MODEL PENGEMBANGAN LARI SPRINT UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-KELURAHAN TANJUNG MULIA

  • Fajar Sidik Siregar Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan (STOK) Bina Guna
  • Devi Catur Winata Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan (STOK) Bina Guna
  • Andi Nur Abady Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan (STOK) Bina Guna

Abstract

A long-term goal of this research is expected to resolve a problem that occurs during the time in the world of education especially of physical education at school that had problems that occur in field, be it in the form of a teacher teaching method always a monotone so that students are not interested in the lessons as well as sports facilities and prasara which is not provided at the school so that the research was able to be the answer to every problem that occurs in field, and from this research can be eject the CD-RW drive to give to the teacher olahrga in SD to add learning materials in the process of learning. The specific purpose of this research is to develop a model of learning run sprint on grade V SD the village of Tanjung Mulia Hilir which is located in Medan Deli Sumatera Utara as for the elementary school which is located in the village of lower Noble Promontory are: 1. SD Swasta Bina Guna Medan, 2. SD Swasta Karya Bakti Medan, 3. SD Swasta Amal Bakti II Medan, 4. SD Swasta Yayasan Perguruan Asuhan Medan and 5. SD Swasta Bina Satria Medan. The early stages of this research tests to the students of classes V SD partners in research and development is given to students who run learning development costs have been passed on by experts in the field of Athletics experts especially run Sprint, however, before the development is given to students-the village of Tanjung Mulia Downstream will be on trial first in the primary small group who were in the neighborhood Brayan Workshop to suppress errors that occur at the time of research. 

 

Abstrak

Tujuan jangka panjang dari penelitian adalah ini diharapkan mampu mengatasi masalah yang terjadi selama ini dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan Jasmani di sekolah yang selama ini masalah yang terjadi dilapangan, baik itu berupa metode mengajar guru yang selalu monoton sehingga siswa tidak tertarik dengan pelajaran olahraga maupun sarana dan prasara yang tidak disediakan di sekolah sehingga penelitian ini mampu untuk menjadi jawaban setiap masalah yang terjadi dilapangan, dan dari penelitian ini dapat mengeluarkan CD-RW untuk di berikan kepada guru olahrga di SD untuk menambah bahan ajar dalam proses pembelajaran. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran lari sprint pada Siswa kelas V SD se-kelurahan Tanjung Mulia Hilir yang berada di daerah Medan Deli Sumatera Utara adapun SD yang berada di kelurahan Tanjung Mulia Hilir adalah: 1. SD Swasta Bina Guna Medan, 2. SD Swasta Karya Bakti Medan, 3. SD Swasta Amal Bakti II Medan, 4. SD Swasta Yayasan Perguruan Asuhan Medan dan 5. SD Swasta Bina Satria Medan. Tahap awal penelitian ini memberikan tes kepada siswa kelas V SD yang menjadi mitra dalam penelitian ini, lalu diberikan pengembangan pembelajaran lari kepada siswa yang pengembangan tersebut telah di sahkan oleh para ahli pakar di bidang atletik khusunya lari sprint, namun sebelum pengembangan ini di berikan kepada siswa SD se-kelurahan Tanjung Mulia Hilir maka akan di ujicoba kelompok kecil dahulu di SD yang berada di kelurahan Brayan Bengkel agar mampu menekan kesalahan yang terjadi pada saat penelitian.
Kata Kunci: Pengembangan model, lari sprint

References

Lia Lumintuarso. 2013. Pembinaan Multilateral Bagi Atlet Pemula.Universitas Negeri Yogyakarta

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Yudistira. Bandung

Roji. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMP kelas VII. Erlangga: Jakarta.
Article Metrics
Abstract views: 70
pdf downloads: 121
Published
2018-10-31
How to Cite
Fajar Sidik Siregar, Devi Catur Winata, & Andi Nur Abady. (2018). MODEL PENGEMBANGAN LARI SPRINT UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-KELURAHAN TANJUNG MULIA . Jurnal Penjaskesrek, 5(2), 228-244. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v5i2.823
Section
Articles