ANALISIS KESULITAN DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI PANCASILA DI SEKOLAH DAN DI RUMAH SISWA KELAS V SD NEGERI 054870 TANJUNG JATI KEC. BINJAI KAB. LANGKAT

  • Juwita Tindaon Universitas Quality Berastagi
  • Eti Muliani Universitas Quality Berastagi
Keywords: Application of Pancasila Values

Abstract

This data was conducted at SD Negeri 054870 Tanjung Jati Kec. Binjai Kab. Langkat, where the samples of this study were all fifth grade students of SD Negeri 054870 Tanjung Jati Kec. Binjai Kab. Langkat, amounting to 27 students. This study aims to determine what difficulties students face in applying Pancasila values ​​at school and at home. Data collection tools in this study were questionnaires and interviews. The questionnaire is to know the description of the application of Pancasila values ​​at school and at home, while the interview is to find out what difficulties students face in applying Pancasila values. The data analysis used in this research is the presentation test, based on the data analysis conducted by the researcher, it is obtained a description of the students in applying the Pancasila values ​​in school, the presentation is 44.44% and it means that it is in the fairly good category while the description of students in applying the values Pancasila at home obtained a percentage of 40.72% and is in the good category. While the difficulties faced by students in applying Pancasila values ​​based on interviews are that teachers do not provide good examples in school, students do not understand the values ​​contained in Pancasila, parents do not provide an understanding of the application of Pancasila values.

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 054870 Tanjung Jati Kec. Binjai Kab. Langkat, dimana yang menjadi sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 054870 Tanjung Jati Kec. Binjai Kab. Langkat yang berjumlah 27 orang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan apa sajakah yang dihadapi sisiwa dalam menerapkan nilai-nilai pancasila di sekolah dan dirumah. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara. Angket untuk mengetahui gambaran penerapan nilai-nilai pancasila di sekolah dan di rumah sedangkan wawancara untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dihadapi siswa dalam menerapkan nilai-nilai pancasila. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji presentasi, berdasarkan analisis data yang dilakukan oleh peneliti diperoleh gambaran siswa dalam menerapkan nilai-nilai pancasila di sekolah diperoleh presentasi 44,44% dan termaksud ke dalam kategori cukup baik sedangkan gambaran siswa dalam menerapkan nilai-nilai pancasila di rumah diperoleh presentasi 40,72% dan termaksud dalam kategori baik. Sedangkan kesulitan yang dihapi siswa dalam menerapkan nilai-nilai pancasila berdasarkan wawancara adalah guru kurang memberikan contoh yang baik di sekolah, siswa tidak memahami nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila, orang tua kurang memberikan pemahaman tentang penerapan nilai-nilai pancasila.

Kata Kunci: Penerapan Nilai-Nilai Pancasila

References

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Al Marsudi, Subandi. (2000). Pancasila dan UUD 1945 Dalam Paradigma Reformasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryono, dkk. (2011). Pengantar Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kaelan. (2014). Pendidikan Pancasila Pendidikan untuk Mewujudkan Nilai-nilai Pancasila, Rasa Kebangsaan dan Cinta tanah Air Sesuai dengan SK. Dirjen Dikti No. 43/Dikti/Kep/2006. Yogyakarta: Paradigma.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Penjelasan Umum.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Batang Tubuh.

Tap MPR No. I/MPR/2003. Tentang Perubahan Nilai-Nilai Pancasila. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edi. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Data Pokok SD Negeri 054870 Tanjung Jati. Online 2020. Di Akses https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sekolah/D570735120AFB0F 98526.

Sudjana. (2016). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Suharsimi Arikunto. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfa Beta.

Article Metrics
Abstract views: 4324
pdf downloads: 1403
Published
2021-02-28
How to Cite
Tindaon, J., & Eti Muliani. (2021). ANALISIS KESULITAN DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI PANCASILA DI SEKOLAH DAN DI RUMAH SISWA KELAS V SD NEGERI 054870 TANJUNG JATI KEC. BINJAI KAB. LANGKAT . Jurnal Tunas Bangsa , 8(1). https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i1.1370
Section
Articles