PENERAPAN ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Fita Nelyza Universitas Iskandar Muda
  • Ruslaini Ruslaini Universitas Iskandar Muda
  • Trisnia Novika Universitas Iskandar Muda
Keywords: Active learning, Science learning, Independent learning

Abstract

The purpose of this study was to determine the Improvement of the Learning Independence of Class V Students of SD Negeri Kandang in Natural Science Learning on ecosystem materials through the Application of Active Learning. The sample in this study were all students in grade V SD Negeri Kandang, totalling 16 people consisting of 11 girls and 5 boys. The method used in this study was to calculate the percentage of the answers to the questionnaire. Data collection techniques consisted of observation, test, questionnaire. The results showed that the learning independence of Class V SD Negeri Kandang students in science subjects could be increased through the application of Active Learning learning strategies, this can be seen based on the evaluation results from meetings I and II that there was a change in the average value obtained. The pre-test is 68.1 and the post-test is 80.9. So the application of Active Learning in science learning can increase the learning independence of class V SD Negeri Kandang students.

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Negeri Kandang dalam Pembelajaran IPA materi ekosistem melalui Penerapan Pembelajaran Active Learning. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Kandang yang berjumlah 16 orang yang terdiri dari 11 perempuan dan 5 orang laki laki. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, angket dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemandirian belajar peserta didik Kelas V SD Negeri Kandang pada mata pelajaran IPA dapat meningkat melalui penerapan strategi pembelajaran Active Learning, hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil evaluasi dari pertemuan I dan II bahwa adanya perubahan nilai rata-rata yang diperoleh. Pada test awal (Pre-test) yaitu 68,1 dan pada test akhir (post-test) yaitu 80,9. Maka Penerapan Active Learning pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas V SD Negeri Kandang.

References

Alben Ambarita. (2006). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Agus N Cahyo. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar, Yogyakarta: Diva Press, 2013.

Baharun, H. (2015). Penerapan pembelajaran active learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 1(1).

Basit, R. A., & Maryani, E. (2020). A Model Pembelajaran Active Learning Tipe Snowball Throwing Dan Tipe Index Card Match (ICM) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 118-125.

Budiarto. (2012). Biostatistik untuk kedokteran dan Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosda Karya.

Hamruni. (2012). Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif-Menyenangkan. Yogyakarta: Investidaya.

Haris Mujiman. (2011). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hisyam Zaini. (2008). Srategi pembelajaran aktif. Yogyakarta: Insan Mandiri.

Iif Khoiru Ahmadi, dkk. (2012). Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UPT UNNES Press.

Irzan Tahar dan Enceng. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Isjoni. (2007). Pembelajaran Visioner Perpaduan Indonesia-Malaysia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Melvin L. Silberman. ( 2006). Active Learning 101 Cara Bealajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa. Al-Jauziyah.

Nana Sudjadna. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Neti, E., & Amini, R. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Strategi Active Learning Tipe Turnamen Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3132-3144.

Permendikbud.( 2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 129 Tahun 2014 Tentang Sekolah Rumah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Rachmah, H. (2012). Strategi Pembelajaran Aktif Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Widya, 218715.

Simanjuntak, E. B., & Agustina, S. I. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Strategi Active Learning Di Kelas V SDN 106150 Tandam Hulu I. Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED, 7(1), 94-100.

Sharon Zumbrunn, dkk. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Toha, S. M. (2018). Model Pendidikan Agama Islam Menggunakan Pembelajaran Active Learning Tingkat Sekolah Dasar. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 228-243.

Tri Darmayanti. (2008). Efektivitas Intervensi Keterampilan Self-Regulated Learning. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Volume 9, Nomor 2, September 2008). Hlm. 68-82.

Umar Tirtarahardja dan S. L. La Sulo. (2005). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Usman Samatowa, (2006). Menyiapkan Kesuksesan Anak Anda. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Article Metrics
Abstract views: 33
pdf downloads: 42
Published
2022-12-21
How to Cite
Nelyza, F., Ruslaini, R., & Novika, T. (2022). PENERAPAN ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Tunas Bangsa , 9(2), 64-77. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v9i2.1850
Section
Articles