PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BOLA VOLI DI KELAS VII SMPN 1 SIMPANG TIGA KABUPATEN ACEH BESAR

  • Hazal Fitri STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad, Hasil Belajar, Bola Voli

Abstract

Materi bola voli merupakan salah satu materi teori dan praktek yang dianggap sulit, dikarenakan setelah mengetahui teori dan perlu di praktekkan di lapangan oleh siswa, sehingga membuat siswa merasa bosan dengan kegiatan belajar, ditambah lagi kurangnya motivasi siswa untuk mengikuti cara bermain bola voli yang dianggap sulit bagi siswa hasil belajar yang diperoleh masih rendah. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada Materi Bola Voli di Kelas VII SMPN 1 Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar. Untuk mengetahui Hasil Belajar Siswa pada Materi Bola Voli dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk di Kelas VII SMPN 1 Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada Materi Bola Voli di Kelas VII SMPN 1 Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Pengolahan data dengan menggunakan uji statistik T. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Simpang Tiga yang berjumlah 75 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini random sampling yaitu dengan menggunakan acak, dimana siswa kelas VII berjumlah 3 kelas dan yang terpilih 1 kelas berjumlah 25 orang. Hasil penelitian diperoleh  yaitu  sehingga Ho diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan sebagai berikut: “Model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bola voli di kelas VII SMP Negeri 1 Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar dapat mencapai ketuntasan belajar”.

References

Arikunto, S. (2009), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Isjoni. 2009. Pembelajaran kooperatif . Yokjakarta Pustaka Belajar.

Mudjiono. Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhibbin. 2006. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nur. Mohamad. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa.

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: PT. Rajagrafindo Perkasa.

Sugiyono, (2008), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Slavin, Robert E, 2005, Pembelajaran Kooperatif: Teori, Riset dan Praktik. terjemahan Lita, Nusa Media, Bandung.

Sugandi, A . 2002. Teori Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Lie, Anita, 2000, Kooperatif Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta: Grasindo.

Muslimin Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press.

Syah, Muhibbin. 2005). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Article Metrics
Abstract views: 128
pdf downloads: 236
Published
2017-04-30
How to Cite
Hazal Fitri. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BOLA VOLI DI KELAS VII SMPN 1 SIMPANG TIGA KABUPATEN ACEH BESAR. Jurnal Penjaskesrek, 4(1), 85-94. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v4i1.782
Section
Articles