EFEKTIVITAS VIDEO ANIMASI BERBASIS ANIMAKER TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT SISWA SEKOLAH DASAR

  • Khavisa Pranata Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Heppy Lusiana Dewi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Zulherman Zulherman Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
Keywords: Animated Video, Clean and Healthy Life Behavior, Animaker.

Abstract

A B S T R A K

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas video animasi berbasis animaker terhadap perilaku hidup bersih dan sehat siswa kelas IV SDN Pinang Ranti 02 Pagi. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan analisis data kuantitatif asosiatif. Intrumen penelitian ini adalah angket (kuesioner).Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan rumus kolerasi Pearson product moment. Pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability sampling, peneliti memperoleh sampel yang diambil adalah kelas IV-A sebanyak 28 peserta didik. Pengumpulan data diambil dengan menggunakan angket (kuesioner). Data yang terkumpul dianalisa dengan teknik koefisien kolerasi product moment pearson. Penafsiran besaran nilai koefisien kolerasi dilakukan untuk melihat kuat atau tidaknya kolerasi yang terjadi. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α = 5% dengan ketentuan jika thitung > ttabel, maka hipotesis dapat diterima. Setelah melakukan penelitian, penulis mendapat kesimpulan bahwa video animasi berbasis animaker terdapat efektivitas yang signifikan terhadap perilaku hidup bersih dan sehat siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil kolerasi koefisien bahwa rhitung > rtabel (0,538 > 0,374). Sementara itu, dari pengujian hipotesis dengan uji-t diketahui bahwa thitung > ttabel (3,254 > 1,7011) sehingga hipotesis penelitian dapat diterima dan terbukti.

 

A B S T R A C T

This study aims to determine the effectiveness of animaker-based animated videos on clean and healthy living behavior for fourth grade students of SDN Pinang Ranti 02 Pagi. This type of research is correlational research with associative quantitative data analysis. The research instrument is a questionnaire (questionnaire). The data analysis technique used is the Pearson product moment correlation formula. Sampling using nonprobability sampling technique, researchers obtained samples taken were class IV-A as many as 28 students. Data collection was taken using a questionnaire (questionnaire). The data collected were analyzed using the Pearson product moment correlation coefficient technique. The interpretation of the value of the correlation coefficient is carried out to see whether or not the correlation is strong. Testing the research hypothesis using a t-test with a significant level of = 5% provided that if tcount > ttable, then the hypothesis can be accepted. After conducting the research, the authors concluded that animaker-based animated videos have significant effectiveness on students' clean and healthy living behavior. It can be seen from the correlation coefficient that rcount > rtable (0.538 > 0.374). Meanwhile, from hypothesis testing with t-test, it is known that tcount > ttable (3.254 > 1.7011) so that the research hypothesis can be accepted and proven.

References

Agustien, R., & Umamah, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS ( The Development of Two Dimensional Animation Video of Pekauman Website as Instructional Media With Addie Model in. 19–23.

Aisyah, S. (2019). Mengenal Animaker Aplikasi Video Animasi. https://drasittiaisyahmpd.gurusiana.id/article/2020/03/mengenal-animaker-aplikasi-video-animasi-2971906?ba_status=not-logged&bima_access_status=not-logged

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905

Dalam, S., Masyarakat, M., & Peduli, D. (2013). PENYULUHAN DAN PRAKTIK PHBS ( PERILAKU HIDUP BERSIH. 2(1), 45–50.

Dewi. (2011). Sekolah Anda Sekolah Sehat. Diakses dari. http://www.dinkesntt/media/swara20pep/swara20pep20052020for20web.p%0Adf

Kementrian Kesehatan RI. (2011). Panduan Pembinaan Perilaku Hidup Bersihdan Sehat (PHBS)Rumah Tangga melalui Tim Penggerak PKK.

Kementrian Kesehatan RI. (2011). Panduan Pembinaan Perilaku Hidup Bersihdan Sehat (PHBS)Rumah Tangga melalui Tim Penggerak PKK. Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.

Novita, L., & Novianty, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 3(1), 46. https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1127

Obella, Z., & Adliyani, N. (2015). Pengaruh Perilaku Individu terhadap Hidup Sehat The Effect of Human Behavior for Healthy Life. 4, 109–114.

Promkes. (2016). Perilaku Hidup Bersih Sehat. http://promkes.depkes.go.id/perilaku-hidup-bersih-dan-sehat-disekolah.

Riadi, E. (2014). Metode Statistika: Parametik & Nonparametik. Pustaka Mandiri.

Sari, N., Widjanarko, B., & Kusumawati, A. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Sebagai Upaya Untuk Pencegahan Penyakit Diare Pada Siswa Di Sd N Karangtowo Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 4(3), 1051–1058.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitafif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (201). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. ALFABETA.

Suryaningsih. (20014). Cara Cuci Tangan yang Benar. http://www.readersdigest.co.id/sehat/info.medis/cara.cuci.tangan.yang.%0Abenar/ Diakses Pada tanggal 6 Mei 2021. Pukul 09.43 WIB.

https://eprints.uny.ac.id/60891/1/SKRIPSI%20MUHAMMAD%20KHANIFAN%20MUSLIM.pdf Diakses Pada tanggal 6 Mei 2021. Pukul 21.10 WIB.

https://en.wikipedia.org/wiki/Animaker Diakses Pada tanggal 10 Mei 2021. Pukul 02.43 WIB.

Feri, A., & Zulherman. (2021). Development of nearpod-based e module on science material " energy and its changes " to improve elementary school student learning achievement. International Journal of Education and Learning, 3(2), 165–174. https://doi.org/10.31763

Zulherman, Z., Iba, K., Paramita, A. A., & Aji, G. B. (2021). THE INFLUENCE OF THE QUESTION BOX MEDIA ASSISTED TEAMS GAMES TOURNAMENT MODEL ON SCIENCE LEARNING OUTCOMES AT ELEMENTARY SCHOOL. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Volume, 30(1), 88–96. https://doi.org/10.17977
Article Metrics
Abstract views: 1706
PDF downloads: 1616
Published
2022-03-01
How to Cite
Pranata, K., Dewi, H. L., & Zulherman, Z. (2022). EFEKTIVITAS VIDEO ANIMASI BERBASIS ANIMAKER TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Bangsa , 9(1), 11-17. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v9i1.1723
Section
Articles