PENINGKATAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK DALAM MENULIS KARANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FLIP CHART

  • Dyoty Auliya Vilda Ghasya Universitas Tanjungpura
Keywords: writing skills, essay, flip chart

Abstract

A B S T R A K

Penggunaan media memiliki peran yang sangat penting untuk menyampaikan pesan dalam pembelajaran. Media flip chart dapat dipandang sebagi salah satu langkah alternatif dalam mengatasi permasalahan pembelajaran, terutama dalam melatih keterampilan menulis peserta didik pada jenjang sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini di awali dari kesulitan yang dialami peserta didik kelas III di sekolah dasar dalam menulis karangan deskripsi di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media flip chart dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi peserta didik di sekolah dasar. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan mengadaptasi model spiral yang dikembangkan oleh Kemmis Mc Taggart dengan desain tiap siklusnya berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain observasi, angket dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada peserta didik kelas III sekolah dasar negeri 17 Pontianak Kota dapat disimpulkan bahwa media flip chart dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan peserta didik di sekolah dasar. Adapun rekomendasi dari penelitian ini salah satunya adalah penggunaan beragam media dalam pembelajaran sangat dianjurkan untuk dapat membantu peran guru dalam membelajarkan peserta didik, khususnya dalam pembelajaran menulis.

 

A B S T R A C T

The use of media has a very important role to convey messages in learning. Flip chart media can be seen as an alternative step in overcoming learning problems, especially in training students' writing skills at the elementary school level. The background of this research begins with the difficulties experienced by third grade students in elementary school in writing descriptive essays in elementary school. The purpose of this study was to determine the use of flip chart media in learning to write descriptive essays for students in elementary schools. The type of this research is classroom action research by adapting the spiral model developed by Kemmis Mc Taggart with the design of each cycle in the form of planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques used in this study include observation, questionnaires and tests. Based on the results of research that has been carried out on third grade students of State Elementary School 17 Pontianak City, it can be concluded that flip chart media can improve students' writing skills in elementary schools. The recommendations from this study, one of which is the use of various media in learning is highly recommended to be able to help the teacher's role in teaching students, especially in learning to write.

References

Hefni, Z. (2012). Panduan Mudah Mengarang untuk SD. Jogjakarta: Diva Press

Haryanta, T. A. (2012). Kamus Kebahasaan dan Kesusasteraan. Surakarta : Aksara Sinergi Media

Kurniawati, F. (2018). Pengaruh Model Make A Match Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Pada Siswa Kelas III Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbantu Media Flipchart di SDN Genuksari 02 Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Guru Kita. 2(4), 118-124.

Mustaji. (2006). Teknik Pembuatan dan penggunaan Media Pembelajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nasution, W. (2021). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VI SD DI ACEH BESAR. Jurnal Tunas Bangsa, 8(2), 148-161.
Nova, S. (2011). Agar Menulis Seenteng Bicara. Yogyakarta: Lukita.

Prasetyanti, D.C. & Hotimah, C. (2014). Developing Students‟ Writing Skill on Recount Textby Using Photograph And Group Grid Technique. Jurnal Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan dan Budaya, 2 (4): 111-124.

Riyana, C. & Susilana, R. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV. Maulana Prima.

Rofi’uddin, A. & Zuhdi, D. (2011). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sadiman, A., Rahardjo, Haryono, A., & Rahardjito. (2011). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. & Rivai, A. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilana, R. & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan,
dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.

Tarigan, H.G. (2013). Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Utami, R. (2017). Penggunaan Media Flip Chart dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Berdasarkan Gambar Seri Pada Siswa Kelas III SDN 17 Karanggadung Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Kalam Cendekia. 5(1), 1-5.
Article Metrics
Abstract views: 350
PDF downloads: 337
Published
2022-03-01
How to Cite
Vilda Ghasya, D. A. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK DALAM MENULIS KARANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FLIP CHART. Jurnal Tunas Bangsa , 9(1), 44-52. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v9i1.1719
Section
Articles