KONTRIBUSI MINAT, KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KEMAMPUAN MOTORIK DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI MURID SD NEGERI 32 BANDA ACEH
Abstract
Hasil Belajar Penjas dipengaruhi oleh faktor psikologis faktor fisiologis. faktor fisiologis yaitu kondisi fisik yang dalam hal ini adalah Kemampuan Motorik sedangkan psikologis yang didalamnya terdapat aspek Minat dan Kecerdasan Intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi Minat, Kecerdasan Intelektual dan Kemampuan Motorik dengan Hasil Belajar Penjas Murid SD Negeri 32 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah Murid SD Negeri 32 Banda Aceh yang berjumlah 46 orang. Berdasarkan acuan pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Dari hasil analisis data yang dapat diperoleh hasil penelitian, Koefisien korelasi Minat (X1) dengan Hasil Belajar Penjas (Y) sebesar 0,57, dengan r hitung > r tabel (0,57 > 0.246) sehingga X1 memberi kontribusi sebesar 32,49% terhadap Y. Koefisien Kecerdasan Intelektual (X2) dengan Hasil Belajar Penjas (Y) sebesar 0,58, dengan r hitung > r tabel (0,58 > 0.246) sehingga X2 memberi kontribusi sebesar 33,64% terhadap Y. Koefisien korelasi Kemampuan Motorik (X3) dengan Hasil Belajar Penjas (Y) sebesar 0,59, dengan r hitung > r tabel (0,58 > 0.497) sehingga X3 memberi kontribusi sebesar 34,81% terhadap Y. Koefisien korelasi secara bersama-sama Minat, Kecerdasan Intelektual dan Kemampuan Motorik dengan Hasil Belajar Penjas sebesar 0,866, Untuk taraf kepercayaan 0,05 dan n = 46, dengan r tabel = 0.246 dan r hitung = 0,866 dapat disimpulkan bahwa r hitung > r tabel (0,866> 0.246). Dari penghitungan pengujian hipotesis diperoleh f hitung=78,86 sedangkan kemudian diperoleh nilai f tabel=3,18 yang artinya f hitung = 78,86 > dari nilai f tabel,= 3,18 (f hitung lebih besar dari f tabel). Sehingga Minat, Kecerdasan Intelektual dan Kemampuan Motorik memberi kontribusi sebesar 74,99% terhadap Hasil Belajar Penjas Murid SD Negeri 32 Banda Aceh.. Berarti hipotesis yang penulis ajukan diterima kebenarannya.
References
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Ateng, Abdulkadir. (1992). Asas Dan Landasan Pendidikan Jasmani. Jakarta
Azwar, S. (2004) Pengantar Psikologi Intelegensi. Cetakan keempat.Putaka pelajar Yogyakarta.
Cureton, Thomas. (2000). Physical Fitnes and Dynamic Health. New York : The Diel Press
Depdiknas, (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai pustaka. Dirtjen Dikti.
Dimyati, dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: rineka cipta Husada
Husdarta, (2000). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud. PT. Rineka Cipta, Jakarata
Irwanto, (1997). Psikologi Umum. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama
Johnson, Barry. L dan Nelson, Jack K. (1969). Practical Measurements For Evaluation. In Physical Education.burgess publishing company
Kartono, Kartini. (1990). Metodologi reaserach. Yokyakarta: Fakultas Psikologi UGM
Lutan, Rusli. (1988). Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode. Jakarta. Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Mahendra, (2003). Hakikat Pendidikan Jasmani : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Natawidjaya, Rochman. (1978). Psikologi Pendidikan. Jakarta : C.V. Mutiara. Persada Rajawali.
Nurhasan. (2000). Tes dan Pengukura Pendidikan Olahraga. Bandung. FPOK UPI BANDUNG
Payne, (1995) Human Motor Development A Lifespan Approach. California
Rink, Judith, (1985). Teaching Physical Education For Learning, St Louis, Toronto: Mosby Publisher
Sardiman, (1996). Psikologi Umum. Jakarta. Gunadarma
Schmidt, and Wrisberg. (2000). Motor Learning and Performance (Second Edition). Champaign. Human Kinetics
Singer, Robert N. (1990). Motor Learning and Human Performance. New York: Macmillan Publishing Co. Inc
Slameto, (2010). Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Jaya
Soejoedi, Imam. 1979. Pengantar Buku Pegangan Guru Olahraga SPG. PT. Kusuma Bangsa, Jakarta
Sudarmanto, Y.B. (1993). Tuntutan Metodologi Belajar. Jakarta : PT. Gramedia
Sudjana. (1989). Metode Statistika. Bandung : Tarsito.
Suherman, Adang. (2000). Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta : Dirtjen Pendidikan
Sukardi, Dewa Ketut. (1989). Perkembangan Minat. Jakarta : Aksara Baru.
Sukintaka, (1992). Teori Bermain untuk D2 PGSD Penjaskes
Suryabrata, Sumadi. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Widiasarana Indonesia.
Suryabrata, (1998). Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tjunding, Sia. (2001). Hubungan Antar IQ, EQ dan QA dengan prestasi studi pada siswa SMA. Jurnal Anima. Jakarta
Wirawan, Sarlito (1997). Psikologi Remaja. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada
Winkel, WS (2005). Psikologi Pengajaran, Gramedia, Yogyakarta.
http;/www.icdl.co./staging.bookstore/catalog/documens/p3
http/www.idiomachino.com/google.htm
http://seputarkampusorange.blogspot.com)
http://herijoko2010.blogspot.com
http://yosiabdiantindaon.blogspot.com
http://ejournal.ikip-veteran.ac.id
http://www.psychologymania.com
pdf downloads: 288