ANALISIS KEMAMPUAN MENGURAIKAN PENDAPAT PRIBADI TENTANG ISI BUKU SASTRA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STAD

  • Dwi Sri Utaminingrum Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Alfi Laila Uiversitas Nusantara PGRI Kediri
  • Erwin Putera Permana Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: STAD Model, Personal Opinion, Intrinsic Elements

Abstract

This study aims to describe the learning outcomes of the STAD model in realizing the ability of students to elaborate personal opinions about the contents of literature books on aspects; 1) mention personal opinions about intrinsic elements, 2) identify personal opinions about intrinsic elements, 3) express personal opinions intrinsic elements. This research uses test, interview, observation and documentation methods. This article is a qualitative descriptive study with 31 students. From 31 students the researchers took 5 students who were interviewed to get the data that the technique can be done through three stages, namely: (1) Reducing Data; (2) Data Presentation; (3) Conclusion Withdrawal. The data source obtained in this article is a matter of description relating to the learning of the STAD model on the material outlining personal opinions about the contents of the literary book in fairy tales. In this study the STAD method can make students to develop skills, be more active in learning and respect the opinions of others. Based on the analysis found good learning outcomes. Based on the data obtained get a good percentage there are 60% of 31 with a value of 85.95 students and less good there are 40% of 31 students with a value of 65.70.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hasil pembelajaran model STAD dalam mewujudkan kemampuan siswa menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra pada aspek; 1) menyebutkan pendapat pribadi tentang unsur intrinsik, 2) mengidentifikasi pendapat pribadi tentang unsur intrinsik, 3) mengemukakan pendapat pribadi unsur intrinsik. Penelitian ini menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Artikel ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jumlah subjek 31 siswa. Dari 31 siswa peneliti mengambil 5 siswa yang diwawancarai untuk mendapatkan data yang tekniknya dapat dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: (1) Mereduksi Data; (2) Penyajian Data; (3) Penarikan Kesimpulan. Sumber data yang diperoleh pada artikel ini yaitu soal uraian yang berkaitan dengan pembelajaran model STAD (Student Team Achievement Devision) pada materi menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra pada dongeng. Pada penelitian ini adalah metode STAD (Student Team Achievement Devision) dapat membuat siswa untuk mengembangkan keterampilan, lebih aktif dalam pembelajaran dan menghargai pendapat orang lain. Berdasarkan analisis maka ditemukan hasil pembelajaran yang baik. Berdasarkan data yang diperoleh mendapatkan presentase yang baik ada 60 % dari 31 dengan nilai 85,95 siswa dan kurang baik ada 40% dari 31 siswa dengan nilai 65,70.

Kata Kunci : Model STAD, Pendapat Pribadi, Unsur Intrinsik

References

Ambar. (2017). Peningkatan Kemampuan Menentukan Alur, Penokohan Dan Latar Belakang dalam Cerpen “Robohnya Surau Kami” Karya Ali Akbar Navis Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas XI 1 SMKN Ampibabo. Jurnal Bahasantodea 5 (1) 62-69.

Aniqoh, Umi. (2017). Keefektifan Pembelajaran Menyajikan Tanggapan Terhadap Isi Buku Nonfiksi Pada Siswa Kelas VII SMP Menggunakan Model Pembelajaran STAD Dan Model TAI Berbantuan Media Video. Skripsi. Jurusan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Artha, Peppy N. U. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Membaca Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Damayanti & Susetyo, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Siswa SDN Mojongapit III Jombang. JPGSD 2 (3) 1-11.

Danandjaja, James. (2007). Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Grafiti.

Depdiknas. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Erman. (2004). Model-model Pembelajaran. Bandung : LPMP Jawa Barat.

Gusniar. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN No.2 Ogoamas II. Jurnal Kreatif Tadulako 2 (1) 198-221.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemal I & Delimawati. (2016). Upaya peningkatan keterampilan membuat kalimat melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SDN 1 Alafan Kabupaten Simeulue. Jurnal Tunas Bangsa 2 (1) 47-71. Diambil dari http://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa.StkipgetSempena.ac.id/?journal ( diakses 10 mei 2020 ).

Lasyuri. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Amtematika Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Sikatubil Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 1 Gemawang Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Tunas Bangsa 3 (1) 1-11. Diambil http://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa.StkipgetSempena.ac.id/?journal ( diakses 10 Mei 2020 ).

Maulana P & Akbar A. (2017). Penerapan Pembelajaran Tipe STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar 5 (2) 46-59. Diambil www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/articel/view/8850 ( di akses 14 Agustus 2020).

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musbir, Sari O. (2015). Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD Pada Materi Keanekaragaman Suku Bangsa Untuk Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Jurnal Tunas Bangsa 1 (2) 32-40. Diambil

http://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa.StkipgetSempena.ac.id/?journal (diakses 10 mei 2020 )

Noor, Firman S. (2007). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Bukti Dalam Matematika Pada Siswa SMA. JPME 1(1) 86-95. Diambil www.journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2368/1327.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Article Metrics
Abstract views: 1103
pdf downloads: 618
Published
2020-08-31
How to Cite
Utaminingrum, D. S., Laila, A., & Permana, E. P. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN MENGURAIKAN PENDAPAT PRIBADI TENTANG ISI BUKU SASTRA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STAD. Jurnal Tunas Bangsa , 7(2), 280-294. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i2.1107
Section
Articles