PENGEMBANGAN ALAT UKUR KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL

  • Mansur Mansur Universitas Syiah Kuala (USK)
  • Maimun Nusufi Universitas Syiah Kuala (USK)
  • Tuti Sarwita Universitas Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Pengembangan, Alat ukur, Keterampilan Dasar Futsal

Abstract

Pengembangan alat ukur ini didasari atas kebutuhan akan tes keterampilan dasar futsal yang ideal dalam rangka membantu guru untuk evaluasi pembelajaran PJOK dan pelatih futsal dalam mengevaluasi latihan untuk pencapaian prestasi. Selain itu, karena usia subjek penelitian berkisar pada tataran mahasiswa maka termasuk pembelajaran futsal di perguruan tinggi juga dapat digunakan untuk evaluasi tingkat keterampilan dasar futsal mahasiswa. Penelitian ini merancang alat ukur tes keterampilan dasar futsal untuk pemain usia 16-22 tahun dengan tujuan untuk menghasilkan bentuk tes keterampilan dasar futsal melalui pengukuran menggiring (dribbling), kemampuan menghentikan dan mengoper bola (stop passing), dan menendang kegawang (shooting). -Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan konstruksi alat ukur tes keterampilan dasar futsal yang memiliki validitas dan reliabilitas tinggi untuk dapat dipergunakan dalam proses pembelajaran dan latihan olahraga prestasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan prosedur merencanakan pengembangan produk yang akan dikembangkan dan mengembangkan jenis/model produk awal untuk pemain futsal usia 16-22 tahun yang berdomisili di provinsi Aceh sebanyak 50 kelompok kecil dan 150 pemain untuk uji coba kelompok besar dan 300 pemain uji coba massal. Pengujian validasi konstruksi instrumen dilakukan oleh 3 orang validator masing-masing keahlian. Proses pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data kuantitatif dengan pengukuran tingkat keterampilan dasar futsal pemain dengan alat ukur yang dirancang. Data dianalisis dengan menghitung nilai rata-rata, mencari nilai standar deviasi, menguji validitas, reliabilitas menggunakan uji test-retest, dan menguji objektivitas alat ukur hasil pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji validasi ahli melalui tanggapan kelayakan instrumen yang terdiri dari keterampilan dasar dribbling, stop passing dan shooting diperoleh nilai rata-rata 4,34 dengan kategori baik, dan nilai rata-rata dari tanggapan pemain sebanyak 4,27 juga berada pada kategori baik. (2) hasil validitas uji coba lapangan dengan analisis faktor kelompok kecil eigen values >1. Dengan demikian uji validitas instrumen dinyatakan valid karena hanya satu faktor yang dihasilkan. (3) Hasil uji reliabilitas dengan uji test-retes  atau korelasi antar kelompok yang sama untuk dua kali percobaan menunjukkan hasil yang konsisten dengan nilai hitung di atas 0,70, sehingga dapat dikatakan bahwa alat ukur reliabel atau tetap akan menghasilkan nilai relatif yang sama meskipun dilakukan pada waktu yang berbeda. Simpulan akhir dari penelitian ini adalah terkontruksinya alat ukur tes keterampilan bermain futsal pemain usia 16-22 tahun yang terpercaya.

References

Borg, W. R. & Gall, M. D (2003). Educational research: an introduction (7th ed.). New York: Longman, Inc.

Burn, Tim (2003). Holistic Futsal: a total mind body-spirit approach. Diperoleh dari http://www.holisticsoccer.com/futsal.tml.

Creswell, J. W (2009) Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hatta, Roeslan (2003). Taktik Permainan Futsal. Bandung: IT

Lapangan Futsal. Diakses dalam https://civilinside.blogspot.co.id/2017/10/contoh-desgn-lapangan-futsal.html.

Lhaksana, Justinus (2012). Taktik dan Strategi Futsal Modern. Be Champion.

Ma’mun, Amung & Saputra, Y. M (2000). Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta: Depdiknas.

Maksum, Ali (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Padmo, Dewi. dkk (2004). Teknologi Pembelajaran: Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Teknologi Pembelajaran. Ciputat: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan.

Sudrajat, dkk (2000), Statistik Pendidikan, Pustaka: Bandung.

Sugiyono (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata & Nana, S (2007). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Article Metrics
Abstract views: 587
PDF downloads: 545
Published
2022-06-14
How to Cite
Mansur, M., Nusufi, M., & Sarwita, T. (2022). PENGEMBANGAN ALAT UKUR KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL. Jurnal Penjaskesrek, 9(1), 1-10. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v9i1.1742
Section
Articles