MODEL LATIHAN PASSING BOLA BASKET BERBASIS PERMAINAN UNTUK PEMULA TINGKAT SMP

  • Teguh Dwi Prasetya Universitas Negeri Jakarta
  • Sudradjat Wiradihardja Universitas Negeri Jakarta
  • Bambang Krida Suwarso Universitas Negeri Jakarta
  • Widiastuti Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Exercise Model, Game, Passing, Basketball

Abstract

The purpose of this study was to create an effective model of exercise to process intelligence to improve technical skills, so that they could perform motion activities. This research was conducted for ank 13-15 years. The research method used in this study is the Research Development (R & D) method with Borg and Gall models. This research was conducted in extracurricular basketball baskets at SMP 7 Karawang, SMP 5 Karawang, SMP 2 Karawang. From the results of this study, was to issue the effectiveness of 20 items from the passing exercise model for beginner athletes. The average ball practice is the passing game given based on the exercise model is 77.87 average increase. In the significance test with SPPS 16, the results of t-count p-value = 0.000 <0.05, which means that there are significant differences in the practice of basket passing before and after using a game-based training model.

 

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menciptakan model  latihan yang efektif dengan variasi permainan yang mengacu pada gerak dasar passing untuk atlet pemula untuk meningkatkan keterampilan teknik, sehingga atlet pemula dapat melakukan aktivitas gerak. Penelitian ini dilakukan untuk ank berusia 13 – 15 tahun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian pengembangan (R & D) dengan model Borg dan Gall. Penelitian ini dilakukan pada bola basket ekstrakurikuler SMPN 7 Karawang, SMPN 5 Karawang, SMPN 2 Karawang. Berdasarkan dari hasilpenelitian ini ,  adalah untuk menguji efektifitas 20 item dari model latihan passing untuk atlet pemula skor rata-rata latihan bola basket adalah passing game yang diberikan berdasarkan model latihan adalah 77,87 berarti nilai rata-rata peningkatan. Pada uji signifikansi dengan SPPS 16 diperoleh hasil t-hitung p-value = 0,000 <0,05 yang berarti ada perbedaan yang signifikan dalam praktik passing basket sebelum dan sesudah menggunakan model latihan berbasis permainan.

Kata Kunci: Model Latihan, Permainan, Passing, Basket

References

Burns, Brian and Dunning, Mark. (2010). Skills In Motion Basketball Step-by-Step. New York: Rosen Publishing

Jahja, Yudrik. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenanamedia Group

Pranatha. (2017). Implementasi Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Passing Bola Basket. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 1(1)

Tedjasaputra, Mayke S. (2007). Bermain, Mainan, danPermainan. Jakarta: Pt Grasindo

Nathial, Mandeep Singh. (2014). Analysis of Set Shot in Basketball in Relation With Time to Perform the Course and Displacement of Center of Gravity. Journal sport Sciences. Vol. 2(5)

Edwards, William H. (2010). Motor Learning and Control: From Theory To Practice. USA: Wadsworth

Fudyartanta, Ki. (2012). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Hakim, Lukmanul. (2008). Permainan bola basket. Bandung

Hany, Ahmed Ahmed Abd El-Aal. (2012). Effect of Educational Module on Basic Basketball Skills Performance in Junior of Basketball. Journal Sport Sciences. Vol.6 (4)

Jamaris, Maritis. (2010). Orientasi baru dalam psikologi Pendidikan. Jakarta: Yayasan Penamas Murni

Article Metrics
Abstract views: 278
pdf downloads: 1706
Published
2019-10-31
How to Cite
Teguh Dwi Prasetya, Sudradjat Wiradihardja, Bambang Krida Suwarso, & Widiastuti. (2019). MODEL LATIHAN PASSING BOLA BASKET BERBASIS PERMAINAN UNTUK PEMULA TINGKAT SMP. Jurnal Penjaskesrek, 6(2), 240-247. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v6i2.898
Section
Articles