HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SISWA SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN

  • Dadi Dartija STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar

Abstract

Keseimbangan antara IQ dan EQ dapat menjadi pondasi kuat siswa dalam memperoleh kesuksesan dalam belajar. Kelemahan dalam pelaksanaan pendidikan jasmani disebabkan bukan karena semata-mata pemilihan dan pengembangan materi yang tidak disesuaikan dengan keadaan siswa, akan tetapi lebih banyak kelemahannya pada pengembangan pendekatan pembelajaran terutama dalam kecerdasan emosional (EQ). Permasalahanan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Pendidikan Jasmani Siswa SMP Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Pendidikan Jasmani Siswa SMP Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Mamfaat penelitian ini adalah; 1) guru, sebagai bahan masukan untuk mengetahui tingkat EQ siswa sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa; 2) siswa, sebagai upaya meningkatkan pemahaman siswa tentang pengaruh emosional terhadap peningkatan prestasi belajar; 3) sekolah, sebagai masukan dalam menentukan kebijakan untuk meningkatkan mutu pendidikan, baik dalam pembelajaran, pendekatan siswa, serta penilaian. Populasi  penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan dan sampel dipilih secara random sampling yang berjumlah sebanyak 80 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis korelasi menggunakan rumus product moment dan di uji hipotesis dengan uji-t. Sehingga diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,61 yang menunjukkan hubungan kearah yang positif, artinya semakin baik kecerdasan emosional siswa semakin baik pula prestasi belajarnya. Hipotesis yang diuji dengan taraf signifikan 0,05 dapat diterima yaitu ada hubungan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani siswa SMP Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan.

References

Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Achmadi, Abu. 2003. Metedologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2006. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2007. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Fedus. 2008. Keseimbangn IQ dan EQ, Artikel Pendidikan, (Online), Edisi Agustus, (http://www.pendidikankita.com, diakses tanggal 15 januari 2009)

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Margono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasir. 2001. Metodelogi Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT Gramedia

Ocha. 2007. EQ, Emosional Intelegensi atau Kecerdasan Emosi Buat Muslimah. Artikel Pendidikan, (Online), (http://www.ocha.multiply.com, diakses Januari 2009)

Poerwadarminta. 1990. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sudijono, Anas. 2003. Statistik Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsono. 2005. Melejitkan IQ, IE, dan IS. Jakarta: Inisiasi Press

Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sudjana, 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Tatsuo. 2008. Mengapa Orang Cerdas Gagal. Jurnal Psikologi, (Online), Edisi Agustus, (http://www.shfoong.blogspot.com, diakses Januari 2009)

Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional, (2008). UU RI No. 3 Th. 2005. Jakarta: Sinar Grafika. http;//www.google.com.
Article Metrics
Abstract views: 496
pdf downloads: 1453
Published
2014-04-30
How to Cite
Dadi Dartija. (2014). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SISWA SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN. Jurnal Penjaskesrek, 1(1), 26-39. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v1i1.713
Section
Articles