KEMAMPUAN PEDAGOGIK CALON PENDIDIK TINGKAT SEKOLAH DASAR DALAM MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERMUATAN NILAI KARAKTER

  • Dyoty Auliya Vilda Ghasya Universitas Tanjungpura
  • Tahmid Sabri Universitas Tanjungpura
Keywords: Pedagogic, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Character Values

Abstract

One of the actions for prospective educators and educators at the elementary school level when going to carry out teaching learning activities is to create a Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Making and developing RPP is a pedagogical competence that must be mastered by teachers. Pedagogic competence is a competency that absolutely needs to be mastered by educators. The purpose of this research is to analyze the pedagogical ability of prospective primary school educators in making a plan for the implementation of character-grade learning. The method used in this study is with a qualitative descriptive approach with the type of field research or field study. Qualitative research is defined as a research procedure that produces descriptive data in the form of written words. The novelty of this research is at the same time analyzing the making of RPP when students learn from home due to the Covid-19 virus pandemic. The results of this research are the average pedagogical ability of prospective primary school educators in terms of developing a lesson plan (RPP) in accordance with Permendiknas No. 22 of 2016 contains good character values. However, prospective educators when developing components of learning objectives and assessment of learning outcomes are still inaccurate.

Abstrak

Salah satu tindakan awal bagi calon pendidik dan pendidik jenjang sekolah dasar pada saat akan melaksanakan kegiatan belajar mengajar adalah yakni membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Mengembangkan serta membuat RPP merupakan salah satu dari kompetensi pedagogik yang harus di kuasai oleh pendidik. Kompetensi pedagogik adalah kompetensi yang mutlak perlu dikuasai pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pedagogik calon pendidik tingkat sekolah dasar dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran bermuatan nilai karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian field research atau studi lapangan. Penelitian kualititatif dimaknai sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Kebaruan dari penelitian ini adalah sekaligus menganalisis pembuatan RPP pada masa peserta didik belajar dari rumah akibat pandemi virus Covid-19. Hasil dari penelitian ini adalah rata-rata kemampuan pedagogik calon pendidik tingkat sekolah dasar dalam hal mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sesuai dengan Permendiknas No. 22 tahun 2016  bermuatan nilai karakter sudah baik. Akan tetapi calon pendidik pada saat mengembangkan komponen tujuan pembelajaran dan penilaian hasil belajar masih ada yang kurang tepat.

Kata Kunci: Pedagogik, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Nilai Karakter

References

Character Education Partnershi. (2010). Washington, DC.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dharma Kesuma, Cepi Triatna, Johar Permana. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Doni Koesoema A. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Husen, A., Japan, M., kardiman,Y. (2010). Model Pendidikan Karakter, Jakarta: UNJ.

Kementerian Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. (2010). Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). Jakarta. bermutuprofesi.org.

Mulyasa. (2010). Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nurul Zuriah. (2007). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif

Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016.

Sjarkawi. (2006). Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.

Article Metrics
Abstract views: 48
pdf downloads: 34
Published
2020-08-31
How to Cite
Auliya Vilda Ghasya, D., & Sabri, T. (2020). KEMAMPUAN PEDAGOGIK CALON PENDIDIK TINGKAT SEKOLAH DASAR DALAM MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERMUATAN NILAI KARAKTER. Jurnal Tunas Bangsa , 7(2), 160-173. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i2.1175
Section
Articles