UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LONG PASING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH

  • Sahabul Adri AR STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Gaya Mengajar Inklusi dan Hasil Belajar Long Passing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar long passing  pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Takengon dengan menggunakan gaya mengajar Inklusi. Lokasi penelitian ini adalah di SMA Negeri 4 Takengon Kecamatan kebayakan Kabupaten Aceh tengah Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Takengon yang berjumlah 168 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 sebanyak 24 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberi pre test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran long passing, dilanjutkan dengan siklus I dan pos test siklus I, siklus II dan diakhri dengan pemberian pos tes siklus II dengan instrumen penelitian lembaran pengamatan test hasil belajar long passing dengan menggunakan lembar fortopolio. Dengan menggunakan gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar long passing siswa dari mulai tes awal hingga pada siklus II, pada tes awal yang dilakukan terdapat 3 orang siswa (12,50%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 37,95. Ketuntasan belajar siswa pada postes siklus I mencapai 7 orang siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar (29,16%)%  dengan rata-rata nilai 54,62. Dan ketuntasan belajar siswa pada postes siklus II mencapai 15 orang siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar 62,50%) dengan rata-rata nilai 85,67. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam belajar long passing menggunakan gaya mengajar inklusi pada siswa kelas XI SMA 4 Takengon Kabupaten Aceh tengah Tahun Ajaran 2012/2013.

References

Afri Tantri. 2006. Diktat Sepak Bola. Unimed Medan

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Reneka Cipta.

. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Brotosuroyo. (1993). Perencanaan Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Departemen Pendidikan Bagian Peningkatan Guru. Jakarta.

Coever wiel. 1985. Sepak bola program pembinaan pemain ideal Jakarta, PT Gramedia

Djamarah, Bahri & Zain, Aswan. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hanafiah, Nanang & Suhana, cucu. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Hopkins, D.. 1993. A teacher Good to Classroom Research. Dalam Zainal Aqib, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Yrama widdya.

Husdarta dan Saputra. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Bandung. DEPDIPNAS.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

, 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas, Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Mosston, Muska. 1981. Teaching Physical Education, Columbus : Charles E and Merril Publising Company.

Muhajir. (2004) Pendidikan Jasmani. Penerbit Yusdhistira. Jakarta.

, 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Rekreasi. Penerbit Erlanga

Nurkencana, (1986) Evaluasi Pendidikan, Penerbit Usaha Nasional. Jakarta.

Nusri, Ardi (2003) Diktat Sepak Bola. Unimed Medan

Rahantoknam, Edward B. 1988. Belajar Motorik : Teori dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Jasmani dan olahraga. Jakarta : P2LPTK, Dirjen Dikti Dekdibud.

Remy Muktar. 1989. Sepak Bola Pembinaan. Medan: FOPK Ikip Medan

Sarumpoet. 1992. Permainan Besar. Jakarta Depdikbud Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kerja Kependidikan.

Suryosubroto, B. (1997). Proses Belajar Mengajar Disekolah. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Supandi. (1983). Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Depdikbud. Dirjen. Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Article Metrics
Abstract views: 193
pdf downloads: 202
Published
2015-10-31
How to Cite
Sahabul Adri AR. (2015). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LONG PASING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH. Jurnal Penjaskesrek, 2(2), 62-72. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v2i2.909
Section
Articles