PENGARUH PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA DI SDIT INSAN UTAMA 2 PEKANBARU

  • Hersi Nopita Universitas Islam Riau
  • Febrina Dafit Universitas Islam Riau
Keywords: School Literacy Movement Program, Reading Interest

Abstract

Reading is a process to obtain information and knowledge, but in fact the problems that accur in student’s low reading skills can be overcome by the formation of the GLS. The purpose of this study was to determine the influence and barriers of the School Literacy Movement Program on Students’ Reading Interest at SDIT Insa Utama 2 Pekanbaru. This study uses a quantitative approach. The  sample of this study amounted to 49 students. The instruments used in this study were aquestionnaires and interviews. To determine th effect oh the school literacy movement program on students’ reading interest at SDIT Insan Utama 2 Pekanbaru, the researchers used sample regression data analysis. Test the validity of the data with validity and reliability tests. From the results of the study, it was found that the literacy movement program on students’ reading interest at SDIT Insan Utama 2 Pekanbaru, with rxy = 0,565, r²xy = 0,320, and the value of tcount (4,700) > ttable (2,011) menaing that there wa an influence of the school literacy movement program on reading interest by significant. The obstacles that accur in the implementation of the literacy movement program at SDIT Insan Utama 2 Pekanbaru are students who are lazy to read, are constrained in a concise learning system, and the incompatibility of natural resources in managing the library.

Abstrak

 

Membaca merupakan suatu proses untuk memperoleh informasi dan ilmu pengetahun, namun kenyaataannya permasalahan yang terjadi rendahnya kemampuan membaca siswa dapat diatasi dengan dibentuknya GLS. tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh dan Hambatan Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di SDIT Insan Utama 2 Pekanbaru. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 49 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar angket dan wawancara. Untuk mengetahui pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa di SDIT Insan Utama 2 Pekanbaru, maka peneliti menggunakan analisis data regresi sederhana. Uji keabsahan data dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa program gerakan literasi terhadap minat baca siswa di SDIT Insan Utama 2 Pekanbaru , dengan rxy = 0,565, r²xy = 0,320, dan nilai thitung (4,700) > ttabel (2,011) artinya terdapat pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dengan signifikan. Hambatan yang terjadi pada pelaksanaan program gerakan literasi di SDIT Insan Utama 2 Pekanbaru yaitu siswa malas membaca, terkendala dalam sistem pembelajaran yang ringkas, dan ketidaksesuaiannya tenaga SDA dalam mengelola perpustakaan.

Kata Kunci:  Program Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aisyi, rizka., Syamsul G., & M Thamrin. (2020). Gerakan Literasi Sekolah: Pelaksanaan, Hambatan, Dan Solusi (Studi Kasus Di Sd Ghufron Faqih Surabaya). Jurnal Genta Mulia, 11(12), 93-105. Retrieved from https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/454 (Diakses 20 Agustus 2021)

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pres.

Faradina, Nindya. (2017). Pengaruh Program Gerakan Litarasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah. Jurnal Hanata Widya, 6(8), 60-68. Retrieved from https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/download/258/169/ (Diakses 1 Januari 2021)

Kasiun, Suharmono (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79-95. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpi/article/view/140 (Diakses 3 Januari 2021)

Kemendikbud. (2019). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Rahayu, Liza Ta’atiah Insani. (2016). Hubungan Minat Membaca Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Materi Menulis Karangan Pada Warga Belajar Kejar Paket C Di Pkbm Al-Firdaus Kabupaten Serang. Jurnal Untirta, 1(2): 188-201. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/1165/930 (Diakses 08 April 2021)

Riduwan & Akdon. (2013). Rumusan dan Data dalam Analisis Statistik. Bandung: Alfabeta.

Saputra. Suprian A. (2007). Statistika. Bandung: FPTK-UPI.

Silvia, Okeu Wila., & Dadan Djuanda (2017). Model Literature Based Dalam Program Gerakan Literasi Sekolah. Mimbar Sekolah Dasar, 4(2): 160-171. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/view/7799 (Diakses 23 Februari 2021)

Sugiyono. (2016). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2017 Tentang Standar Nasional Perpustakaan Sekolah.

Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penanaman Nilai Budi Pekerti.

Utami, Dewi et, al. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wandasari, Yulisa., Muhammad K., dan Yasir A. (2019). Policy Evaluation Of School’s Literacy Movement On Improving Discipline Of State High School Students. International Journal Of Scientific & Technology Research, Vol 8: 190-198.
Article Metrics
Abstract views: 1046
pdf downloads: 534
Published
2021-08-31
How to Cite
Nopita, H., & Dafit, F. (2021). PENGARUH PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA DI SDIT INSAN UTAMA 2 PEKANBARU. Jurnal Tunas Bangsa , 8(2), 134-147. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i2.1644
Section
Articles