PENGARUH SENAM IRAMA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK DAN KOGNITIF SISWA SD N 1 MINDAHAN

  • Febriana Tri Nur Azizah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Abdullah Efendi Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
Keywords: Senam ritmik, motorik, kognitif, pendidikan jasmani

Abstract

Penerapan metode gerak senam bertujuan untuk mengetahui pengaruh gerak senam sebelumnya diajar dengan menggunakan metode yang menjenuhkan dan siswa yang setelah di ajar dengan menggunakan metode gerak senam pada kelas 6 SDN 1 Mindahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen sederhana dengan model The One Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil rata rata pre-test pada ranah kognitif yaitu 71,00 meningkat pada post-test dengan nilai rata rata 80,67. Selanjutnya pada ranah motorik hasil rata rata pre-test pada yaitu 75,50 meningkat pada post-test dengan nilai rata rata 91,39. Hasil perhitungan uji t (Pair Sample t-Test) menggunakan aplikasi SPSS versi 25 menunjukkan Ha diterima bahwasanya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode gerak senam terhadap perkembangan motorik dan kognitif siswa SDN 1 Mindahan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode gerak senam dapat meningkatkan kemampuan motorik dan kognitif anak kelas 6 SDN 1 Mindahan.


Abstract

The application of the gymnastics movement method aims to determine the effect of gymnastics movements previously taught using a boring method and students who after being taught using the gymnastics movement method in class 6 of SDN 1 Mindahan. The method used in this research is a simple experimental method with the One Group Pretest-Posttest Design model. Based on the results of the pre-test average in the cognitive domain, namely 71.00, it increased in the post-test with an average value of 80.67. Furthermore, in the motor domain, the average pre-test result was 75.50, increasing in the post-test with an average value of 91.39. The results of the t test (Pair Sample t-Test) using the SPSS version 25 application showed that Ha accepted that there was a significant influence between the application of the gymnastics movement method on the motor and cognitive development of students at SDN 1 Mindahan. The results of the research can be concluded that the gymnastics movement method can improve the motor and cognitive abilities of grade 3 children at SDN 1 Mindahan.

References

Ardiana, R. (2022). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak Kanak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.116

Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Damanik, I. A., & Nurmaniah. (2017). Pengaruh Senam Irama terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di RA. Fastabiqul Khairat PTPN II Kabupaten Langkat TA. 2016-2017. Jurnal Usia Dini, 3(1).

Efendi, A. (2022). Pengembangan Multimedia Teknik Dasar Renang Pembelajaran Penjasorkes Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Kudus. Jurnal Penjaskesrek, 9(1), 52–63. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v9i1.1825

Hanief, Y. N., & Himawanto, W. (2017). Statistik Pendidikan. CV Budi Utama.

Hasana, N. I., Sugihartono, T., & Raibowo, S. (2021). Development Of An Ict-Based Audio-Visual Learning Media Model In PJOK For Elementary School Teachers In Seluma. Sport Gymnastic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 60–69. https://doi.org/10.33369/gymnastics

Hasibuan, N. R. F., Fauzi, T., & Novianti, R. (2020). Pengaruh kegiatan senam irama terhadap kecerdasan kinestetik pada anak kelompok b tk mustabaqul khoir Palembang. Jurnal Pendidikan Anak , 9(2), 118–123. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.33564

Hita, I. P. A. D., Kushartanti, B. M. W., & Nanda, F. A. (2020). Physical Activity, Nutritional Status, Basal Metabolic Rate, and Total Energy Expenditure of Indonesia Migrant Workers during Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(2), 122–128. https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i2.26791

Huda, N., & Simaremare, A. (2020). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Bermain Bola Pada Anak Usia 5 – 6 Tahun di PAUD Cempaka Nabila. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 6(2), 35. https://doi.org/10.24114/jbrue.v6i2.23460

Khoiruzzadi, M., Barokah, M., & Kamila, A. (2020). Upaya Guru Dalam Memaksimalkan Perkembangan Kognitif, Sosial dan Motorik Anak Usia Dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 40–51. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.561

Muarifah, A., & Nurkhasanah, N. (2019). Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 14. https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.564

Prambudi, J., & Imantoro, J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Ukm Maleo Lampung Timur. Jurnal Manajemen Diversivikasi, 1(3), 687-704, https://doi.org/10.24127/diversifikasi.v1i3.728.

Rustamana, A., Wahyuningsih, P., Azka, M. F., & Wahyu, P. (2024). Penelitian Metode Kuantitatif. Sindoro Cendikia Pendidikan, 5(6), 1–10, https://doi.org/10.9644/sindoro.v5i6.4186.

Siregar, F., Handayani, R., & Napitupulu, Z. (2024). Meningkatkan kemampuan gerak dasar dan kognitif anak melalui senam irama di SD PAB 12 Sampali. Jurnal Informatics Media, 5(2), 171–174, Retrieved from https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jumin/article/view/3512.

Yuspitah, R. (2021). Pengaruh Senam Irama Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5 - 6 Tahun di PAUD Flamboyan Desa Geramat Kecamatan Mulak Ulu Kabupaten Lahat. Al-Fitrah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 5(1), 120-128, http://dx.doi.org/10.29300/ja.v5i1.4370

Article Metrics
Abstract views: 34
PDF downloads: 28
Published
2025-04-30
How to Cite
Nur Azizah, F. T., & Efendi, A. (2025). PENGARUH SENAM IRAMA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK DAN KOGNITIF SISWA SD N 1 MINDAHAN. Jurnal Penjaskesrek, 12(1), 1-14. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v12i1.3111
Section
Articles