PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DAN AKTIVITAS SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA DI KELAS V SDS GRACIA SUSTAIN MEDAN

  • Juliana Juliana Universitas Katolik Santo Thomas
Keywords: Scientific Approach, Expository Approach, Learning Outcomes, And Student Activities

Abstract

This research is based on: (1) students have not been able to apply ideas, opinions in writing specifically in descriptive writing; (2) teachers have not used innovative learning approach, so student learning activities did not increase; (3) the learning outcomes in descriptive writing on 5th grade student Gracia Sustain is low. This research is a quasi-experimental research. The population research are students of class Va and Vb Gracia Sustain Private Elementary School. The sample in this research is class Va  as the control class that consist of 28 students which were taught using the an expository approach and for class Vb for the experimental class which were taught using scientific approach. The instruments used were: (1) the learning outcomes test, that was descriptive writing essay test; (2) student learning activity observation sheet. Those instruments had fulfilled the terms of content validity, construct validity and reliability coefficient. The findings of the research showed that: (1) the learning outcomes of students who received the scientific learning approach got mean score = 71.607 while the learning outcomes of student were using expository approach got the mean score = 53,929 (μA1> μA2); (2) based on the results of data calculations can be seen that students who were taught using high learning activity got mean score = 66.724, while the learning outcomes of students were taught using low learning activity got the mean score = 58,519; and (3) the hypothesis result testing showed that there is no interaction between of the use of scientific approach and student activities towards students  ability in descriptive writing.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: (1) siswa belum mampu menuangkan ide, pendapat dalam bentuk tulisan secara khusus menulis deskripsi; (2) guru belum menggunakan pendekatan pembelajaran yang inovatif, sehingga tidak meningkatkan aktivitas siswa; (3) hasil belajar menulis deskripsi siswa kelas V SDS Gracia Sustain rendah. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah  siswa kelas Va dan Vb Sekolah Dasar Swasta Gracia Sustain dan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas Va untuk kelas kontrol sebanyak 28 siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan  ekspositori dan untuk kelas kontrol kelas Vb sebanyak 28 siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes hasil belajar yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk essay test menulis deskripsi; (2) lembar observasi aktivitas siswa. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validitas isi dan validitas konstruk serta koefisien reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik memperoleh nilai rata-rata 71.607 sedangkan hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan ekspositori memperoleh nilai rata-rata 53.929 ( ; (2) berdasarkan hasil perhitungan data dapat diketahui bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan aktivitas tinggi memperoleh nilai rata-rata = 66.724, sedangkan hasil belajar kemampuan menulis deskripsi yang menggunakan aktivitas rendah memperoleh nilai rata-rata = 58.519; dan (3) hasil pengujian hipotesis diperoleh tidak terdapat interaksi antara pendekatan saintifik dan aktivitas siswa terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa.

Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Pendekatan Ekspositori, Hasil Belajar, dan Aktivitas Siswa

References

Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, Sulastri, dkk. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Lingkungan terhadap Ketrampilan Menulis Siswa Kelas IV. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol 3. No : 1. 2015, 2-4.

Hamalik, Oemar. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Heriasa, I KM, dkk. (2014). Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Ketrampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas V SD Semester Ganjil Di Gugus VI Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol : 2, No:1, 2014, 2-3.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia IKAPI.

Kemdikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Kurniasih, dkk. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Mahargyani, dkk. (2012). Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Metode Field Trip Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Volume I Nomor 2, Agustus 2012, ISSN 12302-6405, 30-44.

Mahsun, M.S. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Malika, Azizah dkk. Februari 2010. “Deskripsi dengan Metode Field Trip”. Jurnal Penelitian Humaniora. 2010: UPI

Marhaeni, dkk. (2014). Implementasi Pembelajaran Tematik Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Kemampuan Calistung Siswa Kelas SD Negeri 7 Sesetan. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 4 Tahun 2014), 1-2.

Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Menengah.

Sani, Ridwan Abdullah. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sardiman, A.M, (2009). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Semi, M. Atar. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Sufanti, Main. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Belajar dari Ohio Amerika Serikat.http://publikasiilmiah.ums.ac.id diakses 16 November 2014

Sukerti, N.N, dkk. Pengaruh Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Pendekatan Saintifik Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tibubeneng Kuta Utara. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, Volume 4, 2014

Wijayanti, A. (2014). Pengembangan Autentic Assesment Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan ketrampilan Berpikir Ilmiah Mahasiswa. Semarang:http://journal.unnes.ac.id

Wulandari, Asih. (2015). “Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA” Jurnal Penelitian. 2015 : UNY

Yamin, Martinis. (2009). Manajemen Pembelajaran Kelas: Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Zulkarnaini. (2011). Model Koperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dan Berpikir Kritis. Jurnal Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Edisi Khusus No. 2, Agustus 2011, 144-153.

Article Metrics
Abstract views: 302
pdf downloads: 754
Published
2020-08-31
How to Cite
Juliana, J. (2020). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DAN AKTIVITAS SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA DI KELAS V SDS GRACIA SUSTAIN MEDAN. Jurnal Tunas Bangsa , 7(2), 295-309. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i2.1178
Section
Articles