengan kebugaran jantung memiliki kondisi yang kurang. Sedangkan pada kondisi kekuatan otot punggung menunjukkan kondisi yang baik sekali. Kesimpulan yang didapatkan pada penelitian ini bahwa kondisi kekuatan otot lengan, perut, dan kebugaran jantung menunjukkan klasifikasi kurang hingga kurang sekali. Sedangkan pada kondisi otot punggung memiliki kondisi yang baik sekali.

Kata Kunci: Peserta Didik Overweight, Kondisi Kekuatan, Kebugaran Jantung

References

Amelia, M. & Sumpena, A. 2017. Pengaruh Pembelajaran Personal (Personal Model) Terhadap Kepercayaan Diri dan Hasil Belajar Bermain Futsal Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 9 (1): 1-9.

Bhetarem, Ismail Marzuki., I Made Sri Undy M., Abdul Rachman Syam T. 2020. Tingkat Motivasi dan Model Aktivitas Jasmani Siswa dan Guru Sumenep di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Mandalika Education. Vol. 6 (2) 449-455.

Dwicahya, N. dan Arjuna, F. 2017. Pengaruh Latihan Circuit Bodyweight terhadap Kebugaran Jasmani, Indeks Massa Tubuh, Presentase Lemak Tubuh dan Fleksibiltas. Jurusan Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi FIK UNY.

Departemen kesehatan republik indonesia. Obesitas dan kurang aktivitas fisik. [internet]. C2011 [diambil 07 Jun 2012]. Diunduh dari: http://www.depkes.go.id/index.php/berita/press-release/137-obesitas-dankurang-aktivitas-fisik-menyumbang-30-kanker.pdf

Harmono, Setyo. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum dan Gaya Belajar terhadap Pemahaman Konseptual dan Keterampilan Gerak pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa SMA Kota Kediri.

Henjilito, Raffly. 2019. Status Gizi dengan Tingkatan Kesegaran Jasmani Siswa di SMAN 1 Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal Penjakora, 6(1): 42-49.

Herlina dan Maman Suherman. 2020. Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Tengah Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education. 1-7.

Hudah, M., Widiyatmoko, F.A., Pradipta, G.D., Maliki, O. 2020. ANALISIS Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Masa Pandemi Covid19 Di Tinjau Dari Penggunaan Media Aplikasi Pembelajaran Dan Usia Guru. Creating Productive and Upcoming Sport Education Profesional Hmzanwadi University, 3(2): 93-102.

Indika K. Gambaran citra tubuh pada remaja yang obesitas. [skripsi] Sumatera: Uuniversitas Sumatra Utera; 2010. 4.

Irianto DP. Panduan gizi lengkap keluarga dan olahragawan: Gizi untuk memelihara kesehatan dan kebugaran tubuh.Yogyakarta: CV Andi Offset; 2007. 3.

Ismaryati.2008. Tes dan Pengukuran Olahraga. Surakarta. Penerbit Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS.

Istiany, A. & Rusilanti. 2013. Gizi Terapan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jauhari, Muhammad Nurrohman, Sambira, and Zykra Zakiah. 2020. Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Penjas Adaptif di Sekolah Luar Biasa. 1(1): 63–70.

Karim F. Panduan kesehatan olahraga bagi petugas kesehatan. [internet]. C 2005 [diambil 07 Des 2011]. Diunduh dari: http://dinkessulsel.go.id/new/images/pdf/panduan%20kesehatan%20olahraga.pdf.

Komarudin dan Mardianto Prabowo. 2020. Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran daring mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olaharaga dan Kesehatan pada Masa Pandemi. Majalah Ilmiah Olahraga. Vol. 26 (2) 56-66

Kurniawan, Muchamad Tsaqif Ardani. 2020. Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Pendidikan di Indonesia. Jurnal Olahraga. 111-117.

Lohman TG., et al. 1988. Anthropometric Standarization Reference Manual. USA: Human Kinetic.

