PENGEMBANGAN ALAT UKUR KEPERCAYAAN DIRI ATLET BULU TANGKIS PBSI KABUPATEN PIDIE

  • Junaidi Universitas Serambi Mekkah
Keywords: Measuring Instrument, Confidence, Badminton Athletes

Abstract

One of the main problems in the athlete's performance in Indonesia until today is the lack of progress in badminton clubs, this condition is caused by several factors, among which is the lack of confidence of the athletes and the lack of facilities that is used to support the training process, and during the research process of self-confidence in the absence of a measuring tool to see the confidence badminton athletes themselves. Purpose of this study was to develop an instrument of confidence in the club badminton athletes PBSI Pidie as assessment scales that can be used by the club and athletes are valid and reliable. The populations and samples in this study were all athletes and coaches on the badminton club in Pidie PBSI representative from each club. Process measuring instruments confidence badminton athletes includes four stages, namely (1) the collection of items ( item pool ), (2) Selection of items ( screening of item pool ), (3) test instrument, (4) the questionnaire method. Data collected subsequently categorized and analyzed both qualitatively and quantitatively. Based on research results obtained are listed in the analysis and discussion, it can be concluded that the confidence scale badminton athletes consisting of five factors and sixty-five point declaration is a valid measure and has a high level of validity and the index of 0.644 reliable which has a high level of reliability with the 0786 index that can be used to measure confidence in the club badminton athletes Pidie PBSI.

 

Abstrak

Salah satu masalah utama dalam prestasi nya atlet di Indonesia hingga dewasa ini ialah belum ada perkembangan di klub klub bulutangkis, Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah Kurang nya kepercayaan diri terhadab atlet dan terbatasnya fasilitas yang digunakan untuk mendukung proses latihan dan selama ini dalam proses penelitian kepercayaan diri belum adanya suatu alat ukur untuk melihat  Kepercayaan diri Atlet Bulutangkis itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen Kepercayaan diri Atlet Bulutangkis di Klub PBSI pidie sebagai skala penilaian yang dapat digunakan oleh pihak Klub dan Atlet secara valid dan reliabel.Yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh atlet bulutangkis dan pelatih pada klub PBSI di Kabupaten Pidie yang mewakili dari setiap klub. Proses pembuatan alat ukur kepercayaan diri atlet bulutangkis yaitu meliputi empat tahap (1) pengumpulan butir-butir (item pool) (2) pemilihan butir-butir (screening of item pool). (3) uji coba intrumen (4) metode kuesioner. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dikatagorikan dan dianalisis baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yang tercantum pada bagian analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa skala kepercayaan diri atlet bulutangkis yang terdiri dari 5 faktor dan 64 butir pernyataan merupakan alat ukur yang valid dan memiliki tingkat kesahihan yang tinggi dengan indeks 0.644 dan reliabel yang memiliki tingkat keterandalan yang tinggi dengan indeks 0.786yang dapat digunakan untuk mengukur kepercayaan diri atlet bulutangkis di klub PBSI Pidie.

Kata Kunci: Alat Ukur, Kepercayaan Diri, Atlet Bulu Tangkis

References

Arikunto,S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Amir, Nyak. 2010. Pengukurandan Evaluasi Kinerja Olahraga. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

HadiSutrisno.1991.Analis Butir Untuk Instrumen Angket dan Tesdan Skala Nilai.Yokyakarta, andi offset.

Muljono,Pudjii. 2002.Penyusunan danPengembangan Instrumen Penenlitian. Makalah pada Lokakarya Peningkatan Suasana Akademik Jurusan Ekonomi FIS-UNJ tanggal 5 sampai dengan 9 agustus 2002.

Mutohireta.l. 1987. The Development And Examination Of Student Evaluation of Teaching Effectiveness In an Indonesia Higher Education Setting. Tesis Australia Macquar University.

Nazir. 2005. repositoryupi.edu/operator/upload /s pta http://www.edcmag.com

Ridwan et al. 2011. Cara Mudah Belajar Statistical Packagefor Social Sciences,SPSS21.0,dan Aplikasi Statistik Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Article Metrics
Abstract views: 273
pdf downloads: 2548
Published
2017-10-31
How to Cite
Junaidi. (2017). PENGEMBANGAN ALAT UKUR KEPERCAYAAN DIRI ATLET BULU TANGKIS PBSI KABUPATEN PIDIE. Jurnal Penjaskesrek, 4(2), 136-150. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v4i2.786
Section
Articles