PERSEPSI GURU SDN 1 KOTA BANDA ACEH TERHADAP UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN ANAK DALAM MENJALANKAN DISIPLIN

  • Ayuningsih Universitas Serambi Mekkah
  • Faisal Anwar Universitas Serambi Mekkah
  • Hafidh Maksum Universitas Serambi Mekkah
Keywords: Child protection laws, To discipline students, Teacher`s perception

Abstract

After the enactment of the UUPA in Indonesia, many educators have to deal with law enforcers, these educators are rendered helpless in enforcing discipline in schools. The purposes of this study were : 1) to find out teachers' perceptions of UUPA in enforcing discipline on students at SD Negeri 1 Banda Aceh. 2) to determine the effect of UUPA in enforcing discipline on students at SD Negeri 1 Banda Aceh. 3) To find out what teachers should do so that they do not get entangled with the UUPA in disciplining students at SD Negeri 1 Banda Aceh. The approach in this research used qualitative research. The subjects in this study were 6 classroom teachers at SD Negeri 1 Banda Aceh. Data collection techniques in this study used observation and interviews. Data were analyzed using data reduction, and conclusion drawing / verification. The results showed that the teachers at SD Negeri 1 Banda Aceh have a positive perception of the application of UUPA in enforcing discipline in students. The UUPA has a positive influence on teachers in enforcing discipline in students, so that students can be educated in a good and correct way to realize the importance of discipline for themselves. The teachers take appropriate disciplinary action against students so that they were not entangled with the UUPA. The give punishments  were tend to educate students, not to hurt students both physically and psychologically.

Abstrak

Setelah diberlakukanya UUPA di Indonesia tidak sedikit para pendidik harus berurusan dengan penegak hukum, para pendidik ini dibuat seperti tidak berdaya dalam menegakkan disiplin di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui persepsi para guru terhadap UUPA dalam menengakkan disiplin pada siswa di SD Negeri 1 Banda Aceh. 2) untuk mengetahui pengaruh UUPA dalam menengakkan disiplin pada siswa di SD Negeri 1 Banda Aceh. 3) Untuk mengetahui hal-hal yang harus dilakukan oleh para guru agar tidak terjerat dengan UUPA dalam mendisiplinkan siswa di SD Negeri 1 Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah 6 orang guru kelas di SD Negeri 1 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan data reduction, dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru di SD Negeri 1 Banda Aceh memiliki persepsi positif terhadap penerapan UUPA dalam menegakkan kedisiplinan pada siswa. UUPA memberikan pengaruh yang positif bagi guru dalam menegakkan disiplin pada siswa, sehingga siswa dapat didik dengan cara yang baik dan benar agar menyadari pentingnya disiplin bagi dirinya sendiri. Guru melakukan tindakan pendisiplinan yang wajar kepada siswa agar tidak terjerat dengan UUPA. Hukuman yang diberikan lebih kepada mendidik siswa, bukan menyakiti siswa baik secara fisik maupun secara psikis.

Kata Kunci: Undang-Undang Perlindungan Anak, Mendisiplinkan Siswa, Persepi Guru

References

Bismar Siregar. (2017). Keadilan Hukum dalam Berbagai Aspek Hukum Nasional,. Jakarta: Universitas Diponegoro.

Gosita. (2016). Masalah Korban Kejahatan. Jakarta: CV Akademika Pressindo.

Hamalik. (2016). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hadianti. (2008). Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal uniga. Vol. 02. No 01 (www.journal.uniga.ac.id).

Hadisubrata. (2016). Meningkatkan Intelegensi Anak. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Heri. (2016). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maidin Gultom. (2017). Perlindungan Hukum Terhadap Anak dalam Sistem Peradilan Pidana Anak di Indonesia, Refika Aditama, Bandung.

Saptono. (2017). Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter. Salatiga: Erlangga.

Slameto. (2017). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Wibowo. 2017. Manajemen Kinerja. Jakarta: raja Grafindo.

Sukmadinata. (2015). Metode penenelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Jakarta: raja Grafindo.

Tu’u. (2016). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,

Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157.

Article Metrics
Abstract views: 210
pdf downloads: 585
Published
2020-08-31
How to Cite
Ayuningsih, Faisal Anwar, & Hafidh Maksum. (2020). PERSEPSI GURU SDN 1 KOTA BANDA ACEH TERHADAP UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN ANAK DALAM MENJALANKAN DISIPLIN. Jurnal Tunas Bangsa , 7(2), 189-203. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i2.1176
Section
Articles