PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN 10 KOTA BANDA ACEH

  • Lili Kasmini Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Yosef Satria Universitas Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Video Media, Problem Solving Ability

Abstract

A B S T R A K

Pendidikan era digital, revolusi Industri 4.0 merupakan suatu fenomena yang merespon kebutuhan revolusi industri dengan menyesuaikan kurikulum baru sesuai situasi saat sekarang ini. Metode pendidikan sangat perlu diperhatikan khususya bagi para pendidik, karena dengan pemilihan metode, model dan media yang tepat itu akan menetukan keberhasilan seorang peserta didik dalam proses pembelajaran, sebaliknya jika para pendidik menggunakan pemilihan metode, model dan media yang tidak tepat atau tidak efektif maka akan menyebabkan pembelajaran yang monoton dan kurang berhasil. Salah satu referensi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran adalah berupa rekaman. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan media pembelajaran   animasi, siswa Kelas VB Sekolah Dasar Negeri 10 Banda Aceh pada materi ekosistem. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan rancangan penelitian “One group Pretest Posttest Design”. Hasil penelitian menunjukan bahwa diperoleh t hitung sebesar 23.862 lebih besar dari t tabel sebesar 2.06390 maka Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikani 5%. Jika dilihat dari nilai signifikansi terdapat nilai sig 0.000 < 0.05 maka signifikan. Dari segi hubungan, nilai pearson correlation terdapat 0.409. Jika dilihat dari signifikasi yaitu 0.002 < 0,05 maka Ho di tolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah penerapan media animasi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan media memiliki hubungan yang “Sedang” dengan kemampuan pemecahan masalah siswa Kelas VB Sekolah Dasar Negeri 10 Banda Aceh.

 

A B S T R A C T

Digital era education, the Industrial revolution 4.0 is a phenomenon that responds to the needs of the industrial revolution by adjusting the new curriculum according to the current situation. Educational methods really need to be considered especially for educators, because with the selection of the right methods, models and media it will determine the success of a student in the learning process, on the contrary if educators use the selection of inappropriate or ineffective methods, models and media it will lead to monotonous and less successful learning. One of the references that can be used as learning media is in the form of recordings. The purpose of this study was to determine the improvement of students' problem solving skills using animation learning media, students of Class VB of State Elementary School 10 Banda Aceh on ecosystem material. The type of research used is quantitative with a research design of "One group Pretest Posttest Design". The results showed that the obtained t count of 23,862 is greater than the t table of 2,06390, so Ho is rejected and Ha is accepted at a significance level of 5%. If seen from the significance value, there is a sig value of 0.000 < 0.05, so it is significant. In terms of relationships, the Pearson correlation value is 0.409. If seen from the significance of 0.002 < 0.05 then Ho is rejected and Ha is accepted. The conclusion is that the application of animated media can improve problem-solving skills and the media has a "moderate" relationship with the problem-solving abilities of Class VB students of SD Negeri 10 Banda Aceh.

References

Afdoli N S. 2016. Pengaruh Model Contextual Teaching Andlearning Dengan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Wijaya Kusumakota Semarang. Skripsi. Program Sarjana UNNES.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsmi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Daniati N T. 2019. Vidio Referensi Sebagai Solusi Pembelajaran Animasi 3d Di Tengah Pandemi Covid-19. Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru, Vol. 5, No.164-70.

Hasmira, Anwar, Yusuf M. 2017. Penggunaan Media Pembelajaran Vidio Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 1 Ngapa. Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS. Vol 1. No 2:128-137.

Kasmini L, Musta’in, W. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Karyawisata Pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam Terhadap Proses Belajar Siswa Kelas IV SDN 32 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa. Vol 3. No 2. 1-13.

Kasmini L, Purba N. 2016. Pengaruh Eksperimen Sains Pada Materi Mencampur Warna Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B2 Pada TK Pertiwi Banda Aceh. Buah Hati Journal. Volume III Nomor 1. 31-42.

Kasmini L. 2018. Penerapan Metode Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Seminar Nasional Pendidikan Dasar 666-683.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Cv Alvabeta
Article Metrics
Abstract views: 589
PDF downloads: 319
Published
2022-03-01
How to Cite
Kasmini, L., & Satria, Y. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN 10 KOTA BANDA ACEH. Jurnal Tunas Bangsa , 9(1), 31-43. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v9i1.1718
Section
Articles