PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
This research aims to determine the effect of an open-ended approach and teacher creativity on student achievement of class IV SD Negeri 122540 Pematangsiantar.This type of research is a quantitative study with a descriptive quantitative data analysis approach. The study population was 63 students of class IV SD Negeri 122540 Pematangsiantar, the study sample was 63 people. The sampling technique used was purposive sampling, where purposive sampling is a sampling technique carried out by taking the subject not based on strata, random or regional but based on the existence of certain objectives. The data collection technique used was a questionnaire (questionnaire). Hypothesis testing techniques using multiple regression, t test, F test, coefficient of determination. The result showed that there was a positive and significant effect of the open-ended approach and teacher creativity on the learning achievement of the fourth grade students of SD Negeri 122540 Pematangsiantar. The magnitude of the influence of the open-ended approach and teacher creativity on learning achievement of social science of students of class IV SD Negeri 122540 Pematangsiantar, namely 0.099 or 9.9%, the rest is influenced by other factors outside of this study.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan open-ended dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 122540 Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis data deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 122540 Pematangsiantar dengan jumlah 168 orang, sampel penelitian berjumlah 63 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dimana purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara mengambiil subjek bukan didasarkan atas strata, random atau daerah tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket). Tenik pengujian hipotesis menggunakan regresi berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi . Hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan pendekatan open-ended dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 122540 Pematangsiantar. Besar pengaruh pendekatan open-ended dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas IV Sekolah dasar negeri 122540 Pematangsiantar yaitu 0,099 atau 9,9% selebihnya dipengaruhi faktor lain diluar dari penelitian ini.
Kata Kunci:pendekatan open-ended, kreativitas guru, prestasi belajar
References
Andika, Kenny. 2016. “Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 89 Jakarta”. Jurnal Ilmiah Econosains. Vol. 14 No. 1, Maret 2016. E-ISSN: 2252-8490. http://doi.org/ 10.21009/econosains.014.1.8.
Andi Yudha, Asfandiyar. 2009. Kenapa Guru Harus Kreatif. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabetha.
Dalyono. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Erman, Suherman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA UPI.
Faridah Nenden. 2016. “Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa”. Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 1, No. 1.
Firqan Mukroma. 2019. “Pengaruh Kepribadian (Personality) dan integritas terhadap kreativitas guru SD Negeri di Kabupaten Aceh Singkil”. Jurnal Tunas Bangsa. Vol 6 No. 2, Agustus 2019 (266-276). Available online at https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/964/901
Ghifar Riyadhel. 2019. “Peningkatan Kreativitas Guru Melalui Pengembangan Supervisi Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi”. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol.7, No.2.
Guntur, Talajan. 2012. Menumbuhkan Kreativitas Dan Prestasi Guru. Yogyakarta: Laksbang Pressindo
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Koriyah Nur Vivi. 2015. “Pengaruh Open-Ended Terhadap Prestasi Belajar, Berpikir Kritis dan kepercayaan Diri Siswa SMP”. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 10 – Nomor 1, Juni 2015, (95-105). Available online at: http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras .
Miftahul Huda. 2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Millata Zamana dkk. 2018. Kreativitas Guru Dalam penerapan metode Pembelajaran Al’quran Hadits di MIN Rukoh Banda; Jurnal Tunas Bangsa. Volume 5 No. 2, (221-230) available online https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/948/886
Muhibbin Syah. 2013. Psikologi Pendidikan. Dengan Pendekatan Baru . Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nuryadi. 2014. Pendekatan Open Ended. Jurnal Pendidikan Matematika.
Retno, Indayani. 2002. Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran. Tulungagung: STAIN tulungagung.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharsimi, Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Tarnoto Nissa. “Pendekatan Kreativitas Siswa SMP Negeri 2 Moyudan Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan Ibu”.
Utami, Munandar. 2002. Kreativitas Dan Keterbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wicaksana Nugraha Made. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbantuan Media Audio Visual dan Motivasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2.
Zaiful Rosyid. 2019. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.
pdf downloads: 206