PENERAPAN METODE COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA
Abstract
The low motivation and student learning outcomes are the main basis for this research to be carried out. The purpose of this study was to determine whether the jigsaw cooperative learning method could increase the motivation and learning outcomes of PGSD students at HKBP Nommensen Pematangsiantar University. This study uses the Classroom Action Research method. Data collection methods in this study were documentation, interviews, questionnaires, and observation. The data analysis technique in this study is a qualitative descriptive technique. Operational steps of research include planning, action, observation, reflection. The results showed that the application of the jigsaw type of cooperative learning method can increase student motivation and learning outcomes. The value of motivation and learning outcomes in learning for the pre-cycle ranged from 2.5%-72.5% or an average indicator of 40.83%. The value of motivation and learning outcomes in the first cycle ranged from 30%-100% or the average percentage of indicators reached 70.42%. The target for the learning motivation questionnaire is the average indicator of each aspect reaches more than or equal to 75%. The value of learning motivation for the second cycle ranged from 75%-79.38%. The average indicator is 76.44%. From the percentage and average value of pre-cycle, cycle I, and cycle II, it can be concluded that the jigsaw type cooperative learning method can improve motivation and learning outcomes of PGSD students at HKBP Nommensen Pematangsiantar University.
Abstrak
Rendahnya motivasi dan hasil belajar mahasiswa menjadi dasar utama penelitian ini dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa PGSD Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, angket, dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif. Langkah operasional penelitian meliputi tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Hasil Penelitian menunjukkan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Nilai motivasi dan hasil belajar dalam pembelajaran untuk prasiklus berkisar antara 2,5%-72,5% atau rata-rata indikator sebesar 40,83%. Nilai motivasi dan hasil belajar pada siklus I berkisar antara 30%-100% atau rata-rata persentase indikator yaitu mencapai 70,42%. Target untuk angket motivasi belajar adalah rata-rata indikator tiap aspek mencapai lebih dari atau sama dengan 75%. Nilai motivasi belajar untuk siklus II berkisar antara 75%-79,38%. Rata-rata indikator sebesar 76,44%. Dari persentasi dan rata-rata nilai prasiklus, siklus I, dan siklus II dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa PGSD Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar.
Kata kunci : Metode Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw, Motivasi dan Hasil Belajar
References
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008
Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 221–228. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Juwita, R. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Koperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan motivasi dan ketuntasan hasil belajar siswa pada materi senyawa hidrokarbon di kelas X-C SMA Negeri 1 Bontang. Jurnal Manajemen Dan Teknologi, 4(5), 586–597.
Kelly, S., Olney, A. M., Donnelly, P., Nystrand, M., & D’Mello, S. K. (2018). Automatically Measuring Question Authenticity in Real-World Classrooms. Educational Researcher, 47(7), 451–464. https://doi.org/10.3102/0013189X18785613
Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
Komang, N., Yunita, D., Ketut, N., Tristiantari, D., Dasar, J. P., & Ganesha, U. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar. 1(2), 96–107.
Manizar, E. (2015). Peran Guru Sebagai Motivator dalam Belajar. Tadrib, 1(2).
Masni, H. (2015). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–45.
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP
Nurfitriyanti, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. 7(2), 153–162.
Nurjaya, G. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Metode Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Aplikatif Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 1(2), 102–111. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v1i2.4490
Ridha, D. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 108–118. https://bit.ly/3xiiZKm
Slavin. (2008). Cooperative Learning (Cooperative Learning).Alih bahsa : Nurlita Yusron.. Bandung: Nusa Media
Solikha, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Menghitung Volume Bangun Ruang Melalui Model Pembelajaan Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas VI SDN Cangkringsari Sukodono. Urnal Tunas Bangsa, 5(1), 21–32.
pdf downloads: 1918