PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KEBUGARAN JASMANI DENGAN PENDEKATAN BERMAIN SISWA SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH

  • Yudi Ikhwani Universitas Serambi Mekkah
Keywords: Learning Model, Fitness, Play

Abstract

The objectives of this research are: (1) to describe the potential and condition of learning model of physical education before developing, (2) to develop the existing model of physical education learning, (3) to analyze the effectiveness of physical fitness learning after using physical fitness learning model, 4) analyzing the efficiency of physical fitness learning after using the physical fitness learning model, and (5) analyzing the attractiveness of learning models of physical fitness, teaching materials, and games in physical fitness learning. Research using research and development approach. The study was conducted at SMP Negeri Kota Banda Aceh. Data collection using tests and questionnaires. The research data is analyzed descriptively quantitative and gain value. The conclusions of the study were: (1). Physical fitness learning model is effectively used for physical fitness learning, because N Gain for learning outcomes is 0.60 (very effective); (2) produces a physical fitness learning model consisting of: (a) learning / syntax steps, (b (c) learning plan, (d) teaching materials, and (e) physical fitness games, 3) efficient physical fitness learning model used in physical fitness materials with a learning efficiency ratio of 1.4 is greater than 1, and (4) the physical fitness learning model is interesting for use in physical fitness materials with an average score of 3.59 (very interesting).

 

Abstrak

Tujuan  penelitian  ini  antara lain:  (1)  mendiskripsikan potensi dan kondisi pemanfatan model pembelajaran pendidikan jasmani sebelum melakukan pengembangan, (2) mengembangkan model pembelajaran pendidikan jasmani yang sudah ada, (3) menganalisis efektifitas pembelajaran kebugaran jasmani setelah   menggunakan model pembelajaran kebugaran jasmani, (4) menganalisis efisiensi pembelajaran kebugaran jasmani setelah menggunakan model pembelajaran kebugaran jasmani, dan (5) menganalisis kemenarikan model pembelajaran kebugaran jasmani, bahan ajar, dan permainan dalam pembelajaran kebugaran jasmani. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan.   Penelitian dilakukan di SMP Negeri Kota Banda Aceh. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan nilai gain. Kesimpulan penelitian adalah: (1). model pembelajaran kebugaran jasmani efektif digunakan untuk pembelajaran kebugaran jasmani, karena N Gain untuk hasil belajar adalah 0,60 (sangat efektif), (2) menghasilkan model pembelajaran kebugaran jasmani yang terdiri dari: (a) langkah – langkah pembelajaran/ sintaks, (b) silabus, (c) rencana pelaksanaan pembelajaran, (d) bahan ajar, dan (e) permainan – permainan kebugaran jasmani, 3) model pembelajaran kebugaran jasmani efisien digunakan dalam materi kebugaran jasmani dengan rasio efisiensi pembelajaran  sebesar  1,4  lebih  besar  dari  1,  dan  (4)  model  pembelajaran kebugaran jasmani menarik untuk digunakan dalam materi kebugaran jasmani dengan rata-rata skor 3,59 (sangat menarik).

Kata Kunci: Model Pembelajaran , Kebugaran Jasmani, Bermain

References

Abdurrahim. 2011. Bab III Metode Penelitian. Laporan penelitian, diambil dari repository.upi.edu pada 12 November 2012.

Agus Mahendra, 2009. Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Makalah Bahan Penataran.

FPOK.UPI, Makalah tersedia dalam . http;//www.file.upi.edu/direktor i/fpok/. di unduh pada 1 september 2013.

Arief Sadiman. 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Borg W.R., and Gall M.D. 2003. Education research (ed.). New York: Longman Inc.

Bruce Joyce. 2009. Model of Teaching. USA: Pearson.

Dewi Salma Prawiradilaga dan Eveline Siregar, 2004. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Hake, R.R. 2007. "Design-Based Research in Physics Education Research: A Review," in A.E. Kelly, R.A. Lesh, & J.Y. Baek, eds. (in press), Handbook of Design Research Methods in Mathematics, Science, and Technology Education. Jurnal, diambil dari http://www.physics.indiana.ed u/~hake/DBR-Physics3.pdf pada 9 September 2013.

Husdarta. 2009. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Samsudin, 2008, Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Litera.

Sofia Hartati. 2005. Perkembangan belajar pada anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.

Tadkirotun Musfiroh. 2008. Cerdas melalui bermain: Cara mengasah multiple intelligence pada anak sejak usia dini. Jakarta: PT. Grasindo.

Toho Cholik Mutohir. 2011. Berkarakter dengan Berolaharaga Berolaharaga dengan Berkarakter. Jakarta: Sport Media.
Article Metrics
Abstract views: 163
pdf downloads: 433
Published
2017-10-31
How to Cite
Yudi Ikhwani. (2017). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KEBUGARAN JASMANI DENGAN PENDEKATAN BERMAIN SISWA SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH. Jurnal Penjaskesrek, 4(2), 301-308. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v4i2.795
Section
Articles