PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DENGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MASSA COVID- 19 DI LUBUK PAKAM

  • Alexander Samosir Universitas Efarina
  • Salim Efendi Universitas Efarina
  • Imelda Gultom Universitas Efarina
Keywords: Methods, Parenting Patterns, Outcomes

Abstract

This study to determine the effect of learning methods and parenting styles on learning outcomes in Lubuk Pakam. This study used a 2 x 2 factorial design. The sample consisted of 30 students. The data analysis technique was a two-way analysis of variance and at the α level of significance = 0.05. To test the normality of the data using the Liliefors test and the homogeneity test using the Barlett test. The results of this study indicate that 1) Social studies learning outcomes in groups of students who are taught using the google classroom method are higher than social studies learning outcomes in groups of students who are taught using the Expository learning metode. 2) The social studies learning outcomes of students who cared for using the democratic pattern are higher than students who are cared for using the authoritarian pattern. 3) There is an influence of the interaction between learning methods and parenting styles on students' social studies learning outcomes.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar di Lubuk Pakam. Penelitian ini menggunakan Desain factorial 2 x 2. Sampel terdiri dari 30 siswa. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur  danpada tingkat signifikansi α= 0.05. Untuk menguji normalitas data menggunakan uji liliefors dan uji Homogenitas menggunakan uji barlett. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar IPS pada kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan metode google classroomlebih tinggi dibandingkan hasil belajar IPS pada kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran Ekspositori. 2) Hasil belajar IPS siswa yang diasuh lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diasuh menggunakan pola Otoriter. 3) Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa.

Kata Kunci: Metode, Pola Asuh, Hasil

References

Acat. (2014). Investigation the Effect of Quantum Learning Approach on Primary School 7th Grade students' Sciencs Achievement, Retention and Attitude. Educational Research Assosiation the International Journal of Reasearch in Teacher Education, 11-23.

Ahmad, S. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Group.

Ausubel. (2018). Reception Learning and Ausubel. Retrieved from http: //www.duq.edu/ tomei/ed711psy/causub.html): http: //www. duq.edu.com

Bruce. (2008). Models of Teaching, Eight Edition .New York: Pearson.

DePoter. (2012). Quantum Teaching .Bandung: Kaifa.

Djamarah . (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga: Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah. (2011). Pisikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Edwards. (2006). Ketika Anak Sulit Diatur. Baandung: Mizan Pustaka.

Husdarta. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Lestari. (2010). Pendidikan Islam Kontekstual .Yohyakarta: Pustaka Pelajar. Maurice. 2004. Cara-cara Efektif Mengasuh Anak dengan EQ .Jakarta: Erosco.

Miftahul. (2010). Quantum Teaching “Buku Pintar dan Praktisi”. Yogyakarta: Diva Oerrs.

Article Metrics
Abstract views: 104
pdf downloads: 100
Published
2020-08-31
How to Cite
Samosir, A., Salim Efendi, & Imelda Gultom. (2020). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DENGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MASSA COVID- 19 DI LUBUK PAKAM. Jurnal Tunas Bangsa , 7(2), 266-279. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i2.1159
Section
Articles