IMPLEMENTASI PRINSIP PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SEBAGAI BEKAL PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN BAGI MAHASISWA

Indonesia

  • Hilmy Aliriad Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Mohamad Da'i Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Keywords: Implementasi, Pembelajaran efektif, Pengenalan Lapangan Persekolahan

Abstract

Implementasi prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif dalam mata pelajaran ini masih kurang diperhatikan. Studi ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman tentang Lapangan Persekolahan bagi mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pembelajaran efektif pada Pendidikan Jasmani dalam rangka memberikan bekal pengetahuan tentang lapangan persekolahan bagi mahasiswa. Metode penelitian menggunakan studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif dalam proses penerapan prinsip pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi pembelajaran, wawancara dengan pengajar, dan angket pembelajaran terkait penilaian ke efektifan prinsip pembelajaran dengan Mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif untuk mengidentifikasi implementasi prinsip-prinsip pembelajaran efektif. Sampel penelitian terdiri dari 30 mahasiswa. Hasil penelitian dari reduksi data lembar observasi, wawancara, dan angket memperlihatkan bahwa sebagian besar mahasiswa dapat mengaplikasikan prinsip pembelajaran efektif dalam proses pembelajaran saat mengikuti PLP, namun masih ada sebagian yang mengalami kesulitan. Konsep prinsip pembelajaran efektif sangat penting dalam proses pembelajaran agar proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Penelitian ini mengidentifikasi kebutuhan untuk meningkatkan implementasi prinsip-prinsip pembelajaran efektif dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, terutama dalam hal pemahaman lapangan persekolahan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan dasar bagi perbaikan proses pendekatan pembelajaran yang lebih efektif dalam memberikan bekal pengetahuan kepada mahasiswa tentang Lapangan Persekolahan. Saran untuk penelitian lanjutan dapat mengambil sampel dari berbagai Universitas dan juga dengan menambah instrumen pengumpulan data lainnya seperti Focus Group Discussion atau Studi Kasus. Dengan demikian, dapat diketahui perbedaan implementasi prinsip pembelajaran efektif di berbagai Universitas dan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pengembangan bidang keilmuan.


Abstract
The implementation of effective learning principles in this subject is still lacking attention. This study aims to provide students with knowledge and understanding of the School Field. The purpose of this study is to analyse effective learning in physical education in order to provide students with knowledge about the school field. The research method uses a descriptive study with a qualitative approach in the process of applying learning principles. Data were collected through learning observations, interviews with teachers and learning questionnaires related to the assessment of the effectiveness of learning principles with students. The data obtained were analysed qualitatively in order to identify the implementation of effective learning principles. The research sample consisted of 30 students. The research results from the data reduction of observation sheets, interviews and questionnaires show that most students can apply effective learning principles in the learning process when participating in PLP, but there are still some who experience difficulties. The concept of effective learning principles is very important in the learning process to make the learning process more effective and enjoyable. This research identifies the need to improve the implementation of effective learning principles in physical education learning, especially in terms of understanding the school environment. Thus, this research provides a basis for improving the process of a more effective learning approach in providing students with knowledge about the school field. Suggestions for further research can be made by taking samples from different universities and also by adding other data collection instruments such as focus group discussions or case studies. In this way, differences in the implementation of effective learning principles in different universities can be known and can contribute more to the development of scientific fields.

References

Adi, S., Aliriad, H., Nova, A., Firmansyah, G., & Arbanisa, W. (2023). Primary school physical education management: Profiles and predictors in Central Java. Journal Sport Area, 8(1), 123–130. https://doi.org/10.25299/sportarea.2023.vol8(1).11223

Ali, S. S. (2019). Problem based learning: A student-centered approach. English Language Teaching, 12(5), 73–78. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p73

Alifah, C., & Hastuti, M. A. S. W. (2023). Pengaruh Minat Menjadi Guru Dan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka Pgri Tulungagung Tahun Akademik 2022/2023. Jurnal Economina, 2(8), 2147–2163. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.725

Aliriad, H. (2023). Level Of Motor Educability In Floor Gymnastics Courses To Motion Skills. JUARA: Jurnal Olahraga, 8(1). https://orcid.org/0000-0002-7287-6429

Aliriad, H., Adi, S., Fahrudi, A., Apriyanto, R., & Da’i, M. (2023). Exploring the relationship between body mass index and physical fitness: Implications from a comprehensive study in a secondary school setting. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 4(2), 136–147. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2023.vol4(2).12775

Aliriad, H., Da’i, M., Adi, S., & Apriyanto, R. (2023). Strategi Peningkatan Motorik untuk Menstimulus Motorik Anak Usia Dini melalui Pendekatan Aktivitas Luar Ruangan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4609–4623. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4149

Aliriad, H., Soegiyanto, S., Setijono, H., & Sulaiman, S. (2023). Effect of the Project-based Learning Model, Age, and Motor Educability on Fundamental Motor Skills in Early Children. Health Education and Health Promotion, 11(1), 125–131. http://dx.doi.org/10.58209/hehp.11.1.125

Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar evaluasi program pendidikan. Cv. Pusdikra Mitra Jaya.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Basuki, S. (2016). Pendekatan saintifik pada penjasorkes dalam rangka membentuk jati diri peserta didik. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 12(2), 117–124. https://doi.org/10.21831/jpji.v12i2.17111

Boss, S., & Larmer, J. (2018). Project based teaching: How to create rigorous and engaging learning experiences. ASCD. https://www.ascd.org/

Endrawan, I. B., & Aliriad, H. (2023). Problem-Based Collaborative Learning Model Improves Physical Education Learning Outcomes for Elementary School Students. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.59758

Engberg, J., Weinberger, G., & Gutierrez, I. A. (2016). Improving Teaching Effectiveness: Impact on Student Outcomes: The Intensive Partnerships for Effective Teaching Through 2013–2014. https://doi.org/10.7249/rr1295.3

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.967

Fatmawati, M., Rif’at, M., & Sunarti, D. F. (2023). Analisis Evaluasi Pembelajaran Matematika Secara Daring. Numeracy, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.46244/numeracy.v10i1.1872

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25–34. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Fitriawan, D., Ijuddin, R., & Sayu, S. (2022). Analisis Materi Sulit Dipahami Dan Miskonsepsi Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Kalkulus Integral. Numeracy, 9(1), 27–38. https://doi.org/10.46244/numeracy.v9i1.1682

Haiah, R. N., & Putra, R. B. A. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran dalam Materi Praktik Penjas pada Masa Pandemi di SMP Negeri se Kecamatan Temanggung. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 4(1), 100–108. https://doi.org/10.15294/inapes.v4i1.49646

Hastuti, T. A., Jatmika, H. M., & Kalpikosari, Y. (2020). Kesiapan mahasiswa pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi melaksanakan praktik kependidikan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Retrieved April, 7, 2022. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i2.35506

Hastuti, T. A., Soegiyanto, S., Suherman, W. S., Rahayu, S., & Utami, N. S. (2022). Improving the pedagogic competence of physical education teachers. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 41(2), 377–387. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.48231

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5–11. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Junaidi, T. (2023). Model Pembelajaran Improve Untuk Meningkatkan Kemampuan Reflektif Matematis Siswa Sma. Journal Numeracy, 10(1), 41–51. https://doi.org/10.46244/numeracy.v10i1.2137

Karo-Karo, A. A. P., Sari, L. P., & Hendrawan, D. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penjaskesrek, 7(2), 218–232. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v7i2.1099

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Kyne, K., & Barrett, A. (2023). Educational change in a crisis: what has changed and what is here to stay in undergraduate teaching and learning in General Practice. Rural and Remote Health, 23(1), 7875. https://doi.org/10.22605/rrh7875

Luqman, R. M., & Dewi, R. M. (2022). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Konsep Diri terhadap Minat Menjadi Guru. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(2), 370–381. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i2.4377

Musthofa, B., Subroto, T., & Budiana, D. (2016). Implementasi Pendekatan Bermain Dalam Pembelajaran Aktivitas Berlari. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 48–56. https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i1.3663

Munzir. (2019). Analisis Pelaksanaan Manajemen Pemusatan Pendidikan Dan Latihan Olahraga Bagi Pusat Pembinaan Latihan Mahasiswa (Pplm) Tarung Derajat Kota Banda Aceh 2019 Munzir. Jurnal Penjaskesrek Vol, 6(2), 169. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v6i2.891

Novriani, M. R., Nasution, M. D., & Surya, E. (2017). Implementation Strategy Instant Assessment To Increase Activity and Result of Learning Mathematics of Al Maksum Junior High School Student. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 53–60. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.7808

Papier, J. (2021). 21st Century competencies in Technical and Vocational Education and Training: Rhetoric and reality in the wake of a pandemic. Journal of Education (University of KwaZulu-Natal), 84, 67–84. https://doi.org/10.17159/2520-9868/i84a04

Priono, J., & Siregar, I. (2021). Implementasi Pembelajaran Pjok Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mts Se-Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Penjaskesrek, 8(1), 32–45. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v8i1.1367

Rahmat, P. S. (2021). Perkembangan peserta didik. Bumi Aksara.

Satria, M. H., Aliriad, H., Kesumawati, S. A., Fahritsani, H., Endrawan, I. B., & Adi, S. (2023). Model Pengembangan Keterampilan Motorik My Home Environment terhadap Anak Disabilitas Intelektual. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2336–2347. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4415

Subadi, T., & Hidayati, E. F. (2013). Lesson Study sebagai inovasi pendidikan.

Syamsuri, A. S., & Md, A. (2021). Pendidikan Guru dan Pembelajaran. Nas Media Pustaka.

Triwiyanto, T. (2021). Pengantar pendidikan. Bumi Aksara.

Wali, M., Mbabho, F., & Pali, A. (2020). Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 404–411. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/29060/16515

Article Metrics
Abstract views: 403
PDF downloads: 245
Published
2023-10-19
How to Cite
Aliriad, H., & Da’i, M. (2023). IMPLEMENTASI PRINSIP PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SEBAGAI BEKAL PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN BAGI MAHASISWA: Indonesia. Jurnal Penjaskesrek, 10(2), 49-63. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v10i2.2102
Section
Articles