PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TEKNIK DASAR RENANG PEMBELAJARAN PENJASORKES SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN KUDUS

  • Abdullah Efendi Universitas Islam Nahdlatul Ulama
Keywords: Management Analysis, Swimming Pool Management, Lumban Tirta

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan sebuah produk Software multimedia pembelajaran berupa CD (Compact Disc) dan buku sabagai panduan operasionalnya untuk pembelajaran Pendidikan jasmani Olahraga dan Kesehatan, sesuai tahapan-tahapan, sehingga menghasilkan multimedia pembelajaran yang berkualitas. 2) Menghasilkan multimedia sebagai sumber belajar baik bagi guru maupun siswa. Prosedur yang digunakan meliputi beberapa tahapan: 1) pendahuluan identifikasi kebutuhan dan menentukan materi, 2) pengembangan desain pembelajaran (identifikasi standar kompetensi dan kompetensi dasar), 3) identifikasi (karakteristik siswa, analisis pembelajaran, pengembangan butir tes, menyusun strategi pembelajaran dan menetapkan evaluasi), 4) pengembangan desain produksi, evaluasi dan revisi. Setelah melalui produksi dihasilkan produk awal yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media tahap ini merupakan evaluasi tahap I. kemudian produk yang sudah direvisi divalidasi kembali oleh ahli materi dan ahli media yang merupakan evaluasi tahap II selanjutnya produk diujicobakan kepada siswa melalui tahap uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subjek uji coba produk adalah siswa SMP N 2 Undaan Kudus, siswa MTs N 2 Kudus, MTs Tamrinut Thullab, SMP N 1 Undaan, MTs N 1 Kudus  di Kabupaten Kudus. Data dikumpulkan melalui angket , dan wawancara. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk serta data kualitatif lainnya. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Saran-saran yang diperoleh digunakan sebagai revisi produk.  Hasil penelitian menunjukan Validasi oleh ahli materi secara keseluruhan yaitu aspek kualitas pembelajaran dan aspek isi materi adalah “ baik “ dengan rerata 3,6 skor. Penilaian ahli media pada produk adalah “baik” dengan rerata skor 3,7 pada uji coba kelompok kecil penilaian siswa adalah “baik” dengan rerata skor 4,2. Pada uji coba kelompok besar penilaian siswa adalah “sangat baik “ dengan rerata skor 4,3. Simpulan dalam penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk multimedia teknik dasar renang pembelajaran penjasorkes Sekolah Menengah Pertama yang layak digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Selain itu dapat digunakan sebagai sumber belajar interaktif yang dapat membantu siswa belajar mandiri.

 

Abstract

The purpose of this study development to produce: 1) software multimedia learning Compact Disc and book for operational guidelines physical education, study and health learning appropriate, so that result in multimedia quality learning. 2) Designation produce multimedia as learning resource for both teachers and students.The procedure Research and Development design used stages : preliminary identification of needs and determine the material, development of learning design (standart identification competence and basic competence, identification characteristics of student, learning analysis, developing of test items, learning strategy and establish evaluation), development of product design, evaluation and revision. After the initial product generated through the production of which is validated by experts of material and media experts this stage is an evaluation of the first phase, later revised products validated by expert content and media expert evaluation of second phase which is subsequently tested products to students through the trial phase of small group and large group. The subject of trial were junior high school student in SMP N 2 Undaan Kudus, siswa MTs N 2 Kudus, MTs Tamrinut Thullab, SMP N 1 Undaan, MTs N 1 Kudus, Kudus district. Data were collected through questionnaires and interviews. Data in the form of assessment of the quality product, suggestions for product improvement and other qualitative data. Quantitative data were analyzed with descriptive statistics. Advices obtained were used as product revision. The result of this research was validation by expert material that aspect of the quality of teaching and the content of the material aspect “good” with mean 3,6 scores. Media expert assessment of the product was “good” with mean 3,7 scores the small group trial was “good” assessment of students with a mean score of 4,2. The assessment test on large group of students was “very good” with mean score of 4,3. The conclution in this development research is produce multimedia learning basic techniques product of swimming sports physical education and health Junior High School fit for use in the process of teaching and learning activities. Other than it can be used as an interactive learning resources that can help students learn independently.

References

Buku:
Agus Suheri. (2006). Multimedia sebagai media pembelajaran Yogyakarta: Andi

Agus Supriyanto. (2013). Pedoman Identifikasi Pemanduan Bakat Istimewa. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY Yogyakarta.

Arief S. Sadiman. (2009). Media pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Budiningsih, A. (2010). Berenang Gaya Bebas. kudus: Pura Barutama.

Ilham, Zulfikar. (2013). “Pengembangan Video Instruksional Pelatihan Sepabola Untuk Meningkatkan Kemampuan Teknik Permainan Peserta Extrakurikuler Di SMK. Semarang: UNNES

Niken Ariani dan Dany Haryanto. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah: Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif dan Prosprektif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Rusman, dkk .(2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada.

Vaughan, T. (2011). Multimedia : Making it work 8th ed. USA : McGraw Hill.

Zainiyati, Husniyatus Salamah. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam). Jakarta: Kencana.

Artikel yang dimuat dalam buku/book chapter:
Didi, Yudha Pranata & Tuti Sarwita. (2019). Permainan Tradisional Englolibaba Biskuit Meningkatkan Kelincahan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Visipena Volume 10, Nomor 2, Desember 2019. E-ISSN: 2502-6860. DOI: https://doi.org/10.46244/visipena.v10i2.509, https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/509.

Didi, Yudha Pranata, Soegiyanto, KS & Soekardi. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Eksplorasi dan Kelincahan Siswa Terhadap Hasil Belajar Permainan Sepakbola Siswa Kelas VII DI MTS NEGERI 2 KUDUS. Journal of Physical Education and Sports, JPES 4 (1) (2015), ISSN 2252-648X. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere.

Everhart, Brett. Dkk. (2002). Multimedia Software’s Effect on High School Physical Education Students’ Fitness Patterns. The Physical Education Faal.2002. Volume 59. Namber 3.

Malik, S & Agarawal, A. (2012). Use of Multimedia as a New Educational Technology Tool–A Study. International Journal of Information and Education Technology, Vol. 2, No. 5, October 2012.

Nagaswaran. A.S. (2014). Effect Of Interactive Multimedia (IMM) on Teaching Basic Anatomy In Physical Education. Star Phy.Edn.Vol.1 Issue 4. 08(2013). ISSN: 2321-676X
Article Metrics
Abstract views: 228
PDF downloads: 257
Published
2022-04-28
How to Cite
Efendi, A. (2022). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TEKNIK DASAR RENANG PEMBELAJARAN PENJASORKES SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN KUDUS. Jurnal Penjaskesrek, 9(1), 52-63. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v9i1.1825
Section
Articles