PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA PADA MATERI SEMANGAT KEPAHLAWANAN DAN CINTA TANAH AIR DI MIS GAMPONG MUTIA

  • Intan Rizqi Sujarwo Universitas Sains Cut Nyak Dhien
  • Erni Sumarti Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Sains Cut Nyak Dhien
Keywords: Learning Achievement, Picture Media, Social Studies Learning

Abstract

Proses belajar mengajar di sekolah dasar saat ini, bukan hanya menggunakan metode ceramah konvensional, namun dalam meningkatkan prestasi belajar siswa tenaga pendidik juga dapat dibantu dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat. Hal tersebut dilakukan agar materi pembelajaran dapat di terima dengan mudah oleh peserta didik, salah satu media yang dapat digunakan adalah media gambar dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SD antara metode ceramah konvensional dengan ceramah berbantuan media gambar dalam pembelajaran IPS pada materi semangat kepahlawanan dan cinta tanah air di MIS Gampong Mutia Kota Langsa Aceh. Penelitian ini dilakukan dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Gampong Mutia Kota Langsa Aceh dengan sample siswa IV yang terdiri dari 2 kelas yang tebagi dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah descriptive dengan menggunakan teknik analisis yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu keadaan secara objectif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan test hasil belajar (angket). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan media gambar pada materi semangat kepahlawanan dan cinta tanah air pada bidang studi IPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MIS Gampong Mutia. Hal ini dapat dilihat dari hasil pre tes dan postest. Rata-rata nilai pre test 64,69 dan rata-rata nilai posttest 85,94, walaupun minat belajar siswa MIS dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran pembelajaran IPS pada materi semangat kepahlawanan dan cinta tanah air masih kurang.  

A B S T R A C T

Teaching and learning process in elementary schools is not only uses the conventional lecturing method, but in improving student achievement the teachers can also be assisted by using appropriate learning media. It purposed to assisted the learning materials can be accepted easily by students, one of the media that can be used is picture media in social studies learning. This aims of the study to describe the use of picture media and to determine the improvement of elementary school students' learning outcomes between conventional lecturing methods and picture assisted lecturing in social studies learning on the title of heroism and devotion to the country at MIS Gampong Mutia, Langsa City, Aceh. This research was conducted at the Private Islamic Primary School, Gampong Mutia, Langsa City, Aceh. The sample of this study is fourt grade students. It is consist of two classes which were divided into a control class and an experimental class. The method of this study is descriptive method by using analytical techniques that aim to provide an objective description of a situation. The data collection instruments used in this study were observation sheets and learning outcomes tests (questionnaires). The results of this study showed that the use of picture media in the material of heroism and devotion to the country of social studies could improve the learning achievement of the fourth grade students of MIS Gampong Mutia. This can be seen from the results of the pre-test and post-test. The average pre-test score is 64.69 and the average post-test score is 85.94, although the interest in learning MIS students by using picture media in social studies learning on the title of the heroism and devotion to the country is still lacking.

References

Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bloom, Benyamin S. 1981. Taxonomi of Educational Objectives. New York: Longman.

Degeng, I Nyoman Sudana. 1993. Buku Pegangan Teknologi Pendidikan. Jakarta: PAU-UT.

Djamarah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Epinur, Syahri, W., & Adriyani. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Pada Materi Elektrokimia untuk Kelas XII SMAN 8 Kota Jambi dengan Menggunakan Software Prezi. J. Ind. Soc. Integ. Chem, 6(1): 13-22.

Marlini,dkk. 2019.praktikalitas penggunaan media pembelajaran membaca permulaan berbasis macromedia flash. Jurnal Tunas Bangsa , 6(2), 277-28. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/965

Musdiani,dkk. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKN Materi Nilai -Nilai Pancasila dalam Praktik Penyelenggaraan Pemerintah pada Siswa Kelas X SMAN 5 Kota Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa , 7(1), 73-86. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i1.977

Prihatin, Eka. 2008. Guru Sebagai Fasilitator. Bandung: Karsa Mandiri Persada.

Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sriyono, dkk. 1992. Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suprihatiningrum, J. 2013. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprihatiningrum, J.2016. Stategi Pembelajaran. Jogjakarta, Ar-Ruzz Media.

Widiastika,I Gede. 2017. Prestasi Belajar IPS Siswa SMP dalam Lingkungan Belajar Inkuiri Berbantuan Lembar Kerja Siswa. Jurnal Tunas Bangsa , 4(2), 163-172. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/639

Article Metrics
Abstract views: 476
PDF downloads: 566
Published
2022-03-08
How to Cite
Sujarwo, I. R., & Sumarti, E. (2022). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA PADA MATERI SEMANGAT KEPAHLAWANAN DAN CINTA TANAH AIR DI MIS GAMPONG MUTIA. Jurnal Tunas Bangsa , 9(1), 53-63. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v9i1.1494
Section
Articles