IMPLEMENTASI PERMAINAN PICKLEBALL BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

  • Dani Primanata Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Advendi Kristiandaru Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Abdul Rachman Syam Tuasikal Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Response, Pickleball game, Teachers and Students

Abstract

Pickleball is a sport that is played with a kind of batting equipment and uses a special ball that is played on a field with dimensions of 20 feet wide and 44 feet long separated by a kind of tennis net. With pickleball, the teacher can provide new sports modifications and make it easier for students to do sports. In the Pickleball game there is a ball made of rubber and there is a ball with a hole, so the ball speed is very slow, so anyone can play without difficulty, it will take a long time to play, so that anyone can feel it happy.This research is a qualitative descriptive study with a survey method, so that in this research step there is no need to formulate a hypothesis. Population is the entire individual who is the object of a study. Based on the data obtained, the teachers and students from class X to XI are 3 teachers and 36 students at Madrasah Aliyah Negeri Surabaya. Sampling using quota sampling technique.The results showed that 2 teachers (66.66%) had a response in the good category for students in the pickleball sport activities at Madrasah Aliyah Surabaya, while for the excellent category, 1 student was 2.77%, the good category was 12 students 33. , 33%, low category 11 students 30.55% and very low category 1 student 2.77%. Overall, the results can be drawn that the responses of students and teachers in participating in the pickleball game are in the good and moderate categories.

Abstrak

Pickleball merupakan berolahraga yang dimainkan dengan semacam perlengkapan pemukul serta memakai bola spesial yang dimainkan di atas lapangan berdimensi lebar 20 kaki serta panjang 44 kaki yang dipisahkan oleh sejenis net tenis lapangan. Dengan olahraga pickleball guru dapat memberikan modifikasi olahraga baru dan mempermudah siswa untuk melakukan olahraga, Pada permainan Pickleball terdapat bola yang terbuat dari karet dan terdapat bola yang berlubang, sehingga kecepatan bola sangat lambat, sehingga siapapun dapat bermain tanpa kesulitan, akan lama memainkannya, sehingga siapapun dapat merasakannya senang. Tujuan penenlitian ini untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap model permainan pickelball.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survei, sehingga dalam langkah penelitian ini tidak perlu merumuskan hipotesis. Populasi adalah keseluruhan individu yang menjadi obyek suatu penelitian. Berdasarkan data yang diperoleh maka guru dan siswa dari kelas X sampai XI yang berjumalah 3 guru dan 36 siswa yang ada di Madrasah Aliyah Negeri Surabaya. Pengambilan sampel dengan teknik quota sampling.Hasil penelitian menunjukan diperoleh respon siswa dalam mengikuti kegiatan olahraga pickleball di sekolah Madrasah Aliyah Negeri Surabaya sebanyak 2 guru (66,66%) memiliki respon dengan kategori baik, sedangkan untuk siswa kategori sangat baik 1 siswa 2,77%, Kategori baik 12 siswa 33,33%, kategori rendah 11 siswa 30,55% dan kategori sangat rendah 1 siswa 2,77%. Secara keseluruhan dapat ditarik hasilnya bahwa respon siswa dan guru dalam mengikuti olahraga permainan pickleball termasuk dalam kategori baik dan sedang.

Kata Kunci : Respon, Permainan ,Pickleball, Guru Dan Siswa

References

Arikunto, Suharsimi. (1996). Prosedur Penelitian Survei Pendekatan Praktek. Jakarta : Rinieka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rhineka Cipta.

Ali Maksum. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Arrahman, Dlis, F., Karranawijaya. (2019). Model Latihan Teknik Dasar Futsal (AS) Berbasis Permainan Untuk Anak Usia SMP. Jurnal Penjaskesrek, 6(2): 152-158.

Ashari, M., A. (2019). Perbandingan Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Hadang, Terompah Panjang, Egrang Terhadap Peningkatan Daya Tahan, Kecepatan, Dan Keseimbangan pada Siswa Ekstrakurikuler SD Impres 1 Tenga Kabupaten Bima NTB. Jurnal Penjaskesrek, 6(2): 231-239.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Depdiknas. (2006). Permen Nomor 22 Tahun 2006. Jakarta : Depdiknas.

Instructor Preliminary Preparation. (2015). Pickleball Lesson Plan – Ages 7-14.

Is, Z., Hariansyah, S. Hubungan Daya Tahan Jantung Paru Dengan Keterampilan Bermain Futsal Pada Klub Satoe Atjeh Futsal Academy. Jurnal Penjaskesrek, 7(1): 175-187.

Kurniawan, Nursidik. (2007). Karakteristik dan Kebutuhan Pendidikan Anak Usia Sekolah Dasar. http://nhowitzer.multiply.com. Diakses tanggal 9 Mei 2010.

Masri Singarimbun dan Sofyan Effendi. (1989). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.

Michael .R Webster .C. 2020. Pickleball Assessment of Skill and Tactics Robert.

Michael S. Downey. (2018) Long Term Athlete Development Plan For The Sport Of Tennis In Canada.

Dini. (2015) Kurikulum Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung; Tarsito.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung :Alfabeta.

Susilo. (2020), (Universitas Negeri Jakarta - Indonesia) Sciencetific Adviser of Global Community Health (CGH) Ass. General Secretary of ACESS.

Sutrisno Hadi. (2000). Methodology Research. Jilid 2. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM.

Hosnan, M. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor. Ghalia Indonesia.

Article Metrics
Abstract views: 194
pdf downloads: 182
Published
2021-05-07
How to Cite
Primanata, D., Kristiandaru, A., & Rachman Syam Tuasikal, A. (2021). IMPLEMENTASI PERMAINAN PICKLEBALL BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Penjaskesrek, 8(1), 98-111. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v8i1.1391
Section
Articles