PENGARUH PENDEKATAN BERMAIN PADA PEMBELAJARAN GULING DEPAN SENAM LANTAI SISWA KELAS VIII SMP ISLAM IBNU KHALDUN BANDA ACEH

  • Junaidi Universitas Serambi Mekkah
Keywords: Approach to Play and Learning Guling Home Gymnastics Floor

Abstract

This research entitled: The Influence of Play Approach In Roll Learning Home Classroom Gym Class VIII SMP Islam Ibn KhaldunBanda Aceh.Penelitian This study aims to determine the effect of play approach on learning bolsters front floor gymnastics Student Class VIII Islamic Junior High School Ibnu KhaldunBanda Aceh. Subjects in this study are Class VII Islamic Junior High School Ibnu KhaldunBanda Acehsebanyak 29 people or 25% of the population. Sampling technique conducted by the researcher is purposive sampling (purposive sampling). Data collection in this study is tesdan non tes. Research output obtained is the application of learning approaches to play have learning guling front gymnastics floor on Students Class VIII Islamic Junior High School Ibnu Khaldun Banda Aceh. At the end of the first cycle, students who achieve mastery learning as much as 72.41% (21 children), and students who have not completed 27.59% (8 children), while at the end of the second cycle, as many as 93.10% (27 children) and as many as 6.89% (2 children) have not reached mastery learning. With the average value of class I cycle 60 and the average class cycle II75. The results of non-test observation of the learning process shows more active student changes during the learning process takes place.Overall class average reached 39.28% increase, and overall student learning completeness reached an increase of 165.51% when compared with the initial conditions.

 

Abstrak

Penelitian ini berjudul: Pengaruh Pendekatan Bermain Pada Pembelajaran Guling Depan Senam Lantai Siswa Kelas VIII SMP Islam Ibnu KhaldunBanda Aceh.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan bermain pada pembelajaran guling depan senam lantai Siswa Kelas VIII SMP Islam Ibnu KhaldunBanda Aceh. Subjek dalam penelitian ini adalah Kelas VII SMP Islam Ibnu KhaldunBanda Acehsebanyak 29 orang atau 25% dari jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan oleh peneliti adalah purposive sampling (sampel bertujuan).Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tesdan non tes.Hasil penelitian yang diperoleh adalah dengan penerapan pembelajaranpedekatan bermain memiliki pembelajaran guling depan senam lantai pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh. Pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 72,41% (21 anak), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 27,59% (8 anak), sedangkan pada akhir siklus II, sebanyak 93,10% (27 anak) dan sebanyak 6,89% (2 anak) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata- rata kelas siklus I 60 dan rata-rata kelas siklus II75. Adapun hasil non tes pengamatan proses belajar menunjukkan perubahan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Secara keseluruhan rata-rata kelas mencapai kenaikan sebesar 39,28%, dan ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan mencapai peningkatan sebesar 165,51% jika dibandingkan dengan kondisi awal.

Kata Kunci: Pendekatan Bermain dan Pembelajaran Guling Depan Senam Lantai

References

Abdul Kadir, Ateng. 1992. Asas dan Landasan Pendidikan Jasmani. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Abin, Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja.

Agus Mahendra. 2004. Pembelajaran Senam di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Amir, Nyak. 2005. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Amir, Nyak. 2010. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Konsep dan Praktik. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Eko Suwarso dan Sumarya. 2010. BSE. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Pusat Perbukuan KementerianPendididkan Nasional.

Hadi, Sutrisno. 1990. Dasar Metodologi Riset Field Study Masalah Konsistensi Experimental Design And Analisis. Surabaya: Universitas Airlangga.

Hafid, Anwar., Jafar, A dan Pendais, H. 2013. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Hamalik, Umar. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, Imam. 1995. Biomekanika. Bandung: IKIP Bandung.

--------------------. 1996. Senam, Diktat. Bandung: FPOK IKIP Bandung.

Husdarta, H.J.S. 2010.Psikologi Olahraga. Bandung: ALFABETA.

Poerwadarminta. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Mahmudi Sholeh. 1992. Olahraga Pilihan Senam. Jakarta: Dirjen Dikti.

Marianto, M. Dwi.1985. Senam Lantai. Yogyakarta: Kanisius.

Poerwodarminto. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.

Sudjana. 1989. Pengantar Statistik Infrensi. Jakarta: P.T. Rajawali.

Surakhmad.1982. Psikologi Remaja.Jakarta: Raja Grafindo persada.

Sukintaka. 1992. Teori Bermain. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Wuryanti Soekarno. 1986. Teori dan Praktek Senam Dasar. Klaten: PT Intan Pariwara.
Article Metrics
Abstract views: 61
pdf downloads: 148
Published
2017-10-31
How to Cite
Junaidi. (2017). PENGARUH PENDEKATAN BERMAIN PADA PEMBELAJARAN GULING DEPAN SENAM LANTAI SISWA KELAS VIII SMP ISLAM IBNU KHALDUN BANDA ACEH. Jurnal Penjaskesrek, 4(2), 209-217. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v4i2.791
Section
Articles