PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN KIHON KATA PADA MATA KULIAH KARATE

  • Jujur Gunawan Manullang Universitas PGRI Palembang
  • Widya Handayani PGRI Palembang
  • Bambang Hermansah PGRI Palembang
Keywords: Cooperative Learning, STAD, Kihon Kata, karate class

Abstract

Untuk meningkatkan penguasaan keterampilan kihon kata dalam mata kuliah karate, diperlukan suatu model pembelajaran yang harus diterapkan oleh seorang dosen. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. STAD merupakan tipe kooperatif yang menekankan pada aktivitas dan interaksi antar siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam penguasaan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar mata kuliah karate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Jasmani Universitas PGRI Palembang yang mengikuti perkuliahan karate. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak dengan menggunakan teknik random sampling sebanyak 38 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis uji-t dengan kesamaan dua rata-rata satu pihak. Hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Kriteria Dalam hal ini t hitung berada pada daerah penolakan Ho, maka Ho ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar kata kihon.

References

Dini Putri Haryanto, (2007). Inovasi Pembelajaran. Journal Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol. 16.

Huda Miftahul. (2011). Cooperatif Learning. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Husdarta dan Yudha M. Saputra. 2013. Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Isjoni. (2011). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: ALFABETA

Listyarini, A, Erlina,. (2012). Latihan Senam Aerobik Untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani. Jurnal MEDIKORA Vol. VIII, No 2 April 2012.

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of innovation. New York:The Free Press.

Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media Group

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Slavin, Robert.E. (2015). Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Trianto. (2017). Mendesain Model-Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media.

Article Metrics
Abstract views: 21
PDF downloads: 13
Published
2022-11-04
How to Cite
Manullang, J. G., Handayani, W., & Hermansah, B. (2022). PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN KIHON KATA PADA MATA KULIAH KARATE. Jurnal Penjaskesrek, 9(2), 16-24. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v9i2.1895