MODEL LATIHAN KETERAMPILAN BLOCK BOLAVOLI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
The This study aims to develop a training model for volleyball block skills vocational high school students. This study uses a research and development (RnD) method with a model of Borg and Gall which consists of ten steps. The number of students involved in this study was 20 students. The instruments used in this study are tests. The effectiveness test results of the average training results for volleyball block skills vocational high school students group in the experimental group (using the volleyball block skills training model) were 14.2 while the average value of the training results for the volleyball block skills in the control group was 11.9 means that there are differences and the average value of the experimental group is higher than the average value of the control group. The significant test of difference with SPSS 20 obtained the results of t-count = 5.321 df = 38 and p-value = 0.00 <0.05, which means that there is a very significant difference.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model latihan keterampilan block bolavoli untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan model model Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh langkah. Jumlah siswa yang dilibatkan dalam penelitian ini yaitu berjumlah 20 siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Hasil uji efektivitas nilai rata-rata hasil latihan keterampilan block bolavoli untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan dalam kelompok eksperimen (menggunakan model latihan keterampilan block bolavoli) adalah 14.2 sedangkan nilai rata-rata hasil latihan keterampilan block bolavoli dalam kelompok kontrol adalah 11.7 artinya terdapat perbedaan dan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelompok kontrol. Adapun uji signifikan perbedan dengan SPSS 20 didapat hasil t-hitung = 5.767 df = 38 dan p-value = 0.00 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang sangat signifikan.
Kata Kunci: Model, Block, Latihan, Pengembangan
References
Borg. W. R & Gall, M. D. (1983). Educational Research An Introduction. New York : Longman.
Dieter Beutelstahl. (2015). Belajar Bermain Bola Volley. Bandung: Pionir jaya.
Honeybourne, Jhon. (2006). Acquiring Skill in Sport. New York: Routledge.
Nuril Ahmadi. (2008). Panduan Olahraga Bolavoli. Surakarta: Era Pustaka Utama.
Rendy Abrasyi dkk. (2018). Model Latihan Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama, Jurnal Sport Area, Vol 3 No 2.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif .Bandung: Alfabeta.
Tudor O Bompa, dan G.Gregory Haff. (2009). Periodization : theory and methodology of training. Human Kinetics.
Widowati, Arti. Modal Sosial Budaya dan Kondisi Lingkungan Sehat dalam Pembinaan Prestasi Olahraga Pelajar, Jurnal Kesehatan Masyarakat, ISSN 1858 – 1196.
Winarno, ME & Sugiono I. (2011). Sejarah dan Teknik Dasar Permainan Bolavoli. Malang: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Yudasmara, D.S. (2014). Pengembangan Model Latihan Teknik Block dalam Bolaoli. Jurnal IPTEK Olahraga Vol. 16 (1) Januari-April. Halaman 79-101
Yusmar, A. (2017). Upaya Penngkatan Teknik Permainan Bolavoli Melalui Modifikasi Permainan Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kampar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), (1), 143-152.
Zhu, Fank, Jamie Poolton And Rich Masters. Neuroscientific Aspects Of Implicit Motor Learing in Sport. New York : Routledge, 2012.
pdf downloads: 851