TANGGAPAN GURU PENJASORKES TERHADAP IMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH SMP DAN SMA SE-KECEMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR

  • Zikrur Rahmat STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Siska Dwi Lestari STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Tanggapan Guru Penjasorkes, Implementasi Kurikulum 2013

Abstract

Latar belakang peneltian ini adalah adanya perubahan Kurikulum 2013 yang diakibatkan karena perubahan pada masyarakat yaitu karakter. Melalui mata pelajaran penjaskesrek dapat mengurangi perubahan karakter sedini mungkin. Oleh karena itu tanggapan guru penjasorkes sangat diperlukan dalam mengsinkronisasi implementasi Kurikulum 2013 disekolah. Yang jadi permasalahannya bagaimana tanggapan guru penjas terhadap implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajran penjasorkes. Penelitian ini bertujuan untuk mediskripsikan implementasi Kurikulum 2013 dengan upaya-upaya yang dilakukan sekolah dan faktor pendukung serta penghambat dalam menerapkannya. Sampel dalam penelitian ini guru penjasorkes di sekolah SMP dan SMA Darul Imarah yang berjumlah 9 orang. Teknik pengambilan sampel di lakukan dengan cara sampling purposive, yaitu sampel di pilih dan terseleksi dari 9 sekolah menjadi 4 sekolah mulai dari tingkat SMA dan SMP. Sekolah yang dijadikan sampel yaitu SMA Negeri 1 Darul Imarah, Aceh Besar, MAN Cot Geu, SMA Al-Fitiyan School Aceh dan SMP Negeri 1 Darul Imarah. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data diolah dengan deskriptif kualitatif yaitu dengan analisis data, Data collection, Reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi manajemen : Implementasi Kurikulum 2013, Penilaian Hasil Belajar dan Upaya sekolah dalam implementasi Kurikulum 2013. Hasil penelitian dari hasil data wawancara proses Kurikulum 2013 yang di laksanakan oleh guru disekolah SMP dan SMA Se-kecamatan Darul Imarah di Aceh Besar sedang proses tahap sosialisasi implementasi Kurikulum 2013 dan sudah mulai berjalan dengan cukup baik, ini tercermin pada persiapan bahan mengajar melalui perangkat belajar yang sudah dibuat. Proses penilaian hasil belajar dalam implementasi Kurikulum 2013 sudah di jalankan dengan baik. Hal ini bisa terlihat dari prestasi siswa yang mengikuti ekstrakurikuler melalui perlomabaan. Upaya yang telah dilakukan oleh sekolah yaitu pada kegiatan penataran dan pelatihan guru serta memfasilitasi saranan dan prasarana.

References

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan model pembelajaran dalam kurikulum2013. Jakarta : PT Prestasi Pustaka Publisher.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2006. Kurikulum Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Depdikbud.

Depdikbud. 1990. Peraturan Pelaksanaan Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Armas Duta Jaya.

http://hayyuningsih.blogspot.com

Kundar. 2007. Guru Professional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Seritifikasi Guru. Jakarta: Raja perindo Persada.

Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 104 Tahun 2014, Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013, Standar Kompetisi Lulusan

Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 64 Tahun 2013, Standar Isi Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013, Standar Proses Pendidikan

Prof. Dr. Mulyasa, H.E. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Perubahan Kurikulum 2013. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset

Sudewo, Erie. 2011. Practice Character Building. Menuju Indonesia lebih Baik. Jakarta: Republika.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian Kualitatif dan Kuantitas dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : PT. Alfabeta Bandung.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Article Metrics
Abstract views: 95
pdf downloads: 84
Published
2015-10-31
How to Cite
Zikrur Rahmat, & Siska Dwi Lestari. (2015). TANGGAPAN GURU PENJASORKES TERHADAP IMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH SMP DAN SMA SE-KECEMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR. Jurnal Penjaskesrek, 2(2), 73-84. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v2i2.910
Section
Articles