PENGARUH LATIHAN EGRANG DAN GOBAG SODOR TERHADAP KESEIMBANGAN TUBUH PADA SISWA SDN 1 SUBANG

  • Iyan Nurdiyan Haris Universitas Subang
Keywords: Exercise Stilts, Gobak Sodor, and Balance

Abstract

Body balance necessary for students in an attempt to defend the position of the body in a State of balance. Therefore the author thought to examine the influence of exercise and stilts gobag sodor against an increase in the balance of the body. The methods used in the research in experimental technique is a method of "Pretest – Post test Design". The sample in this study consists of 30 students 1 Subang SDN's son.  The number of samples 30 people were split into two groups, namely the Group A exercises stilts as much as 15 people and Group B exercise gobag sodor as many as 15 people.  Research instrument as the data gatherer is a stroke stand test. The results of the calculation and analysis of the data shows that in Group A; the t value obtained stilts exercise calculate 2.66 while values t = 2.05 table at real levels (a) = 0.05 with dk = 28. This means t count greater than t tables and is outside the reception area hypothesis (H), then the zero hypothesis (Ho) was rejected and accepted working hypothesis.  Thus there is significant influence exercise stilts to increased body balance. The results of the calculation and analysis of the data showed that in the Group B exercise gobag sodor retrieved value t calculate 1.71 while the value t = 2.05 table at real levels (a) = 0.05 with dk = 28.  This means t count is smaller than the t table and are in the areas of acceptance of a hypothesis (H), then the zero hypothesis (Ho) received and the working hypothesis was rejected.  Thus there is no significant influence of sodor gobag exercise against the balance.  Then the influence of exercise significantly more than stilts gobag sodor exercise against the balance of the student's son SDN 1 Subang Regency, Subang. 

 

Abstrak

Keseimbangan tubuh diperlukan bagi siswa SD dalam upaya mempertahankan posisi tubuhnya dalam keadaan seimbang. Oleh karena itu timbullah pemikiran penulis untuk meneliti pengaruh latihan egrang dan gobag sodor terhadap peningkatan keseimbangan tubuh. Metode yang digunakan dalam penelitian in adalah metode eksperimen dengan teknik “Pretest–Post test Design”. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 30 orang siswa putra SDN 1 Subang.  Jumlah sampel 30 orang tersebut dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok A latihan egrang sebanyak 15 orang dan kelompok B latihan gobag sodor sebanyak 15 orang.  Instrumen penelitian sebagai pengumpul data adalah strok stand test. Hasil penghitungan dan analisis data, menunjukkan bahwa pada kelompok A; latihan egrang diperoleh nilai t hitung 2,66 sedangkan nilai t tabel = 2,05 pada taraf nyata (a) = 0,05 dengan dk = 28.  Ini berarti t hitung lebih besar dari t tabel dan berada di luar daerah penerimaan hipotesis (H), maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja diterima.  Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan latihan egrang terhadap peningkatan keseimbangan tubuh. Hasil penghitungan dan analisis data menunjukkan bahwa pada kelompok B latihan gobag sodor diperoleh nilai t hitung 1,71 sedangkan nilai t tabel = 2,05 pada taraf nyata (a) = 0,05 dengan dk = 28.  Ini berarti t hitung lebih kecil dari t tabel dan berada di dalam daerah penerimaan hipotesis (H), maka hipotesis nol (Ho) diterima dan hipotesis kerja ditolak.  Dengan demikian tidak ada pengaruh yang signifikan latihan gobag sodor terhadap keseimbangan.  Maka pengaruh latihan egrang lebih signifikan dibandingkan latihan gobag sodor terhadap keseimbangan siswa putra SDN 1 Subang Kabupaten Subang.                                  

Kata Kunci: Latihan Egrang, Gobak Sodor, dan Keseimbangan

References

Andang, Ismail. (2009). Education Games Panduan Prkatis Permainan yang menjadi Anak Anda Cerdas, Kreatif, fan Shaleh.

Muhammad, As’adi. (2009). Menghidupkan otak kanan anak anda. Yogyakarta: Power books.

Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Harsono. (1988). Coaching dan Aspek-aspek Psikologis dalam Coaching. Jakarta: Tambak Kusuma.

Husdarta dan Saputra,Yudha. (2001). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah, Depdiknas.

Ma’mun, Amung dan Saputra, Yudha. (2001). Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah, Depdiknas.

Ma’mun, Amung dan Mahendra, Agus. (1998). Teori Belajar dan Pembelajaran Motorik. Bandung: IKIP Press.

Nurhasan. (1988). Tes dan Pengukuran Olahraga. Bandung: FPOK IKIP Bandung.

Poerwadarminta. (1982). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Purwanto, Ngalim. (1998). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Roestiyah. (1986). Masalah-masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara.

Sajoto. (2000). Permainan Anak Tradisional dan Aktivitas Ritmik. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Sudjana. (1989). Statistik. Bandung: Tarsito.

Supandi dan Laurens Seba. (1986). Teori Belajar Mengajar Motorik. Bandung: FPOK-IKIP.

Surakhmad, Winarno. (1990). Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode, dan Teknik. Bandung: Tarsito.

Sutoto, Agus Mukholid, Siti Aminah. (1991). Pendidikan Permainan Anak dan Aktivitas Ritmik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Proyek Peningkatan Guru SD.

Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan. (2001). Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta:Depdiknas
Article Metrics
Abstract views: 300
pdf downloads: 366
Published
2017-10-31
How to Cite
Iyan Nurdiyan Haris. (2017). PENGARUH LATIHAN EGRANG DAN GOBAG SODOR TERHADAP KESEIMBANGAN TUBUH PADA SISWA SDN 1 SUBANG. Jurnal Penjaskesrek, 4(2), 163-178. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v4i2.788
Section
Articles