PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENCAK SILAT BERBASIS DIGITAL DI SD NEGERI KOTA BANDA ACEH

  • Novia Rozalini Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Munawar Munawar Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Putri Kinanti Universitas Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Development of teaching materials, pencak silat, self-defense, digital teaching

Abstract

Bahan ajar materi pencak silat yang selama ini digunakanpada tingkat sekolah dasar di kota banda aceh masih belum berbentuk digital dan hanya menggunakan tampilan gambar-gambar biasa bahkan masih dalam bentuk gambar yang tidak berwarna.Tujuan penelitian ini untuk memudakan guru dalam menlaksanakan proses belajar mengajar menggunakan vidio teknik dasar pencak silat yang dikembangkan dan didesain sedemikian rupa dan kemudian ditampilkan melalui Youtube agar tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa SDN 43 Kota Banda Aceh yang berjumlah 20 orang siswa. Metode Peneltian ini dikembangkan dengan menggunakan metode ADDIE Berdasarkan dari metode penelitian tersebut, terdapat lima tahapan; analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), penerapan (Implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian ini adalah ahli isi/materi pembelajaran berada pada kategori “Sangat Layak” dengan persentase 90,6%, ahli media dan desain pembelajaran pada kategori “Sangat Layak” dengan persentase 93,38%, ahli praktisi lapangan pada kategori “Sangat Layak” dengan persentase 92 %, uji coba perorangan kategori ”Sangat Baik” dengan persentase 95%, uji coba kelompok kecil dengan persentase 93,36% pada kategori “Sangat Layak”, uji kelompok besar dengan presentase 96,4%, dan uji coba lapangan pada kategori “Sangat Layak”, dan memperoleh nilai rata-rata dengan persentase 93,39%. hasil analisis data penelitian. Nilai yang diperoleh keseluruhannya berada dalam rentang 90-100 dengan kata lain pengembangan bahan ajar pembelajaran pencaksilat ini sangat layak dan cocok untuk digunakan kepada siswa sekolah dasar tingkat V SD Negeri 43 Banda Aceh.


Abstract
The pencak silat teaching materials that have been used at the elementary school level in the city of Banda Aceh are still not in digital form and only use ordinary picture displays and are still in the form of colorless pictures. This research aims to make it easier for teachers to carry out the teaching and learning process using video. The basic techniques of pencak silat are developed and designed in such a way and then displayed via YouTube so that learning objectives are achieved well. The population and sample in this research were 20 students at SDN 43 Banda Aceh City. This research method was developed using the ADDIE method. Based on this research method, there are five stages; analysis (analyze), design (design), development (development), implementation (Implementation), and evaluation (evaluation). The results of this research are that content/learning material experts are in the "Very Appropriate" category with a percentage of 90.6%, media, and learning design experts are in the "Very Appropriate" category with a percentage of 93.38%, field practitioner experts are in the "Very Good" category. with a percentage of 92%, individual trials in the "Very Good" category with a percentage of 95%, small group trials with a percentage of 93.36% in the "Very Good" category, large group trials with a percentage of 96.4%, and field trials in category "Very Good, and obtained an average score with a percentage of 93.39%. The development of video-based teaching materials for learning pencak silat techniques is suitable for use based on the results of research data analysis. The overall scores obtained are in the range of 90-100, in other words, this pencak silat learning teaching material is very suitable and suitable for use with grade V elementary school students at SD Negeri 43 Banda Aceh.

References

Adisel, A., & Prananosa, A. G. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i1.1291

Edo Erdian, A., & Ramdon Ginanjar, R. (n.d.). Pengembangan Media Audio Visual Untuk Perilaku Hidup Sehat Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Kelas 2 Sd Negeri Poris Pelawad 3.

Kadek, I., Prabawa1, R., Satyawan2, I. M., Putuspyanawati3, N. L., & Korespondensi, P. (2021). Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI) ~ 11 Is licensed under a Creative Commons Attributions-Share Artike 4.0 International LIcense Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI. 1(1), 11–26. http://jopi.kemenpora.go.id/index.php/jopi

Pendidikan, J., Olahraga, J., & Kesehatan, D. (2020). Pengembangan Video Tutorial Materi Passing Sepakbola Mata Pelajaran Pjokuntuk Kelas X Sma/Smk (Vol. 8, Issue 3).

Yunus, R., Diana, N., Patimah, S., & Pahrudin, A. (2020). Kirkpatrick Model Evaluation On The Implementation Of Strengthening School Supervisors Based On Best Practice, Hots And Adult Learning. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(02), 651. https://doi.org/10.30868/ei.v9i02.1286

Aliriad, H., Adi, S., Fahrudi, A., Apriyanto, R., & Da’i, M. 2023. “Implementasi Prinsip Pembelajaran Efektif Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sebagai Bekal Pengenalan Lapangan Persekolahan Bagi Mahasiswa.” Https://Ejournal.Bbg.Ac.Id/Penjaskesrek/Article/View/2102 10 (Vol. 10 No. 2 (2023).

Edo Erdian, Ahmad, And Romi Ramdon Ginanjar. N.D. “Pengembangan Media Audio Visual Untuk Perilaku Hidup Sehat Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Kelas 2 Sd Negeri Poris Pelawad 3.”

Khoerunnisa, Putri, And Syifa Masyhuril Aqwal. 2020. “Analisis Model-Model Pembelajaran.” Fondatia 4(1):1–27. Doi: 10.36088/Fondatia.V4i1.441.

Lili Kasmini. 2023. “Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Pada Pembelajaran Ipa.” Https://Ejournal.Bbg.Ac.Id/Visipena/Article/View/2340 (Vol. 14 No. 2 (2023): ,). Doi: Https://Doi.Org/10.46244/Visipena.V14i2.2340.

Mardhatillah, Febry Fahreza. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Macromedia Flash Professional 8 Untuk Kelas V Sdn Kasik Putih Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan.” Https://Ejournal.Bbg.Ac.Id/Visipena/Article/View/411 (Vol. 8 No. 2 (2017)). Doi: https://doi.org/10.46244/visipena.V8i2.411

Syarif Hidayatullah Smp Negeri, M. 2017. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Dengan Piranti Lunak Netop School 6.0 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Tik Kelas 7.4 Tahun 2011-2012 Di Smp Negeri 6 Malang. Vol. 1.

Tama, Risang Andika, And Endro Puji Purwono. 2015. “Survei Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Pjok Materi Pencak Silat Smp Negeri Di Kabupaten Semarang.” Journal Of Physical Education, Sport, Health And Recreation 6 (1) (2017) 6(1).

Wahyudi, I. Putu, I. Putu Darmayasa, And Peby Gunarto. 2023. “Pengembangan Video Pembelajaran Aktivitas Ritmik Untuk Peserta Didik Kelas Vi Sd Negeri 1.” 11:49–60.

Article Metrics
Abstract views: 130
PDF downloads: 102
Published
2023-12-29
How to Cite
Rozalini, N., Munawar, M., & Kinanti, P. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENCAK SILAT BERBASIS DIGITAL DI SD NEGERI KOTA BANDA ACEH. Jurnal Penjaskesrek, 10(2), 89-103. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v10i2.2371
Section
Articles