EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA UNTUK PESERTA DIDIK DI KELAS V SDN KEBON BESAR 1 KOTA TANGERANG

  • Umi Sumiati As Universitas Negeri Jakarta
  • I Made Astra Universitas Negeri Jakarta
  • Rusmono Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Adiwiyata Program, Program Evaluation, Habit

Abstract

This evaluation study was conducted aimed to find out how effective the Adiwiyata program was in habituating Kebon BESAR SDN 1 students in Tangerang City. In this study is a program evaluation with a qualitative approach using the CIPP model developed by Stufflebeam which includes 4 (four) components, namely: 1) context (Countek), 2) Input (Input), 3) Process (Process), 4) Results (Product). Data retrieval is done by observation, interviews, documentation studies, and questionnaires. The Adiwiyata school program is evaluated as follows: 1) UKS, 2) Thursday without plastic, 3) Bathroom cleanliness, 4) Learning innovations, 5) Saturday lunch, 6) Biopori, 7) Swimming, 8) Plant nurseries, 9) Parks . Evaluation results have shown that habituation effectiveness reaches 84, 45% results with this indicating that the Adiwiyata school program has a very good contribution to the habituation of Kebon Besar 1 Elementary School students in Tangerang City. The results of this study imply that the school adiwiyata program needs to be implemented as part of how to habituate students.

Abstrak

Penelitian evaluasi ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif program Adiwiyata dalam pembiasaan peserta didik SDN Kebon BESAR 1 Kota Tangerang. Dalam penelitian ini merupakan evaluasi program dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan model CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam yang mencakup 4 (empat) komponen yaitu: 1) kontek (Countek), 2) Masukan(Input), 3) Proses (Process), 4) Hasil (Product). Pengambilan data yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan angket. Program Adiwiyata sekolah yang dievaluasi sebagai berikut: 1) UKS, 2) kamis tanpa plastik, 3) Kebersihan kamar mandi, 4) Inovasi pembelajaran, 5) Sabtu bersi, 6) Biopori, 7) Kolam, 8) Pembibitan tanaman, 9) Taman. Hasil evaluasi telah menunjukan bahwa efektifitas pembiasaan mencapai hasil 84, 45 % dengan ini menunjukan bahwa program Adiwiyata sekolah memiliki kontribusi yang sangat baik terhadap pembiasaan peserta didik SDN Kebon Besar 1 Kota Tangerang. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa program adiwiyata sekolah perlu dilaksanakan sebagai bagian dari cara pembiasaan peserta didik.

Kata kunci : Program Adiwiyata, Evaluasi Program, Pembiasaan

References

Anonimous. (2017).Panduan Adiwiyata Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. E-B00k,

Azrai dkk. (2017). The Correlation Between Environmental Awareness and Student Participation In Go Green School Activity At Adiwiyata School (Jurnal Pendidikan Biologi, Vol.10 No. 2,7-11 Issn: 0853-2451. Hal.10.

Hendrawati, Leny. Ketua Tim Program Adiwiyata Pedoman Kegiatan SDN Kebon Besar 1 Kota Tangerang.

Hidayatullah. (2017). Implementasi Program Adiwiyata DI SD Islam AL-Azhar 29 BSB Semarang 2016.

Iswari, Rizky Dewi., Suyud W. Utomo. Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Peserta didik. (Jurusan Ilmu Lingkungan).

Kadorodasih. (2017). Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Program Adiwiyata di SDN Giwangan Yogyakarta. (Jurnal Hanata Widya Volume 6 N0.4).

Muslicha, A. (2015). Metode pengajaran dalam pendidikanlingkungan hidup pada siswa sekolah dasar (Studi pada sekolah adiwiyata DKI Jakarta), Jurnal pendidikan, Vol.16 no. 2.

Rahmah dkk. (2014). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata ( studi pada SDN Manukan kulon III/540 Kota Surabaya), Jurnal Administrasi Publik (JAP) Fakultas Ilmu Administrasi Univ. Brawijaya, Vol. 2, no, 2.

Rismawati, Tri. (2013). Efektivitas Program Adiwiyata Sebagai Upaya Penanaman Rasa Cinta Lingkungan di SMP Negeri 3 Malang, (Malang: Universitas Negeri Malang, 2013). Tentang Program Adiwiyaat, (Permen LH No. 05).

Yusnidar, Takarina dkk. (2015). Peran Serta Warga Sekolah Dalam Mewujudkan Program adiwiyata di SMP Wilayah Semarang Barat. Journal of Educational Social Studies: (Universitas Negeri Semarang).

Article Metrics
Abstract views: 351
pdf downloads: 676
Published
2020-08-31
How to Cite
Umi Sumiati As, I Made Astra, & Rusmono. (2020). EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA UNTUK PESERTA DIDIK DI KELAS V SDN KEBON BESAR 1 KOTA TANGERANG. Jurnal Tunas Bangsa , 7(2), 310-326. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i2.1181
Section
Articles