Mu’rifah. 2001. Pendidikan Kesehatan. Jakarta. Penerbit Unversitas Terbuka.

Nugraha, Pratama Dharmika, Made Bang Redy U., Adi S., dan Ahmad Sulaiman. 2020. Survei Aktivitas Olahraga Mahasiswa Selama Pandemi COVID-19. Jurnal JP.JOK. Vol.4 (1) 11-24.

Oktawirawan, Dwi Hardani. 2020. Faktor Pemicu Kecemasan Siswa Dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. Vol. 20 (2): 541.

Paramitha, S.T., dan Anggara, L.E. 2013. Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini Melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 3(1): 41-51.

Perdana, Habain Sila dan Andun Sudijandoko. 2019. Analisis Kebugaran Jasmani pada Unit Kegiatan Mahasiswa Bolatangan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Kesehatan Olahraga. Vol. 7 (2) 331-352.

Pranata, D., Y. 2020. Latihan Fartlek Untuk Meningkatkan VO2max Pemain Futsal BBG. Jurnal Penjaskesrek, 7(1): 134-146.

Rachman, Gen Faid Nafier dan Juanita Dolores H. N. 2017. Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Cerdas Istimewa Angkatan Tahun 2014 dan Angkatan Tahun 2015 SMAN 1 Krian.

Rao, X., Wu C., Wang, S., et al. 2020. The Importance of Overweight in COVID-19 a Retrospective Analysis in a Single Center of Wuhan, China. Medicine, 99:43: 1-11.

Rochman, B., Nanik Indahwati, dan Anung Priambodo. 2020. Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK tingkat SMP di Masa Pandemi Covid 19 se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education. Vol.6 (1) 257-265

Sari, Dyah Purnama dan Panggung Sutapa. 2020. Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh dengan Daring selama Pandemi COVID-19 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jurnal PJOK. 19-29.

Simbolon, D., Tafrieani, W., Dahrizal. 2018. Edukasi Gizi dan Perubahan Berat Badan Remaja Overweight dan Obesitas. Jurnal Kesehatan, 9(2): 289-294.

Sitompul, S., R., Sholihamia, A. 2020. Modifikasi Gerak Dasar Melalui Terapan Pole Circuit Games Dalam Upaya Meningkatkan Keugaran Jasmani Siswa. Jurnal Penjaskesrek, 7(2): 262-273.

Soraya, I., Sugihartono, T., Defliyanto. 2019. Pengaruh Latihan SKL 2018 Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Mahasiswa Puti Penjas UNIB. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(2): 249-255.

Sahabuddin, Hakim H., Syahrudin, S. 2020. Meingkatkan Keterampilan Proses Passing Bawah Bola Voli Melalui Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Penjaskesrek, 7(2): 204-217.

Sulata, M. Ardi dan Abdul Aziz Hakim. 2020. Gambaran Perkuliahan Daring Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Unesa Di Masa Pandemi Covid - 19. Jurnal Kesehatan Olahraga 8(3)

Suryamulyawan, K.A., Arimbawa, I.M. 2019. Prevalensi dan karakteristik obesitas pada anak di Sekolah Dasar Saraswati V Kota Denpasar tahun 2016. Intisari Sains Medis 10(2): 342-346. DOI: 10.15562/ism.v10i2.393.

Utama Bandi, A. M. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani.

WHO. Obesity and overweight [internet] No date [cited 2011 Dec 07] Availablefrom:http://www.who.int/dietphysicalactivity/publications/facts/obesi ty/en/ 5.

Article Metrics
Abstract views: 541
pdf downloads: 413
Published
2021-05-07
How to Cite
Dwi Nugroho, Y., Mintarto, E., & Khamidi, A. (2021). KONDISI KEBUGARAN JASMANI SISWA OVERWEIGHT SELAMA PANDEMI COVID-19. Jurnal Penjaskesrek, 8(1), 69-82. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v8i1.1390
Section
Articles