PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK
Abstract
The purpose of this research is to find out the influence of learning method and motivation toward the result of long jump skill with sail style. The sample of this research concept of 40 student grade VII Darul Ilmi Murni Junior High School Medan and done in experimental study by treatment by level 2 x 2. The data were analyzed by using analyzed of varians (ANAVA) and then continued with Tukey Test were used to test the hypotheses at the level of significance α = 0,05. The results of the research show that (1) in general, there is a significance difference between part methode and whole methode toward the result of long jump skill with sail style (Fo 4,96 > 4,11 Ft), (2) there is an interaction between learning method and motivation for the result of long jump skill with sail style (Fo 17,79 > 4,11 Ft),(3) Long jump skills with sail style of student who use part method is better than whole method which own high motivation (Qo 7,58 > 4,33 Qt), and (4) Long jump skills with sail style of student who use whole method is better than part method which own low motivation but not give a significant different (Qo 0,85 > 4,33 Qt).
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar keterampilan lompat jauh gaya jongkok. Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang yang merupakan siswa kelas VII SMP Plus Darul Ilmi Medan dengan menggunakan rancangan penelitian treatment by level 2 x 2. Data dianalisis menggunakan analisis varians (ANAVA) dan dilanjutkan dengan uji Tukey pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan : 1) secara keseluruhan terdapat perbedaan antara metode pembelajaran bagian dan metode pembelajaran keseluruhan terhadap hasil belajar keterampilan lompat jauh gaya jongkok (Fo 4,96 > 4,11 Ft). (2) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar keterampilan lompat jauh gaya jongkok (Fo 17,79 > 4,11 Ft). (3) Pada siswa yang diajar dengan metode pembelajaran bagian lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran keseluruhan yang memiliki motivasi tinggi terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok (Qo 7,58 > 4,33 Qt). (4) Pada siswa yang diajar dengan metode pembelajaran keseluruhan tidak memberikan pengaruh signifikan dengan metode pembelajaran bagian yang memiliki motivasi rendah terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok (Qo 0,85 > 4,33 Qt).
Kata Kunci: Keterampilan lompat jauh gaya jongkok, metode pembelajaran dan motivasi belajar
References
Shay, Clayton T. “The Progressive Part vs The Whole Method of Learning Motor Skills, Journal of Pshchology 2018, Vol. 131 No. 1.
Sidik, Didik Zafar. (2010). Mengajar dan Melatih Atletik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Uno, Hamzah B.(2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Verducci, Frank M. (1980). Measurement Concepts in Physical Education. St. Louis Missouri: Mosby Company
pdf downloads: 149