KONTRIBUSI MINAT, KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KEMAMPUAN MOTORIK DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI MURID SD NEGERI 32 BANDA ACEH

  • Irwandi STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Minat, Kecerdasan Intelektual, Kemampuan Motorik dan Hasil Belajar Penjas

Abstract

Hasil Belajar Penjas dipengaruhi oleh faktor psikologis faktor fisiologis. faktor fisiologis  yaitu kondisi fisik yang dalam hal ini adalah Kemampuan Motorik sedangkan psikologis yang didalamnya terdapat aspek Minat dan Kecerdasan Intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi Minat, Kecerdasan Intelektual dan Kemampuan Motorik dengan Hasil Belajar Penjas Murid SD Negeri 32 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah Murid SD Negeri 32 Banda Aceh yang berjumlah 46 orang. Berdasarkan acuan pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Dari hasil analisis data yang dapat diperoleh hasil penelitian, Koefisien korelasi Minat (X1) dengan  Hasil Belajar Penjas (Y) sebesar 0,57,  dengan r hitung > r tabel (0,57 > 0.246) sehingga X1 memberi kontribusi sebesar 32,49% terhadap Y. Koefisien Kecerdasan Intelektual (X2) dengan  Hasil Belajar Penjas (Y) sebesar 0,58,  dengan r hitung > r tabel (0,58 > 0.246) sehingga X2 memberi kontribusi sebesar 33,64% terhadap Y. Koefisien korelasi Kemampuan Motorik (X3) dengan  Hasil Belajar Penjas (Y) sebesar 0,59,  dengan r hitung > r tabel (0,58 > 0.497) sehingga X3 memberi kontribusi sebesar 34,81% terhadap Y. Koefisien korelasi secara bersama-sama Minat, Kecerdasan Intelektual dan Kemampuan Motorik dengan  Hasil Belajar Penjas sebesar 0,866,  Untuk taraf kepercayaan 0,05 dan n = 46, dengan r tabel = 0.246 dan r hitung = 0,866 dapat disimpulkan bahwa r hitung > r tabel (0,866> 0.246).  Dari penghitungan pengujian hipotesis diperoleh f hitung=78,86 sedangkan kemudian diperoleh nilai f tabel=3,18  yang artinya f hitung = 78,86 > dari nilai f tabel,= 3,18 (f hitung lebih besar dari f tabel). Sehingga Minat, Kecerdasan Intelektual dan Kemampuan Motorik memberi kontribusi sebesar 74,99% terhadap Hasil Belajar Penjas Murid SD Negeri 32 Banda Aceh.. Berarti hipotesis yang penulis ajukan diterima kebenarannya.

References

A.M, Sardiman. (1986). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. CV Citra Husada Jakarta

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ateng, Abdulkadir. (1992). Asas Dan Landasan Pendidikan Jasmani. Jakarta

Azwar, S. (2004) Pengantar Psikologi Intelegensi. Cetakan keempat.Putaka pelajar Yogyakarta.

Cureton, Thomas. (2000). Physical Fitnes and Dynamic Health. New York : The Diel Press

Depdiknas, (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai pustaka. Dirtjen Dikti.

Dimyati, dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: rineka cipta Husada

Husdarta, (2000). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud. PT. Rineka Cipta, Jakarata

Irwanto, (1997). Psikologi Umum. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama

Johnson, Barry. L dan Nelson, Jack K. (1969). Practical Measurements For Evaluation. In Physical Education.burgess publishing company

Kartono, Kartini. (1990). Metodologi reaserach. Yokyakarta: Fakultas Psikologi UGM

Lutan, Rusli. (1988). Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode. Jakarta. Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Mahendra, (2003). Hakikat Pendidikan Jasmani : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Natawidjaya, Rochman. (1978). Psikologi Pendidikan. Jakarta : C.V. Mutiara. Persada Rajawali.

Nurhasan. (2000). Tes dan Pengukura Pendidikan Olahraga. Bandung. FPOK UPI BANDUNG

Payne, (1995) Human Motor Development A Lifespan Approach. California

Rink, Judith, (1985). Teaching Physical Education For Learning, St Louis, Toronto: Mosby Publisher

Sardiman, (1996). Psikologi Umum. Jakarta. Gunadarma

Schmidt, and Wrisberg. (2000). Motor Learning and Performance (Second Edition). Champaign. Human Kinetics

Singer, Robert N. (1990). Motor Learning and Human Performance. New York: Macmillan Publishing Co. Inc

Slameto, (2010). Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Jaya

Soejoedi, Imam. 1979. Pengantar Buku Pegangan Guru Olahraga SPG. PT. Kusuma Bangsa, Jakarta

Sudarmanto, Y.B. (1993). Tuntutan Metodologi Belajar. Jakarta : PT. Gramedia

Sudjana. (1989). Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Suherman, Adang. (2000). Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta : Dirtjen Pendidikan

Sukardi, Dewa Ketut. (1989). Perkembangan Minat. Jakarta : Aksara Baru.

Sukintaka, (1992). Teori Bermain untuk D2 PGSD Penjaskes

Suryabrata, Sumadi. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Widiasarana Indonesia.

Suryabrata, (1998). Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tjunding, Sia. (2001). Hubungan Antar IQ, EQ dan QA dengan prestasi studi pada siswa SMA. Jurnal Anima. Jakarta

Wirawan, Sarlito (1997). Psikologi Remaja. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada

Winkel, WS (2005). Psikologi Pengajaran, Gramedia, Yogyakarta.

http;/www.icdl.co./staging.bookstore/catalog/documens/p3

http/www.idiomachino.com/google.htm

http://seputarkampusorange.blogspot.com)

http://herijoko2010.blogspot.com

http://yosiabdiantindaon.blogspot.com

http://ejournal.ikip-veteran.ac.id

http://www.psychologymania.com
Article Metrics
Abstract views: 354
pdf downloads: 288
Published
2014-04-30
How to Cite
Irwandi. (2014). KONTRIBUSI MINAT, KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KEMAMPUAN MOTORIK DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI MURID SD NEGERI 32 BANDA ACEH . Jurnal Penjaskesrek, 1(1), 17-25. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v1i1.712
Section
Articles