UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK ROLL DEPAN MELALUI ALAT BANTU PADA SISWA KELAS VII SMP IBA PALEMBANG

  • Farizal Imansyah Universitas PGRI Palembang
Keywords: Front roll motion, Floor gymnastics, Pillow aids

Abstract

Facilities and infrastructure for the implementation of gymnastics gymnastics floor in SMP IBA Palembang less can be utilized optimally. This is because of the fear and not confident in doing the roll front movement. In this regard, researchers use a pillow tool as a medium that will be used when students do the roll front movement. The purpose of this research is to know the improvement of the ability of roll front motion in grade VII students of SMP IBA Palembang for the academic year 2017-2018. The method used in this research is Classroom Action Research method (PTK). The subjects of this study are students of class VII with a total of 40 people. Data collection was done by observation technique. The data obtained were analyzed by percentage. Based on the results, it can be stated that the mastery of the basic roll front technique through the pillow tool succeeded in cycle II, that is the average percentage of front roll technique with the leading technique indicator of 80.8% is good, the motion roll technique is 73.3% enough, and the landing technique of 69.2% is categorized sufficiently. Therefore, it is suggested that teachers should be able to use the pillow tool as one of the learning media used to improve the basic rolling motion technique on the gymnastics gymnastics floor.

 

Abstrak

Sarana dan prasarana untuk pelaksanaan cabang olahraga senam lantai di SMP IBA Palembang kurang dapat dimanfaatkan secara maksimal. Hal ini dikarenakan adanya rasa takut dan tidak percaya diri dalam melakukan gerakan roll depan. Sehubungan hal ini, peneliti menggunakan alat bantu bantal sebagai media yang akan digunakan saat siswa melakukan gerakan roll depan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan gerak roll depan pada siswa kelas VII SMP IBA Palembang tahun pelajaran 2017-2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII dengan jumlah 40 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan persentase. Berdasarkan hasil, maka dapat dinyatakan bahwa penguasaan teknik dasar roll depan melalui alat bantu bantal berhasil pada siklus II, yaitu persentase rata-rata teknik roll depan dengan indikator teknik awalan sebesar 80,8% tergolong baik, teknik gerak roll sebesar 73,3% tergolong cukup, dan teknik pendaratan sebesar 69,2% dikategorikan cukup. Oleh karena itu, disarankan kepada guru hendaknya dapat menggunakan alat bantu bantal sebagai salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan teknik dasar gerak roll depan pada cabang olahraga senam lantai.

Kata Kunci: gerak roll depan, senam lantai, alat bantu bantal

References

Adisuyanto, Biasworo. 2009. Cerdas dan Bugar dengan Senam Lantai. Jakarta: PT. Gramedia Widiasaran a Indonesia.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SMP, SMA, SMK. Bandung: Yrama Widya

Ismaryati. 2009. Tes dan Pengukuran Olahraga.Surakarta.Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS Press.

Mary dan John Traetta. 2008. Dasar-dasar Senam. Bandung: Angkasa.
Article Metrics
Abstract views: 251
pdf downloads: 920
Published
2018-04-30
How to Cite
Farizal Imansyah. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK ROLL DEPAN MELALUI ALAT BANTU PADA SISWA KELAS VII SMP IBA PALEMBANG. Jurnal Penjaskesrek, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v5i1.798
Section
Articles