PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL FILM KARTUN DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA SD LKIA

  • Try Rindawati Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin FKIP Untan Pontianak
  • Lily Thamrin Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin FKIP Untan Pontianak
  • Lusi Lusi Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin FKIP Untan Pontianak
Keywords: Audio visual-Media, Cartoon film, Vocabulary

Abstract

A B S T R A K

Pembelajaran bahasa mandarin menggunakan media audio visual film kartun untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata anak sekolah dasar. Sehingga perlu adanya media pembelajaran yang menarik agar siswa lebih mudah mengingat dan menguasai kosakata Bahasa Mandarin. Peneliti menggunakan media audio-visual film kartun sebagai media belajar dalam pembelajaran kosakata Bahasa Mandarin. Agar siswa tetap tertarik untuk belajar secara online selama masa pandemi. Peneliti menggunakan metode penelitian Tindakan kelas kepada siswa kelas 5 SD LKIA Pontianak dengan melakukan pretest dan postest, kemudian memberikan pengajaran dengan video film kartun secara online, serta menggunakan media WhatsApp untuk mengirimkan materi pembelajaran video kartun kepada siswa bersangkutan.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media audio visual film kartun sangat membantu siswa dalam mengingat dan menguasai kosakata Bahasa Mandarin. Kemampuan siswa dalam penguasaan kosakata bahasa mandarin meningkat sebesar 29,41%.

 

A B S T R A C T

Learning Mandarin uses audio-visual media cartoon films to improve the vocabulary mastery of elementary school students. It is necessary to have interesting media, so that it is easier for students to remember and master Mandarin vocabulary. The researcher used the audio-visual media of cartoon films as a medium of learning in learning mandarin vocabulary. So that students remain interested in learning online during the pandemic. The researcher used classroom action research for 5th graders of SD LKIA Pontianak by conducting a pretest and posttest, then providing online teaching with video films, and using WhatsApp media to send cartoon video learning materials to students. Based on the results of the study, it can be said that the audio-visual media of cartoon films helps students in remembering and mastering mandarin vocabulary. The students' ability in mastering Mandarin vocabulary increased by 29,41%.

References

Ah-Sanaky,H. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta.

Ah-Sanaky, H. 2011. Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru Dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Fitria, A. 2014. “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.” Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2).

Haryoko, S. 2012. “Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Model Pembelajaran.” Jurnal Edukasi Elektro 5(1).

Hidayah, A., Pradipta, R. A., & Bherta, R. 2019. “MEMBUAT FILM KARTUN ASAL MULA DUSUN DURIAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6.” JTIM: Jurnal Teknik Informatika Mahakarya 2(1): 9–20.

Maria, M. 2017. “Pembelajaran Bahasa Mandarin Di Sekolah: Pendekatan Dan Metode Alternatif.” Jurnal Cakrawala Mandarin 1(1): 1–10.

Munadi, Y. 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persasa Press.

Muslimin, E. 2013. “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS ANIMASI TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB.” (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Ngatman, N., & Fatimah, S. 2018. “ANALISIS FILM KARTUN ‘CLOUD BREAD’ SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BAHASA DAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 2(2): 64–72.

Novita, L., & Novianty, A. 2020. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran.” JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 3(1): 46–53.

Pritasari, R., & Rukmi, A. S. 2014. “Penggunaan Media Film Kartun Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal JPGSD 2(2).

Purnomo, Bambang Hari. 2011. “Metode Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).” Jurnal Pengembangan Pendidikan 8: 251–56. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JP2/article/view/859/673.

Rahmi, L. 2021. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19.” Jurnal Education and Development 9(3): 580–89.

Sugiyono, S. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supadmi, S. 2015. “PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MENDESKRIPSIKAN FUNGSI ANGGOTA TUBUH MELALUI MEDIA FILM KARTUN DI KELAS I SD NEGERI WUWUR KECAMATAN PANCUR.” Jurnal Ilmiah Didaktika PGRI 1(2): 227–37.

Tarigan, H.G. 2011. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Thamrin, L. 2020. “Pembelajaran Daring Dosen Native Tiongkok Terhadap Mahasiswa FKIP Universitas Tanjungpura.” Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing 3(2): 406–27.
Article Metrics
Abstract views: 3018
PDF downloads: 2815
Published
2022-03-01
How to Cite
Rindawati, T., Thamrin, L., & Lusi, L. (2022). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL FILM KARTUN DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA SD LKIA. Jurnal Tunas Bangsa , 9(1), 1-10. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v9i1.1722
Section
Articles