ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI BUKIT TIGA ACEH TIMUR

  • Nurul Fadillah Universitas Sains Cut Nyak Dhien
  • Ida Safitri Universitas Sains Cut Nyak Dhien
Keywords: Motivation, Natural Science Learning, Types of Motivation

Abstract

Good learning is created because of the good motivation given by a teacher to students. Motivation already exists in humans but it emerges because of encouragement, one of which is from a teacher who always provides direction, attention and always encourages students so that students always learn to be successfull people later. This research was conducted at SD Negeri Bukit Tiga Aceh Timur with the sample of the study were fifth grade students of SDN Bukit Tiga. The method used in this research is descriptive survey technique. The data collection instruments used in this study were validation instrument sheet, learning outcomes test, quetionnaires and observation sheets. The result showed that the most chosen motivation given by teachers to students in science learning at SDN Bukit Tiga was the giving of prizes (Rewards) with veri high learning motivation (MBST) followed by attention that had high learning motivation (MBT) and giving punishmant with hig learning motivation (MBT).

Abstrak

Pembelajaran yang baik tercipta karena adanya motivasi yang baik yang diberikan oleh seorang guru kepada siswa. Motivasi memang sudah ada dalam diri manusia tetapi kemunculannya terjadi karena adanya dorongan, salah satunya dari seorang guru yang selalu memberikan arahan, perhatian dan selalu memberikan semangat kepada siswa agar siswa selalu belajar menjadi orang yang berhasil nantinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Bukit Tiga Aceh Timur dengan sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN Bukit Tiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik survey. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar instrumen  validasi, tes hasil belajar, angket dan lembar observasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa motivasi yang paling banyak dipilih yang diberikan oleh guru kepada siswa dalam pembelajaran IPA di SDN Bukit Tiga adalah pemberian hadiah (Reward) yang memiliki motivasi belajar sangat tinggi (MBST) disusul dengan perhatian yang memiliki motivasi belajar tinggi (MBT), dan pemberian hukuman (Punishment) yang memiliki motivasi belajar tinggi (MBT).

Kata Kunci: Motivasi, Pembelajaran IPA, Jenis Motivasi

 

References

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta; Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2012). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dimyati dan Mudjiono, (2014). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Febriana, D. (2011). Landasan pendidikan. Jakarta: Pustaka Baru Press

Hasbullah. (1994). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan, M. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Sardiman. (2017). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Kara, Y., Yesilyurt. (2011). Comparing the impact tutorial and edutainment siftwarc program on students’ achievement, misconception, and attitudes toward biology. Journal Science Education and Technology, 17: 32-41.

Novak, J.D. & Canas. A. (2014). Building on new contructivist ideas and cmap tools to create a new model for education. Proceedings of the First Int. Conference on Concept Mapping, Pamplona, Spain. 1st June.

Sardiman. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. SELING: Jurnal Program Studi PGSD

Article Metrics
Abstract views: 1241
pdf downloads: 775
Published
2021-02-28
How to Cite
Fadillah, N., & Ida Safitri. (2021). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI BUKIT TIGA ACEH TIMUR. Jurnal Tunas Bangsa , 8(1), 75-87. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i1.1362
Section
Articles