PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD ISLAM LABORATORIUM ACEH BESAR

  • Helminsyah Helminsyah STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Zaki Al Fuad STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Aprian Subhananto STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Melva Agustina STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: The Results Of The Study, Video Animation

Abstract

The use of video Animation effect on student learning outcomes in Islamic Elementary Laboratory on on the material influence of weather changes on human life process of the fall of the rain. This research type is research of experiment in this research is using the method Pre Test-Post Test Control Group Design. Sampling was done randomly and obtained the class III-B as the experimental class and the class III-A as a control class, To determine the influence of student learning outcomes with the use of media a video animation of the results of the students on the material influence of weather changes on human life process of the fall of the rain on III of SD Islam Laboratorium Aceh besar used t-test. The results of data processing obtained that tcount = 2,1423 Meanwhile, at the level of significance α = 0.05 with degrees of freedom dk= 40 is obtained t table= 1,72. Because tcount > 1,72 ttable result occurs the rejection of Ho. With this it can be concluded that the Use of media a video animation affect learning outcomes of students at SD Islam Laboratorium on the on the material the influence of weather changes on human life process of the fall of the rain. So hopefully the next researcher can develop the research on other materials.

Abstrak

Penggunaan video Animasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada SD Islam  Laboratorium pada pada materi pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia proses turunya hujan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode Pre Test-Post Test Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan diperoleh kelas III-B sebagai kelas eksperimen dan  kelas III-A sebagai kelas kontrol, Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan media video animasi terhadap hasil siswa pada materi pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia  proses turunya hujan di III SD Islam Laboratorium Aceh Besar digunakan uji-t. Hasil pengolahan data diperoleh bahwa thitung = 2,1423  Sementara itu, pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan derajat kebebasan dk= 40 diperoleh ttabel= 1,72. Oleh karena thitung> 1,72 ttabel berakibat terjadi penolakan H0.  Dengan ini maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan media  video animasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada SD Islam  Laboratorium pada pada materi pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia  proses turunya hujan. Sehingga diharapkan pada peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini pada materi lain.

Kata Kunci:  Hasil Belajar, Video Animasi

References

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada), hlm .3-5. Di kutip dari Gerlach , Ely dan Helnich.

Kadek. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi system kelistrikan otomotif. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudirman. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar,Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta : Kencana.

Sudjana, N dan Ibrahim. (2009). penelitian dan penilaian pendidikan, Bandung : sinar baru, Algesindo.

Aksoy, G. (2012) The Effects of Animation Technique on the 7th Grade Science and Technology Course. Journal of Scientific Research. Vol.3, No.3, 304- 308. Tahun 2012. Diakses dari http://www.SciRP.org/journal/ce pada (diakses tanggal 11 Agustus 2020).

Mayer, R. E. & Moreno, R. (2002). Animation as an aid multimedia learning. educational psychology review, Vol. 14, No.1, March 2002. Diakses dari http://search.proquest.com pada (Akses tanggal 11 Agustus 2020)

Wahyuni, W., & Helminsyah, H. (2016). Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil belajar IPA Materi Bagian-Bagian Tumbuhan Bagi Siswa Kelas II SD Negeri Mns Krueng Kabupaten Pidie. Tunas Bangsa Journal, 3(1).

Article Metrics
Abstract views: 427
pdf downloads: 636
Published
2020-08-31
How to Cite
Helminsyah, H., Zaki Al Fuad, Aprian Subhananto, & Melva Agustina. (2020). PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD ISLAM LABORATORIUM ACEH BESAR. Jurnal Tunas Bangsa , 7(2), 252-265. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i2.1155
Section
Articles