PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MODEL MENULIS KOLABORASI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR

  • Jafarudin Jafarudin Universitas Sulawesi Tenggara
  • La Sisi Universitas Sulawesi Tenggara
Keywords: Learning, Cooperative, Character, Collaborative

Abstract

The purpose of this study is that teachers can develop a cooperative learning model type STAD with a character education-based collaborative writing model to improve text writing skills in elementary school Indonesian language learning. This type of research is a classroom action research (PTK) which is conducted at SD Negeri 11 Barangka, Muna Barat Regency. The stages of this research began with planning, namely identifying problems, preparing solutions, preparing learning tools and media to be used. Next is the implementation stage, with the application of the theory offered for problem solving, data collection, analysis and evaluation. The types of data in this study are qualitative data and quantitative data. The subjects of this study were students and teachers. How to collect data about student activities during learning activities is observed based on direct observation using observation sheets. Data about student learning outcomes on writing material is taken through the final cycle test. The instruments used in this study consisted of two types, namely observation sheets and learning outcomes tests. Observation sheets are used to determine teacher activities and student activities during the learning process. Learning outcome tests are used to determine student learning outcomes in each cycle. Data analysis about the implementation of learning activities is calculated by dividing the number of activities carried out by the number of all activities. Data analysis on students' writing skills was calculated by comparing the acquisition score with the student's maximum score. The conclusion of this study states that the development of cooperative learning model type STAD with collaborative writing model can improve text writing skills in Indonesian language learning at SD Negeri 11 Barangka, West Muna Regency.

Abstrak

Tujuan penelitian  ini  yaitu  agar guru dapat mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model menulis kolaboratif berbasis pendidikan karakter  untuk meningkatkan keterampilan menulis teks pada pembelajaran bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 11 Barangka Kabupaten Muna Barat. Tahapan penelitian ini dimulai dari perencanaan, yaitu mengidentifikasi masalah, menyiapkan solusi, menyiapkan perangkat dan media pembelajaran yang akan digunakan. Selanjutnya yaitu tahap pelaksanaan, dengan penerapan teori yang ditawarkan untuk pemecahan masalah, pengumpulan data, analisis dan evaluasi. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.  Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru. Cara pengambilan data tentang aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran diamati berdasarkan pengamatan langsung dengan menggunakan lembar observasi.  Data tentang hasil belajar siswa pada materi menulis diambil melalui tes akhir siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis, yaitu lembar observasi dan tes hasil belajar. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada setiap siklus. Analisis data tentang keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dihitung dengan membagi jumlah kegiatan yang dilaksanakan dengan jumlah seluruh kegiatan. Analisis data tentang keterampilan menulis siswa dihitung dengan membandingkan skor perolehan dengan skor maksimal siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model menulis kolaborasi dapat meningkatkan keterampilan menulis teks pada pembelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 11 Barangka, Kabupaten Muna Barat.

Kata Kunci:  Pembelajaran, Kooperatif, Karakter, Kolaboratif

References

Abidin, Y. (2013). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Kristiyani, A. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Di PG-TPA Alam Uswatun Khasanah Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(3).

Pantu, A & Luneto, B. 2014. Pendidikan Karakter dan Bahasa. Jurnal Al-Ulum, 14(1).

Bakri, Y., Syamsuddin, & Barasandji, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dalam Memahami Isi Cerita Pendek pada Siswa Kelas V SDN 25 Ampana. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(4).

Sulistiyowati, E. 2013. Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edukasia Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).

Ismawati, E., Santosa, G.B., dan Ghofir, A. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Sastra Indonesia Berbasis Pendidikan Karakter di SMA/SMK Kabupaten Klaten. Jurnal Metasastra, 9(2).

Nugrahani, F. 2017. Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Materi Membaca Novel Sastra. Jurnal Edudikara, 2(2).

Fathurrohman, P., Suryana, A., & Fatriany, F. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter.

Harlina & Wardarita, R. 2020. Peran Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1).

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual:Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Setiawati, L. 2015. Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan, 16(1).

Marysa, R., Hilal, I., & Agustina, E.S. 2014. Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMPN 1 Gunungsugih. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 3(3).

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Setiawati, L. (2015). Pembentukan Karakter Siswa Melalu Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan, 6(1).

Slavin. (2011). Psikologi Pendidikan:Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.

Sulistiyowati, E. (2014). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Elementary, 2(1).

Yusana, D. M. W., Putrayasa, I. B., & Sudiana, I. N. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karakter Bangsa pada Siswa SMK Negeri 2 Tabanan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Pendidian Genesha Singaraja, 2().

Article Metrics
Abstract views: 133
pdf downloads: 116
Published
2021-02-28
How to Cite
Jafarudin, J., & Sisi, L. (2021). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MODEL MENULIS KOLABORASI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Bangsa , 8(1), 1-18. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i1.1247
Section
Articles