ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VI SD DI ACEH BESAR

  • Wahidah Nasution Universitas Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Error, Book, Letter

Abstract

Textbook is one of the written works in the form of a book, intended to discuss a certain field which becomes a standard book for teachers and students in the learning process for instructional purposes and objectives, which is equipped with suitable teaching facilities and is easily understood by the users in schools. schools so that they can support teaching programs. The quality of books must be a concern for all parties because books are the main learning tool. This can be started from the use of language contained in the book. This study aims to find out the language errors contained in the class VI student book "Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti " in Aceh Besar. This library research involves various sources. Student books as the main source and other literature books as a supporter of the theory. The research findings obtained are in the form of errors: Use of capital letters, writing of affixes, writing of particle 'pun', use of punctuation, writing of absorption elements, and saltic. The conclusion shows that this book is good in using Indonesian because it contains a few language errors. The use of good and correct language dominates the contents of the book so that the book can be categorized as worthy of being a textbook.

Abstrak

 

Buku Ajar adalah salah satu karya tulis yang berbentuk buku, diperuntukkan membahas suatu bidang tertentu yang menjadi buku standar bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran untuk maksud dan tujuan instruksional, yang dilengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh pemakainya di sekolah-sekolah sehingga dapat menunjang program pengajaran. Kualitas buku harus menjadi perhatian semua pihak karena buku adalah sarana pembelajaran yang utama. Hal ini dapat diawali dari penggunaan bahasa yang terdapat dalam buku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan berbahasa yang terdapat pada buku siswa “Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti” kelas VI di Aceh Besar. Penelitian kepustakaan ini melibatkan berbagai sumber. Buku siswa sebagai sumber utama dan buku kepustakaan lain sebagai pendukung teori. Temuan penelitian yang diperoleh berupa kesalahan: Pemakaian huruf kapital, penulisan kata berimbuhan, penulisan partikel ‘pun’, pemakaian tanda baca, penulisan unsur serapan, dan saltik. Simpulan menunjukkan bahwa buku ini sudah baik dalam penggunaan bahasa Indonesia karena mengandung sedikit kesalahan berbahasa. Penggunaan bahasa yang baik dan benar mendominasi isi buku sehingga buku dapat dikategorikan layak sebagai buku ajar.

Kata Kunci:  Kesalahan, Buku, Ejaan

References

Ariningsih, N. E., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas. BASASTRA, 1(1), 130-141.

Cunningsworth, A. (1995). Choosing Your Course Book. Oxford: Heinemann. CUP.

Do, Khooleyoh. 2016. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Surat Dinas Himpunan Mahasiswa Patani (Selatan Thailand) di Indonesia (HMPI) Periode 2014 - 2016. Skripsi. Universitas Jember

Fajriyani, N., Ridho, M. R., & Laili, Q. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Di Bidang Diksi Dalam Buku Panduan Upt Perpustakaan Iain Surakarta Edisi 2018. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 55-68.

Hasanah, N. (2018). Analisis Kesalahan Gramatika Bahasa Indonesia dalam Surat Resmi di Kantor Desa Mamben Lauk. Prasasti: Journal of Linguistics, 3(1), 98-112.

Johan, G. M., & Simatupang, Y. J. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia secara Sintaktis dalam Proses Diskusi Siswa Kelas IV SDN MIRI. Visipena, 8(2), 241-253.

Johan, G. M. (2018). Analisis kesalahan berbahasa indonesia dalam proses diskusi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18(1), 136-149.

Muslich, Masnur. 2010. Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nugraheni, Aninditya Sri. 2017. Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Berbasis Pembelajaran Aktif. Jakarta: Kencana.

Nurwicaksono, B. D., & Amelia, D. (2018). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada teks ilmiah mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 138-153.

Prayudi, S., & Nasution, W. (2020). RAGAM BAHASA DALAM MEDIA SOSIAL TWITTER. Jurnal Metamorfosa, 8(2), 269-280.

Sumartono. 2010. “Program Buku Teks di DP3M Ditjen Dikti”. Makalah. Disampaikan dalam Lokakarya Penulisan dan Penerbitan BukuAkademik, LPP UNS, 2010.

Tarigan, Guntur H. 1988. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa.
Zenab, A. S. (2016). Kedwibahasaan Anak Sekolah Dasar dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(1)
Article Metrics
Abstract views: 36
pdf downloads: 30
Published
2021-08-31
How to Cite
Nasution, W. (2021). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VI SD DI ACEH BESAR. Jurnal Tunas Bangsa , 8(2), 148-161. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i2.1645
Section
Articles